Al Hayyu Artinya, Al Hayyu Artinya Yang Maha

Soal Pertanyaan : 1.al-hayyu artinya yang maha….. 2.al-qoyyum artinya yang maha….. 3. al-ahad artinya yang maha……

Jawaban : Al-Hayyu, Al-Qoyyum dan Al-Ahad adalah nama-nama indah Allah SWT yang disebut juga dengan istilah Asmaul Husna. Arti dari Al-Hayyu adalah Maha Hidup (Kekal), arti Al-Qoyyum adalah Maha Mengatur atau Maha Berdiri Sendiri, Maha Mandiri dan Al-Ahad artinya Yang Tunggal atau Maha Tunggal, Maha Esa.

Pembahasan : Asmaul Husna adalah nama-nama indah Allah SWT yang mencerminkan sifat-sifat agung-Nya. Mengenai jumlah asmaul husna, para ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan jumlahnya hanya ada 99 nama saja tapi tak sedikit pula yang sampai menyebutkan jumlahnya ada ratusan bahkan ribuan. Meski begitu, yang paling sering diajarkan adalah 99 asmaul husna.

Dari 99 asmaul husna tersebut terdapat Al-Hayyu, Al-Qayyum dan Al-Ahad. Menurut beberapa Ulama, asmaul husna Al-hayyu ini adalah asmaul husna yang paling agung apabila digabungkan dengan nama Al-Hayyu. Keduanya dsebut sebagai Ismul A’zham, yakni nama Allah yang agung.

Kedua asmaul husna ini sebenarnya dijumpai gabungannya dalam 3 surah yang salah satunya adalah Al-Baqrah ayat 255 yang disebut juga dengan Ayat Kursi. Ketika digabung, keduanya menjadi Hayyul Qayyûm.

Menurut ulama, menyebut nama Allah bersama dengan kedua asmaul husna ini akan membuat doa yang dipanjatkan lebih cepat diijabah.

Penjelasan : Asmaul Husna merupakan nama-nama yang indah dan dimiliki oleh Allah SWT. Diketahui, Asmaul Husna yang biasa diajarkan dan diketahui adalah berjumlah 99 nama. Kemudian, semua nama tersebut juga mencerminkan sifat yang ada pada Nya. Salah satu nama yang tertera dalam Asmaul Husna adalah Al Hayyu. Untuk lebih jelasnya, Al Hayyu artinya adalah sebagai berikut ini.

Jawaban Dan Penjelasan Al Hayyu

Penjelasan mengenai Al Hayyu artinya bisa lebih dari satu namun saling mirip dengan lainnya. Berikut  adalah poin-poinnya.

1. Maha Hidup

Al-Hayyu artinya adalah Yang Maha Hidup. Maksudnya adalah Tuhan merupakan entitas yang terus menerus hidup meskipun makhluk lain datang dan pergi silih berganti. Makna dari hidup ini tentunya berlainan dengan apa yang dipahami oleh manusia.

Diketahui, manusia dan makhluk hidup lain yang diciptakan oleh Allah mempunyai nyawa yang mengisi raganya. Kemudian, makhluk hidup juga memiliki umur yang terbatas sehingga bila waktunya sudah tiba entah karena usia ataupun penyakit maka senyawa tersebut pun akan berpisah dari badan makhluk.

2. Maha Kekal

Berikutnya, Al Hayyu artinya yaitu Yang Maha Kekal. Dengan demikian, Tuhan akan selalu kekal meskipun makhluk hidup yang lainnya mengalami kematian dan kepunahan. Jadi, Tuhan adalah entitas yang abadi dan terhindar dari kematian meskipun terjadi berbagai bencana yang menimpa ciptaannya. Hal ini dikarenakan, Tuhan adalah pencipta dari alam semesta dan seisinya.

Kehidupan milik Tuhan adalah mutlak dan sulit dipahami dengan ilmu pengetahuan dari akal pikiran manusia sebagai makhluk tercerdas untuk saat ini. Semua kehidupan yang ada di alam semesta nantinya akan hancur satu demi satu namun, bagi Tuhan tidak. Hal tersebut terjadi karena semua makhluk bergantung kepada Nya sedangkan Tuhan tidak terbatas oleh apapun.

3. Asmaul Husna Paling Agung

Menurut pernyataan dari beberapa ulama, Al Hayyu merupakan nama Asmaul Husna yang paling agung dari yang lainnya. Hal ini dikarenakan jika nama indah lainnya digabung menjadi satu dengan nama ini maka artinya adalah Tuhan yang Maha Agung.

Seringkali, Al Hayyu digabung menjadi satu dengan Al Qayyum. Diketahui, Al Qayyum dalam Asmaul Husna yang lain dan memiliki arti Yang Maha Berdiri Sendiri. Dengan demikian, Tuhan pastilah entitas yang mampu mengatur segala sesuatu mengenai ciptaannya secara mandiri karena Tuhan Maha berdiri Sendiri.

Al Hayyu dan Al Qayyum yang digabung menjadi satu seringkali disebut dengan Hayyul Qoyyum. Hal ini seperti tercantum dalam beberapa surah Al Quran. Kemudian, menurut beberapa pemahaman ulama, jika seorang hamba memanjatkan doa dan menyebut dua Asmaul Husna ini maka doanya akan cepat untuk dikabulkan.

4. Hidup Yang Sempurna

Lebih lanjut, makna dari Al Hayyu  adalah Yang Maha Hidup Sempurna. Dengan begitu, hidup Tuhan adalah yang paling sempurna dibandingkan makhluk ciptaannya. Selain itu, sifat yang dimiliki Nya pun yang paling sempurna pula. Tidak ada kecacatan di dalamnya.

Diketahui, Tuhan memiliki ilmu pengetahuan yang belum bisa dijangkau separuhnya oleh manusia. Kemudian, kekuasaan yang dimilikinya pun melebihi semua makhluk yang ada. Kehendaknya adalah mutlak dan kasih sayangnya tidak bisa dibandingkan dengan siapapun. Meski demikian, hukumannya pun paling keras dan tidak ada yang menyamainya.

5. Tidak Berawal Dan Tidak Berakhir

Arti dari Al Hayyu selanjutnya dapat dimaknai sebagai Yang Tidak Memiliki Awal dan Akhir. Maksudnya adalah Tuhan sudah ada sejak dahulu kala sebelum alam semesta dan seisinya terbentuk karena Dialah yang membuatnya. Kemudian, Tuhan juga tidak akan pernah mati dan berakhir karena hanya Dia yang mampu terus hidup meskipun  semua makhluk di alam semesta mengalami kebinasaan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Asmaul Husna Al Hayyu. Kesimpulannya, Al Hayyu artinya Yang Maha Hidup Abadi dengan segala kesempurnaanNya dan tidak ada yang bisa menandingi Nya baik yang berasal dari langit ataupun dari bumi.