Al Qayyum Artinya, Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Pertanyaan : Al-Qayyum artinya……

Jawaban : Al-Qayyum memiliki arti sebagai Allah Maha Mandiri atau Maha yang Berdiri Sendiri. Al-Qayyum merupakan salah satu Asmaul Husna, Asmaul Husna sendiri adalah nama-nama Allah yang baik dan indah. Asmaul Husna terdiri dari 99 nama-nama Allah yang mulia.

Pembahasan : Al-Qayyum memiliki berbagai makna, salah satu makna yang umum adalah Allah mampu mengurusi makhluk ciptaannya sendiri. Berikut beberapa hikmah dari mengimani sifat Al-Qayuum Allah:

  1. Mengetahui kebesaran hingga keagungan Allah. Menyadari bahwa Allah memiliki kekuatan yang besar untuk berdiri sendiri hingga mengurusi makhluk-makhlukNya.
  2. Memperkuat iman serta taqwa. Percaya terhadap Allah yang mampu mengurusi makhlukNya akan berdampak meningkatkan iman serta taqwa.
  3. Menjadi mukmin yang kuat dan mandiri. Allah mampu berdiri sendiri dan mandiri dalam mengurusi makhlukNya. Maka dari hal tersebut membuat manusia harus menjadi kuat serta mandiri dalam menjalani kehidupan.

Penjelasan : Salah satu hal yang dianggap masih penting pada masa sekarang ini adalah mengenali asmaul husna secara lengkap dengan arti masing-masing. Misalnya, ada sebuah asmaul husna yang masih banyak ditanyakan seperti al qayyum artinya apa sebelum maknanya akan dipraktekkan secara langsung. Mengenali asmaul husna al qayyum dapat dilakukan melalui uraian ini:

Apa Arti dari Al Qayyum?

Secara garis besar, bagi yang bertanya-tanya mengenai al qayyum artinya apa yang sebenarnya, kini tidak perlu lag bingung mendapatkan jawabannya. Bahkan bagi yang baru pertama kali mendengar nama asmaul husna ini sudah bisa mengenali maknanya yang dibagi menjadi dua bagian. Dua bagian ini harapannya akan membantu dalam memahami sifat Tuhan.

Untuk makna yang pertama ini, al qayyum menunjukkan bahwa Allah sejak awal memiliki sifat yang mandiri tanpa bantuan dari siapapun. Tidak mengherankan jika Allah bisa melakukan berbagai hal yang bertolak belakang dengan manusia yang saling membutuhkan. Bahkan ketergantungan tidak pernah berkaitan dengan sifat karakter dari Allah.

Sementara itu, untuk arti dari asmaul husna al qayyum yang kedua ini lebih berkaitan dengan kemampuannya yang khusus dalam mengatur. Secara sederhana, jenis asmaul husna yang dinamakan dengan al qayyum ini menunjukkan bahwa Allah bisa mengatur alam semesta dengan mudah. Bahkan juga termasuk dengan mengatur apa yang dilakukan oleh manusia.

Hikmah Mengimani Asmaul Husna Al Qayyum

Jika sudah mengenali dan memahami secara tepat mengenai al qayyum artinya apa, maka jangan melewatkan untuk mengenali jenis informasi ini. Apalagi menjadi penting bagi setiap orang untuk mengenali pula apa saja hikmah dari mengimani asmaul husna bernama al qayyum. Mari simak hikmahnya secara detail dalam uraian di bawah ini:

1. Mengenali Kebesaran Allah

Jenis hikmah yang pertama yang dimiliki dan dapat diperoleh jika mengimani asmaul husna ini terletak pada pemahaman akan kebesaran Allah. Ditambah lagi, pada masa sekarang ini, masih banyak ditemukan manusia yang tidak benar-benar mengakui kebesaran dan keagungan yang dimiliki Tuhan. Padahal banyak hal yang ada yang menunjukkan sifat besar tersebut.

2. Memperkuat Iman Masing-Masing

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa mengimani setiap asmaul husna yang ada termasuk al qayyum bisa meningkatkan takwa yang dimiliki masing-masing. Selain itu, asmaul husna bernama al qayyum ini akan memudahkan setiap orang untuk memperkuat iman yang dimiliki kepada Allah nantinya. Apalagi asmaul husna ini menunjukkan keyakinan akan sifat-sifat baik Tuhan.

3. Tidak Mudah Bergantung

Selain beberapa contoh hikmah dari mengimani jenis asmaul husna al qayyum yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga hikmah yang lainnya. Kali ini, ada sebuah hikmah yang lebih menunjukkan bantuan bagi setiap orang Islam untuk menjadi orang yang mandiri setiap harinya. Selain itu, berhenti untuk menggantungkan setiap hal pada orang lain.

4. Membiasakan Diri Membantu

Sementara itu, untuk jenis hikmah yang terakhir ini lebih berkaitan dengan keperluan untuk membantu orang lain terutama ketika sedang kesulitan. Apalagi setelah mengenali dan memahami arti serta makna yang dimiliki oleh asmaul husna ini, bisa membantu menjadi seorang makhluk sosial. Setiap orang bisa mengutamakan untuk menjadi sosok pemberi manfaat nantinya.

Uraian yang menjelaskan mengenai al qayyum artinya apa yang sebenarnya di atas tentu saja bisa dijadikan sebagai sumber yang tepat. Ditambah lagi, ternyata jenis asmaul husna bernama al qayyum ini memiliki arti dan makna yang bisa dipraktekkan dengan mudah setiap hati. Belum lagi ada beberapa hikmah jika mengimani asmaul husna ini.