Ikhtiar Adalah, Apa Yang Dimaksud Dengan Ikhtiar?

Soal Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan ikhtiar

Jawaban : Ikhtiar secara bahasa artinya memilih. secara istilah ikhtiar adalah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang di kehendakinya. orang yang berikhtiar berarti dia memilih suatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan sukses.

Pembahasan : Kehidupan tidak pernah luput dari segala persoalan yang menggetarkan hati dan juga cobaan dari sang kuasa. Dalam menghadapi segalanya, diperlukan kesabaran yang tidak kecil dan juga usaha untuk melalui segala cobaan tersebut. Setelah memiliki niat, sebaiknya selalu berikhtiar. Ikhtiar adalah salah satu sikap yang sangat dicintai Allah. Seorang yang berikhtiar akan senantiasa mendapat nikmat lebih.

Penjelasan : Ikhtiar sejatinya memiliki dua makna dalam artian yang tidak jauh berbeda. Singkatnya, menurut Bahasa yaitu memiliki makna memilih namun apabila didasarkan pada pengertian secara istilah ikhtiar berarti usaha. Maksudnya adalah sebuah usaha untuk mendapatkan hal yang diinginkan oleh seorang hamba Allah. Dalam berikhtiar memerlukan niatan hati yang tidak main main, atau artinya yaitu tulus.

Ikhtiar juga memiliki makna bersungguh sungguh. Dalam arti kata ini, bersungguh sungguh dalam usaha dan niat baik merupakan kategori ikhtiar. Ikhtiar hanya didasarkan karena Allah, bukan tuhan yang lain karena Allah hanya satu. Ketika berikhtiar maka selalu mendekatkan pribadi kepada yang maha pemberi segalanya.

Keutaman Ketika Selalu Berikhtiar

1. Akan Mendapatkan Kasih Sayang dari Allah

Tentu saja salah satunya manfaat akan berikhtiar yang didapat adalah kecintaan Allah kepada hambanya. Allah selalu memberikan atau mengabulkan doa para hambanya apabila selalu berikhtiar. Ikhtiar sangat perlu dilakukan agar tidak semata mata pasrah dan leha leha tanpa melakukan apapun. Allah sangat sayang kepada siapa saja yang selalu berikhtiar.

2. Memupuk Semangat dalam Jiwa

Siapa sangka bahwa ikhtiar juga dapat mendorong atau memberikan dampak positif bagi pribadi masing masing. Bagaimana tidak, seorang yang selalu berikhtiar akan memiliki jiwa semangat yang tidak rendah dan jauh dari kata putus asa. Orang yang selalu berikhtiar tidak akan merasa jauh dari Allah karena selalu yakin bahwa Allah aka nada pada setiap detik maupun langkah kakinya ketika memiliki niat yang baik.

3. Menciptakan Pribadi Mandiri

Pada dasarnya ikhtiar adalah sungguh sungguh dalam pelaksanaan usaha. Maka tentu hasil yang akan didapatkan adalah menjadi pribadi yang mandiri. Maksudnya yaitu tidak bergantung atas orang orang disekitar secara terus menerus. Memang benar manusia merupakan suatu makhluk sosial, namun berusaha selalu mandiri akan menciptakan sebuah pribadi yang menarik serta tidak menjadi beban.

Contoh Ikhtiar

Ikhtiar banyak contohnya. Berikut merupakan sekilas contoh mengenai ikhtiar, yaitu:

  1. Ferum selalu giat dalam menjalankan usaha mochinya karena ia percaya bahwa sesuatu yang dilakukan dengan tulus dan sungguh akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan.
  2. Harya tidak pernah libur ketika mengambil pelajaran tambahan di sekolah karena ia sangat ingin memperoleh peringkat utama pada sekolahnya.
  3. Fajriyan dengan teguh dan hati yang bersih benar benar ingin bertaubat atas seluruh perbuatan tidak mengenakannya yang pernah dilakukan, ia bertaubat dengan niat yang sungguh sungguh.
  4. Bu Retno menderita sakit yang tak kunjung sembuh, ia selalu berikhtiar kepada Allah dan mencoba meminum segala jenis ramuan herbal yang sekiranya cocok dan mengimbanginya dengan berdoa.
  5. Axl berusaha tak henti untuk menuntaskan judul skripsinya yang telah ia mulai pada empat tahun lalu.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya kata ikhtiar adalah usaha namun dalam hal yang baik serta dilakukan secara sungguh sungguh. Setiap orang di seluruh jagad raya pasti memiliki sebuah impian ataupun niat. Maka, hal yang sudah harus dilakukan adalah berikhtiar serta didampingi dengan tawakal. Jika hanya berikhtiar tanpa membawa Allah dalam doanya, maka bisa dikatakan sebagai seseorang yang amat munafik.