As Samad Artinya, Apa Arti As Samad?

Soal Pertanyaan : Apa arti as samad?

Jawaban : Arti asmaul husna As-Shamad adalah Maha dibutuhkan.

Pembahasan : Asmaul husna artinya nama-nama yang baik.Asmaul husna yang sering kita dengar adalah 99 nama baik bagi Allah SWT.

Allah mempunyai 99 nama baik salah satunya adalah As Shamad artinya adalah Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta. As-Shamad merupakan asmaul husna yang menempati urutan ke- 68.

Makna ash-Shamad secara Bahasa menurut Ibnu Faris. Beliau menjelaskan bahwa asal kata nama ini menunjukkan dua makna, salah satunya adalah al-qashdu (tujuan), artinya orang yang dinamakan dengan ini adalah pemimpin yang dituju (dijadikan rujukan) dalam semua urusan. Kemudian Ibnu Faris berkata: “Allah yang maha agung kemuliaan-Nya adalah ash-Shamad karena Dialah yang dituju oleh semua hamba-Nya dengan doa dan permohonan mereka.

Contoh perilaku As Samad, sebagai berikut:

1.  Meminta segala sesuatu hanya kepada Allah

2.  Giat berikhtiar/berusaha

3.  Saling tolong menolong

4.  Menjadi orang yang berguna untuk orang lain

5.  Meminta dimudahkan segala urusannya kepada Allah

6.  Selalu Berdzikir dan menyebut namanya

7.  Selalu berdoa kepada Allah SWT

8.  Menggantungkan segala harapan hanya kepada Allah bukan kepada makhluk

9.  Selalu bersyukur dengan rezeki pemberian Allah SWT karena tidak ada yang memberi rezeki kecuali Allah SWT

10.  Bersujud hanya kepada Allah bukan kepada makhluk

Dalil Bahwa Allah mempunyai sifat As-Shamad terdapat pada surat Al-Ikhlas :

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌

1. Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌

2. Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ

3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Penjelasan : As Samad artinya Allah Maha Dibutuhkan. Meskipun pengertian tersebut sudah tersematkan dalam Asmaul Husna, namun sebagai manusia terkadang memang sering lupa. Maka dari itu, manusia harus mengerti esensi dan juga arti dari As Samad agar bisa diterapkan dalam kehidupan. Penjelasan mengenai As Samad akan dibahas pada artikel berikut.

Pahami Dahulu Asmaul Husna

As Samad merupakan salah satu nama Allah yang terkandung pada 99 nama baik Allah atau lebih dikenal Asmaul Husna. Kata Asmaul Husna sendiri terdiri dari 2 makna yang berbeda, yaitu Asma dan Husna. Asma dalam bahasa Arab memiliki arti sebagai ketinggian, sedangkan Husna memiliki arti sebagai terbaik. Dapat disimpulkan bahwa Asmaul Husna merupakan nama terbaik yang dimiliki oleh zat tertinggi (Allah).

Makna yang terkandung dalam Asmaul Husna tentu memiliki pengertian yang berbeda dengan kebaikan yang dilakukan manusia. Oleh karena itu, kalimat Asmaul Husna hanya dimiliki Allah saja, karena Allah merupakan pencipta alam beserta isinya.

Ketika membaca Asmaul Husna, manusia akan dijaminkan memiliki kesempatan untuk masuk surga. Selain itu, berdoa dengan membaca Asmaul Husna juga bisa menambah pahala manusia. Hal ini dikarenakan manusia berkata dengan kalimat yang baik. Tidak hanya membaca Asmaul Husna saja, nabi Muhammad bahkan memerintahkan manusia untuk mempelajari dan memahami Asmaul Husna.

Makna As Samad

Pada kalimat pembuka, telah dijelaskan bahwa As Samad artinya Allah Maha Dibutuhkan. Maksud dari arti tersebut yaitu Allah merupakan satu-satunya tempat untuk meminta bantuan maupun memohon pertolongan. Manusia bisa meminta bantuan dengan cara berdoa kepada Allah. Manusia bisa memanjatkan doa kapanpun apabila dibutuhkan.

Secara bahasa, As Samad memiliki makna sebagai pemimpin yang dituju untuk memohon pertolongan. Dalam sebuah kitab yang dikarang oleh Ibnu Faris, dijelaskan bahwa Allah merupakan tempat yang dituju oleh hamba-Nya untuk meminta pertolongan. Adapun pertolongan tersebut bisa diminta dengan cara berdoa dan melakukan permohonan.

Pengertian mengenai As Samad artinya Allah Maha Dibutuhkan tentu sangat memiliki keterkaitan dalam zaman sekarang. Dimana banyak sekali manusia yang meminta pertolongan kepada selain Allah. Beberapa contoh seperti meminta pertolongan pada dukun, menyimpan jimat yang dianggap dapat memberi pertolongan, dan sebagainya.

Hal seperti ini tentu sangat dilarang oleh Allah. Karena kata As Samad menjadi bukti bahwa Allah memiliki sifat yang sempurna karena bisa menolong manusia. Selain itu, Allah juga bisa memberikan kenikmatan yang tidak terduga apabila kita hanya meminta bantuan kepada Allah.

Contoh Perilaku As Samad

Setelah mengetahui bahwa As Samad memiliki arti Allah Maha Dibutuhkan, pahami contoh perilaku yang dimaksud. Meskipun telah disinggung sedikit contohnya, namun terdapat beberapa contoh lain yang dapat dilakukan oleh manusia. Contohnya yaitu:

  • Saling menolong sesama manusia.
  • Menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungannya.
  • Berzikir dan juga menyebut nama Allah.
  • Minta dimudahkan oleh Allah ketika mengalami kesulitan.
  • Bersyukur terhadap rezeki yang diberikan oleh Allah.
  • Gantungkan seluruh harapan dan pertolongan kepada Allah.
  • Berusaha keras untuk mendapatkan keinginan dengan diiringi doa pada Allah.

Setelah mengetahui As Samad artinya Allah Maha Dibutuhkan, coba lakukan perenungan kembali. Apakah selama ini, sebagai manusia sudah menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat untuk meminta?. Tentu pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab oleh diri sendiri, bukan orang lain. Apabila ternyata Allah belum menjadi satu-satunya tempat untuk meminta pertolongan, segeralah bertobat.