Al Jami Artinya dan Contohnya, Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Pertanyaan : Al jami artinya dan contohnya

Jawaban : Al-Jami’ adalah salah satu nama-nama Allah yang indah dan baik(Asmaul Husna), yang memiliki arti mengumpulkan atau menghimpun.

Contoh perilaku sehari-hari

a.  Mengajak orang untuk sholat berjamah

b.  Melerai teman/orang lain yang sedang bertengkar

c. Ketika sedang bermusyawarah dan memberikan pendapat, kita harus menghargai pendapat orang lain walaupun tidak sependapat dengan kita.

d. Menjaga pergaulan dengan baik dan benar

e.  Melakukan kerja sama dengan orang lain

Pembahasan : Al-Jami’ adalah salah satu nama-nama Allah yang indah dan baik (Asmaul Husna). Al – Jami’ secara Bahasa memiliki arti Yang Maha Mengumpulkan/ Menghimpun, ialah bahwa Allah Ta’ala Maha Mengumpulkan / Menghimpun seluruh sesuatu yang tersebar. Allah Maha Mengumpulkan apa yang dikehendaki- Nya serta di mana juga Allah  berkehendak.

Dalam Pengumpulan tersebut terdapat berbagai macam wujudnya, di antaranya merupakan mengumpulkan segala makhluk yang berbagai macam, tercatat manusia serta lain – lainnya, di permukaan bumi ini serta setelah itu mengumpulkan mereka di padang mahsyar pada hari kiamat.

Dalil Al Qur’an

رَبَّنَآ إِنَّكَ جَامِعُ ٱلنَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُخْلِفُ ٱلْمِيعَادَ

Artinya: “Ya Tuhan Kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah Ta’ala Tidak menyalahi janji.” (Q.S. Ali Imron/3:9)

Perilaku yang berkaitan dengan Al-jami’

a. Menghargai pendapat orang lain

b. Menjunjung tinggi hasil keputusan musyawarah

c . Mendamaikan orang yang bertengkar

d. Membina persatuan dan kesatuan

e. Menyatukan keberagaman suku dan adat

Contoh perilaku sehari-hari

a.  Mengajak orang lain untuk sholat berjamah

b.  Melerai teman/orang lain yang sedang bertengkar

c.  Ketika sedang musyawarah dan memberikan pendapat, kita harus menghargai pendapat orang lain walaupun tidak sependapat dengan kita.

d. Menjaga pergaulan dengan baik dan benar

e. Melakukan kerja sama dengan orang lain

f.  Menabung setiap harinya

Penjelasan : Mengenali beberapa asmaul husna dan arti yang dimiliki secara tepat bisa membantu setiap orang ketika ingin mengaplikasikannya secara rutin. Saat ini, contohnya saja, banyak yang ingin mencari tahu al jami artinya apa sehingga nanti bisa menggunakannya sebagai tindakan teladan. Mari kenali asmaul husna ini melalui uraian lengkap berikut ini:

Tentang Asmaul Husna Al Jami

Secara sederhana, asmaul husna memang memiliki keberadaan yang penting bagi umat Islam bahkan sudah diajarkan ketika masih kecil di sekolah. Beberapa sekolah juga meminta para siswanya untuk secara rutin membaca asmaul husna setiap pagi demi membantu dalam memahami setiap artinya. Selain itu, ada juga yang diminta untuk menghafal setiap isinya.

Keberadaan asmaul husna ini sampai saat ini juga masih dianggap penting karena menunjukkan sifat atau karakter yang dimiliki oleh Tuhan. Apalagi banyak kebaikan yang dimiliki oleh setiap asmaul husna yang ada termasuk dengan al jami yang artinya bisa mudah dipraktikkan. Al jami ini juga salah satu sifat Tuhan yang utama.

Bagi yang baru pertama kali mendengar nama asmaul husna seperti al jami ini, maka tidak perlu khawatir terkait arti aslinya. Secara sederhana, al jami ini memiliki arti yang lebih berkaitan dengan sifat Allah yang mengumpulkan para umatnya dalam sebuah keberagaman. Walaupun setiap manusia memiliki perbedaan dan keunikan yang dianggap memisahkan.

Maksud dari sifat “Yang Mengumpulkan” yang dimiliki oleh Allah melalui asmaul husna al jami ini adalah kemampuannya untuk menyamakan manusia. Dimanapun manusia berada, baik di dunia yang saat ini ditempati maupun ketika berada di padang mahsyar, kondisinya nanti tetap sama. Semua manusia akan tetap dikumpulkan seolah semuanya sama sejak awal.

Contoh Perilaku dari Al Jami

Setelah mengetahui sekaligus memahami jawaban dari pertanyaan  al jami artinya itu apa, penting juga untuk mengenali informasi yang menarik ini. Apalagi setiap orang tentu saja ingin mencoba untuk mempraktikkan arti dan makna dari asmaul husna sesuai dengan keinginan yang ada. Untuk mempermudah praktiknya, mari kenali contoh beberapa perilaku berikut ini:

1. Menghargai Pendapat Orang Lain

Untuk contoh perilaku yang menunjukkan arti dan makna dari asmaul husna yang pertama ini bisa dikatakan sebagai perilaku yang sulit. Walaupun banyak dibicarakan dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak pula ditemukan kesulitan ketika mempraktikkan perilaku untuk menghargai pendapat dari orang lain. Namun sebaiknya mulai dengan menghargai pendapat dari orang terdekat dahulu.

2. Membina Adanya Persatuan

Selain contoh perilaku yang sudah disebutkan dan dijelaskan sebelumnya, asmaul husna seperti al jami ini juga menyiratkan adanya faktor seperti persatuan. Tidak heran jika nantinya setiap orang dituntut atau dianjurkan untuk lebih belajar dalam membina persatuan bahkan untuk lingkup yang kecil. Selain itu, dilarang untuk menjadi penyulut dari sebuah konflik baru.

3. Menjaga Pergaulan Sehari-hari

Jangan sampai dilewatkan untuk dikenali pula sejak awal, ada contoh perilaku yang lainya yang menyiratkan makna dari al jami ini. Secara sederhana, setiap orang juga bisa mencoba untuk mempraktikkan dengan menjaga pergaulan yang ada dalam kehidupan sehari-hari termasuk bersama teman. Selain itu, coba untuk menjalani pertemanan yang lebih menguntungkan nantinya.

4. Mengutamakan Kerja Sama

Untuk contoh dari perilaku yang menyiratkan arti dan makna dari asmaul husna yang terakhir ini cocok dipraktikkan untuk kerja tim. Biasanya setiap orang mungkin dihadapkan pada situasi yang kurang mengenakkan di tempat kerja namun ingat bahwa kerja sama itu penting. Dibandingkan dengan bekerja secara mandiri, bekerja secara tim lebih dianjurkan.

Demikian informasi yang lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan  al jami artinya itu apa, semoga bisa membantu dalam pemahaman yang dimiliki. Selain itu, penjelasan ini juga menguraikan mengenai beberapa contoh perilaku yang bisa menjadi pengetahuan lainnya atau bahkan dipraktekkan secara langsung. Apalagi asmaul husna al jami ini juga memberikan makna menarik.