Inti Atom Terdiri Atas, Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Pertanyaan : 1. Inti atom terdiri atas… a. proton dan elektron b. proton dan neutron c. neutron dan elektron d. proton, neutron, dan elektron

Jawaban : b. proton dan neutron

Pembahasan : Inti Atom merupakan suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom, dan awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral.

Penjelasan : Alam semesta yang kini sedang ditempati memang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan sebuah benda bernama atom yang memiliki peranan besar. Hanya saja, masih banyak yang kurang mengenali atom secara lebih detail dan menanyakan tentang inti atom terdiri atas apa saja. Belum lagi jika berkaitan dengan setiap reaksi yang dimiliki intinya.

Mengenal Atom dan Intinya

Bagi yang sudah pernah mempelajari materi Ilmu Pengetahuan Alam terutama khusus untuk Kimia tentu saja mengenal istilah bernama atom ini. Ditambah lagi secara garis besar, atom ini memiliki peranan yang besar dalam memastikan setiap hal yang ada tetap bisa bertahan. Atom juga memiliki keberadaan yang penting dalam keteraturan alam semesta. 

Secara garis besar, jenis partikel yang dikenal dengan nama atom ini merupakan bagian paling kecil yang ada di alam semesta. Bahkan banyak yang meni;ai atom ini sebagai hal yang paling kecil dan rendah yang menyusun semua hal yang ada nantinya. Selain itu, tanpa adanya atom, takkan pernah ada sebuah molekul.

Jika baru pertama kali mendengar istilah atom ini, maka penting pula untuk mengenali inti yang dimilikinya serta bagian yang memang menyusunnya. Ternyata, inti atom ini sejak awal dibentuk oleh dua buah subatomik yang terdiri dari bagian bernama proton dan neutron. Bagian inti ini menjadi pusat dari kekuatan massa dari atom.

Bagian dalam Inti Atom

Setelah mengenali informasi dan jawaban secara lengkap dari pertanyaan mengenai  inti atom terdiri atas apa, maka lanjutkan dengan informasi ini. Kali ini, setiap orang yang ingin lebih mengenali dan memahami dengan lebih detail mengenai apa itu proton dan apa itu neutron. Simak beberapa reaksi yang terjadi dalam inti atom berikut ini:

1. Proton

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu bagian yang pasti ada dalam inti sebuah atom adalah bagian yang bernama proton. Secara sederhana, bagian ini biasanya dilambangkan dengan tanda plus yang menunjukkan sifat dari muatan utamanya yang selalu bersifat positif. Bahkan muatan tersebut berperan besar ketika dipertemukan dengan unsur lainnya.

Bagian yang bernama proton ini tidak tiba-tiba saja ditemukan dalam satu kali percobaan melainkan melalui berbagai penelitian oleh Eugene Goldstein. Percobaan yang dilakukan oleh tokoh ini melibatkan sebuah metode khusus yang didahului dengan modifikasi katode. Hasil dari percobaan ini adalah unsur hidrogen yang ternyata bermuatan 1+ dengan massa 1 sama.

2. Neutron

Tidak kalah penting dari bagian yang sudah dijelaskan sebelumnya, kali ini ada bagian dari inti atom yang dikenal dengan neutron. Seperti nama yang digunakan yang berkaitan dengan istilah seperti netral, bagian ini sejak awal memang ada tanpa ada muatan tertentu. Atau dengan kata lain, bagian ini memiliki muatan setara dengan nol.

Mirip seperti proton, penemuan bagian dalam inti atom yang berukuran kecil ini, melibatkan beberapa percobaan yang dilakukan oleh James Chadwick. Percobaan yang dilakukan demi menemukan bagian ini adalah proses penembakan melalui sinar alfa terhadap unsur berilium yang sudah disiapkan sebelumnya. Nantinya percobaan ini menemukan radiasi khusus yang bersifat tembus pandang.

Uraian yang menjelaskan mengenai jawaban dari pertanyaan penting seperti  inti atom terdiri atas apa bisa dijadikan sebagai sumber informasi terbaik. Apalagi ternyata atom tidak hanya memiliki inti yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya namun juga memiliki peran yang besar. Belum lagi mengingat ada dua reaksi yang dimiliki oleh intinya.