Uswatun Hasanah Artinya, Arti Uswatun Hasanah

Soal Pertanyaan : Arti uswatun hasanah

Jawaban : Uswatun hasanah yaitu adalah sebuah perilaku mulia yang dapat menjadi teladan bagi para umat manusia ataupun sebagai teladan yang baik.

Penjelasan : Sebagian besar umat Islam termasuk anak muda pada masa sekarang ini tentu saja sudah tidak asing dengan istilah uswatun hasanah. Hanya saja, masih banyak pula yang tidak benar-benar tahu mengenai dan menanyakan mengenai uswatun hasanah artinya apa sebenarnya. Untuk mengenali jawaban terkait arti yang sebenarnya, silahkan simak uraian berikut ini:

Arti dari Uswatun Hasanah

Mungkin beberapa orang terutama yang menganut agama Islam sudah pernah mendengar sebuah istilah yang dikenal dengan nama seperti uswatun hasanah. Terutama istilah ini biasanya diperkenalkan pertama kali dalam pelajaran agama sejak masih Sekolah Dasar sehingga bisa dipahami sebelum dipraktekkan langsung. Belum lagi pengaruhnya yang besar untuk kehidupan beragama lebih baik.

Sedangkan untuk arti dari uswatun hasanah dapat dipahami mulai dari arti secara etimologis atau dari asal usul bahasa yang dipakai. Misalnya saja, kata uswatun yang berasal dari kata uswah atau juga iswah yang memiliki arti seperti mengikuti tindakan orang lain. Sementara kata hasanah dari bahasa Arab yang memiliki arti baik.

Kemudian secara lebih lanjutnya, istilah seperti uswatun hasanah ini dapat dipahami sebagai istilah yang menunjukkan tindakan yang bisa dijadikan panutan. Tidak heran jika kemudian keberadaan dari uswatun hasanah ini dikaitkan secara erat dengan Rasulullah saw terutama untuk tindakan yang dilakukan. Selain itu, ada juga beberapa tokoh dalam agama Islam lainnya.

Contoh dari Sifat Uswatun Hasanah Rasulullah

Jika sudah mengenali jawaban dari pertanyaan menarik seperti uswatun hasanah artinya apa yang sebenarnya, maka jangan lewatkan pula informasi ini. Apalagi tentu saja, setiap orang tidak hanya ingin mengenali artinya saja namun juga mencoba untuk mengaplikasikan beberapa contoh dari perilakunya. Berdasarkan pada sifat dari Rasulullah, simak beberapa contoh berikut ini:

1. Dapat Dipercaya

Pertama, ada sebuah sikap dan perbuatan yang dikenal dengan nama amanah yang dapat dijadikan sebagai teladan bahkan untuk kehidupan sehari-hari. Sikap yang bernama amanah ini secara sederhana dapat diartikan sebagai sikap yang dapat dipercaya termasuk untuk situasi yang memang genting. Selain itu, sikap ini juga bisa dipraktikkan untuk kerja tim.

2. Sikap Jujur

Sedangkan untuk contoh dari perilaku yang berikutnya yang bisa menjadi teladan dari Rasulullah adalah sikapnya yang jujur bahkan setiap waktu. Sikap yang dikenal dengan istilah shiddiq ini mungkin tampak seperti hal yang sulit untuk dilakukan terutama oleh anak masa sekarang. Namun dengan perlahan saja, setiap orang juga bisa mempraktikkan sikapnya.

3. Fathanah atau Cerdas

Kemudian ada juga contoh dari perilaku yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk dikenali sejak awal sebelum mencoba untuk mempraktikkan. Sebenarnya bukan lagi sebuah rahasia bagi umum jika Rasulullah adalah salah satu sosok panutan yang memiliki sikap cerdas dalam bertindak. Selain itu, sikap cerdas ini juga bisa diamalkan setiap hari.

4. Menyampaikan Wahyu

Wujud dari perilaku yang termasuk ke dalam kategori uswatun hasanah yang terakhir ini sebenarnya juga dikenal dengan istilah seperti tabligh. Secara sederhana, jenis contoh perilaku ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad sebagai utusan dari Allah adalah sosok yang menyampaikan sebuah wahyu. Nabi Muhammad juga menyampaikan setiap wahyu tersebut dengan berbagai metode.  

Demikian jawaban dari pertanyaan yang menarik dan penting seperti uswatun hasanah artinya apa yang sebenarnya, sesuai dengan sumber yang terpercaya. Apalagi istilah seperti uswatun hasanah termasuk istilah yang semakin populer sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang tepat menghindari sebuah kesalahpahaman. Selain itu, ada juga beberapa contoh dari perilaku milik Rasulullah.