Pola Irama Adalah, Apa Yang Dimaksud Pola Irama?

Soal Pertanyaan : Apa yang dimaksud pola irama

Jawaban : Pola irama adalah sekumpulan suara dengan urutan tertentu dalam satu atau lebih birama, dan birama ini muncul berulang kali dan diatur dalam sebuah lagu.

Pembahasan : Pola irama adalah sekumpulan bunyi dengan susunan irama tertentu yang muncul berulang-ulang dan teratur dalam satu atau beberapa cara. Dalam sebuah lagu terdapat beberapa pola irama yaitu pola irama rata-rata, pola irama tidak rata, asope, pola balapan, pola ritme multi dan irama konvergen. Pada saat yang sama, ritme adalah teknologi dan teknik yang memimpin permainan musik. Singkatnya, ritme berarti memimpin atau memberi isyarat kepada semua orang untuk menampilkan musik atau bernyanyi bersama. Bernyanyi merupakan suatu teknik dalam bentuk pertunjukan musik yang menggunakan gerak tubuh untuk memandu gerak tubuh secara bersama-sama.

Penjelasan : Dalam bermusik pola irama adalah unsur yang sangat penting. Unsur ini dapat membuat sebuah karya musik menjadi hidup dan dapat dinikmati. Pola irama yang dimiliki setiap musik berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Simak contoh soal dan penjelasannya berikut ini:

Jawaban dan Pembahasan

Dikutip dari Kamus KBBI, tertulis bahwa pola adalah sesuatu yang memiliki model, bentuk, struktur dan sistem. Sementara irama diartikan sebagai sebuah susunan diantara durasi nada panjang dan pendek yang dibunyikan secara berulang. Dapat disimpulkan bahwa pola irama dapat diartikan sebagai sebuah model, struktur atau bentuk ritme yang terdapat dalam sebuah gubahan.

Pola irama memiliki peranan sangat penting dalam sebuah komposisi musik. Jika pemusik tidak dapat menguasai pola irama main musik ciptaan nya seperti tidak memiliki nyawa dan tidak menarik untuk dinikmati. Pemusik juga harus jeli dalam memilih pola irama yang digunakan agar karyanya unik dan otentik.

Jenis Pola Irama

Sebagai sebuah elemen penting dalam karya musik, pola irama memiliki beberapa jenis yang penting untuk dipelajari. Menguasai pola irama sama dengan menguasai teknik bermusik yang menentukan kualitas sebuah karya. Simak apa saja jenis pola irama berikut ini.

1. Pola Irama Rata

Ini adalah pola irama yang memiliki pembagian pola rata atas. Pola irama seperti ini umumnya ditemukan pada lagu anak-anak seperti lagu Topi Saya Bundar atau lagu Menanam Pohon. Tidak tertutup kemungkinan terdapat juga pada lagu lain yang memiliki irama sederhana.

2. Pola Irama Tidak Rata

Pola irama semacam ini diartikan sebagai pembagian nada berulang. Kebalikan dari pola irama rata, pada pola ini ada pembagian berulang antara pola dengan pulsa yang tidak sama rata. Lagu anak-anak yang memakai pola ini contohnya Ruri Abangku karya AT. Mahmud.

3. Pola Irama Sinkop

Pola irama sinkop dapat terjadi jika pulsa yang seharusnya tidak memiliki tekanan justru berpindah dari aksen kuat ke pulsa yang tanpa intonasi. Untuk memahami pola ini pemusik harus memiliki pengetahuan yang benar tentang pola irama. Contoh musik yang menggunakan pola ini adalah musik orkestra.

4. Pola Irama Suku Bangsa

Seperti namanya, pola irama ini diadaptasi dari irama yang banyak terdapat pada lagu tradisional sebuah suku bangsa. Pola ini memiliki ciri khas yang tentu berbeda pada setiap suku bangsa. Hal ini yang membedakan karakteristik musik dan menjadikannya sangat unik.

5. Pola Irama Ostinato

Pola irama ini banyak digunakan pada jenis music klasik. Disebut pola ostinato jika pola nada nya dinyanyikan berulang dan disebut ostinati jika memiliki lebih dari satu variasi nada. Pola irama ini berasal dari negara Italia yang mulai diperdengarkan sejak abad ke-15.

6. Pola Irama Poliritmik

Ini adalah sebuah pola irama yang memiliki ciri khas tekanan nada kuat dan rendah yang dibunyikan secara serempak. Music tradisional Jawa umumnya memakai pola irama ini. Pada music Jawa seluruh alat musik dibunyikan bersama-sama dengan alat music lainnya dan menghasilkan irama Poliritmik.

7. Pola Irama Polimerik

Ini adalah sebuah pola irama dimana beberapa instrumen dimainkan secara bersama-sama namun dengan pola nada yang berbeda. Hal ini membuat lagu terdengar lebih kompleks. Pola lagu ini sangat berbeda dengan lagu anak-anak yang sederhana.

Setelah menguraikan pengertian dan jenis pola irama maka dapat disimpulkan bahwa pola irama adalah sebuah elemen atau unsur yang sangat penting dalam penciptaan karya musik. Tanpa penguasaan pola irama yang benar, pemusik tidak akan membuat karya yang unik dan otentik. Semoga informasi ini bermanfaat.