Tari Saman Berasal Dari Daerah Mana? Asal Tari Saman

Soal Pertanyaan : Dari mana asal tari saman?

Jawaban : Daerah yang merupakan asal dari TARI SAMAN adalah ACEH tepatnya dari daerah bernama Gayo yang terletak di Provinsi Aceh bagian tengah. Tari Saman disebutkan sebagai tarian khas dari Suku Gayo yang diciptakan dan dikembangkan oleh tokoh bernama Syekh Saman. Syekh Saman ini sendiri adalah ulama terpandang yang berasal dari daerah Gayo Aceh Tenggara.

Meski berasal dari Aceh namun hampir semua penduduk Indonesia mengenal tari saman mengingat tarian ini diajarkan di sekolah-sekolah.

Pembahasan : Hampir semua masyarakat Indonesia apalagi kalangan anak muda saat ini sudah mengenal sebuah budaya seperti tari saman yang semakin populer. Namun masih banyak pula yang bertanya-tanya tentang tari saman berasal dari daerah mana dan seperti apa setiap gerakannya yang ada. Mari ketahui jawabannya dan kenali gerakan tari ini dalam uraian berikut:

Mengenal Tari Saman

Mungkin bukan lagi rahasia bagi masyarakat Indonesia jika jenis tari bernama saman ini bisa dikategorikan sebagai tarian yang sudah mendunia. Bahkan banyak ditemui beberapa acara yang bersifat internasional termasuk yang diadakan di luar negeri yang menggunakan tari ini sebagai penghibur. Selain itu, tarian ini juga melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang khas.

Sebenarnya tari yang berasal dari daerah Aceh ini awalnya diadakan hanya untuk peringatan acara tertentu sesuai dengan aturan di Kesultanan. Pada saat itu, biasanya tari ini dimasukkan ke dalam budaya yang dimiliki dan diadakan langsung demi memperingati acara kelahiran Rasulullah. Selain itu, tarian ini hanya ditampilkan di dekat Masjid Goryeo.

Namun sesuai dengan kondisi dalam masyarakat Aceh saat ini, tarian ini menjadi lebih sering ditampilkan langsung. Tanpa harus menunggu acara khusus untuk peringatan hari kelahiran Rasulullah, tarian ini bisa disaksikan dengan mudah terutama ketika acara festival. Bahkan tarian ini biasanya dijadikan hiburan ketika ada tamu datang.

Setelah mengenali  tentang tari saman berasal dari daerah mana secara tepat, jangan lupa untuk mengenali asal usul dari nama tariannya. Secara sederhana, nama dari tarian ini diambil dari salah satu tokoh yang paling penting di Aceh, yaitu nama Syekh Saman. Tokoh ini merupakan seorang pendakwah sehingga tariannya juga berbentuk dakwah.

Makna Gerakan dan Keunikan Tari Saman

Selain penting untuk mengenali asal usul nama dan daerah dari tarian bernama saman ini, setiap orang juga bisa mengenali keunikannya. Apalagi jenis tarian ini berhasil masuk ke dalam daftar tarian yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia untuk UNESCO. Keunikan tersendiri yang dimiliki tariannya sebenarnya terletak pada makna gerakannya.

Sama seperti halnya jenis-jenis tarian yang lainnya, tari saman ini juga memiliki tiga gerakan utama, mulai pembuka sampai pada penutup. Namun tetap saja, perlu diketahui bahwa setiap gerakan tersebut memiliki keunikan dan dilengkapi dengan makna masing-masing yang berbeda dan khas. Untuk lebih detail mengenai maknanya, silahkan simak di bawah ini:

1. Gerakan Pembuka

Secara sederhana, gerakan yang pertama ini dilakukan dengan para penari saman yang meletakkan dahulu talinya untuk mengucapkan pujian kepada Tuhan. Nantinya biasanya para penari akan mengucapkan salam dahulu untuk menunjukkan itikad baik dan izin tampil dari para penonton yang ada. Setelah itu, ada gerakan dengan meletakkan tangan di depan dada.

2. Gerakan Inti

Sementara itu, untuk jenis gerakan inti biasanya akan menjadi gerakan yang paling sulit yang mengkombinasikan mulai dari dada sampai paha. Pada gerakan kedua ini, para penari juga akan menari dan bergerak sambil membungkuk beberapa derajat namun dengan irama yang diatur. Selain itu, ada juga syair yang dibacakan sebagai bentuk pujian.

3. Gerakan Penutup

Sama seperti memulai gerakan tarian dengan salam, maka penutup dari tarian ini juga dilakukan dengan salam namun posisi tubuh yang berbeda. Kali ini, setiap orang yang menari di panggung akan mengambil posisi seperti setengah berdiri kemudian meletakkan tangan di depan dada. Setelah itu, para penari akan menunjukkan rasa hormat kepada penonton.

Uraian mengenai  tari saman berasal dari daerah mana secara detail di atas tentu saja bisa menjadi sumber informasi yang paling tepat. Apalagi mengingat jenis tarian yang ternyata berasal dari daerah Aceh ini semakin kesini semakin terkenal bahkan dalam skala dunia. Selain itu, ada beberapa makna tersembunyi dalam setiap gerakannya.