Reduce Adalah : Pengertian Serta Contoh Reduce, Reuse, Recycle

Soal Pertanyaan : Pengertian serta contoh reduce, reuse, recycle.

  1. Recycle (daur ulang), dengan mendaur ulang bahan sampah agar dapat menjadi produk baru. Contohnya mendaur ulang kertas dan kaleng aluminium
  2. Reuse (penggunaan ulang), dengan menggunakan kembali kemasan atau produk yang sudah dipakai. Contohnya menggunakan kotak biskuit untuk tempat makanan.
  3. Reduce (pengurangan penggunaan dan sampah), dengan mengurangi produk yang sampahnya yang tidak dapat didaur ulang atau digunakan lagi. Contohnya mengurangi penggunaan plastik kresek.

Pembahasan: Ada beberapa cara dalam pengurangan sampah, yaitu memperbaiki (repair), daur ulang (recycle), penggunaan ulang (reuse) dan pengurangan penggunaan (reduce).

Repair atau memperbaiki diguakan untuk mencegah barang menjadi sampah, dengan memperbaiki kerusakan yang ada.

Banyak produk makanan dan minuman saat ini dikemas dalam kaleng yang terbuat dari aluminium atau timah dan kedua bahan ini dapat didaur ulang (recycle) untuk membuat kaleng baru atau produk lainnya, atau dapat digunakan ulang (reuse).

Sementara barang yang menghasilkan sampah yang tidak dapat didaur ulang atau digunakan kembali harus dikurangi penggunaannya (reduce), misalnya kantung plastik atau sedotan plastik.

Bahan limbah dan polutan yang perlu di daur ulang (recycle) biasanya adalah barang yang tidak dapat langsung digunakan ulang lagi (reuse).

Contoh penggunaan ulang (reuse) adalah refill atau pengisian kembali. Hal ini dapat digunakan pada wadah yang dapat dibersihkan, dan digunakan untuk fungsi lain karena masih awet. Misalnya menggunakan botol minuman ringan untuk botol air minum, agar plastik botol tersebut tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Penjelasan : Istilah proses dalam pengolahan sampah memang sudah dikampanyekan sehingga dapat dikenal dan dilakukan oleh banyak orang. Pastinya proses pengolahan sampah atau yang disebut juga sebagai 3R yaitu Reuse, Recycle, dan Reduce sudah dikenal sejak dahulu. Sayangnya, banyak orang masih bingung antara perbedaan Reuse, Recycle, dan Reduce adalah tahap pengolahan tersebut.

Pengertian Reuse, Reduce, dan Recycle

Seiring perkembangan dan disertai banyaknya masalah mengenai sampah menjadikan pokok 3R berkembang menjadi 5R. Perlu diketahui sebagai tambahan informasi 5R meliputi Refuse, Reduce, Reuse, Repurpose, dan Recycle sebagai langkah mencegah sampah lebih banyak. Akan tetapi, khusus kali ini akan disampaikan mengenai pengertian dari Reuse, Recycle, dan Reduce antara lain:

1. Memahami Arti Reuse

Pertama masuk ke dalam pencegahan sampah yang paling mudah dilakukan yaitu Reuse atau sesuai tata bahasanya terdiri atas Re dan Use. Pengertian Re atau dikenal sebagai kembali dan Use berarti memakai sesuatu yang disimpulkan memakai kembali. Pemakaian kembali ini bermacam-macam mulai dari kaleng, pakaian, perlengkapan aksesoris, atau bahkan box penyimpanan.

2. Apa itu Reduce?

Beralih ke cara mengurangi sampah berikutnya yaitu ada Reduce yang seringkali sulit dibedakan dengan cara lainnya karena memang hampir serupa. Menurut bahasa ketika dilihat melalui kamus, Reduce adalah usaha mengurangi suatu barang menjadi sampah. Beberapa pendapat mengatakan bahwa reduce di dalamnya juga termasuk repair sehingga dapat mencegah sampah.

Perlu diketahui juga cakupan Reduce sangat luas, karena pengertiannya cukup umum. Reduce adalah menggantikan fungsi suatu barang untuk mencegah sampah, namun juga memperbaiki sesuatu dan menghindarinya menjadi sampah. 

3. Pengertian Recycle

Terakhir dari cara mengurangi sampah yaitu R yang ketiga Recycle yang dapat diketahui dari katanya secara langsung berarti melakukan daur ulang. Mungkin tidak asing juga pernah mendengar bahwa ada beberapa bahan yang tidak dapat didaur ulang.

Contoh Kegiatan Daur Ulang yang Mudah Dilakukan

Secara tidak langsung sebenarnya ada berbagai kegiatan yang mungkin tidak disadari bahwa itu termasuk dalam aktivitas daur ulang. Nah di bawah ini akan disampaikan mengenai berbagai contoh daur ulang yang dapat diajarkan juga sejak dini yaitu:

1. Contoh aktivitas Reuse Sehari-hari

Sangat mudah melakukan cara ini, ditambah banyaknya video di media sosial yang memperlihatkan terkait do it yourself. Dikenal juga sebagai DIY dapat dikatakan sebagai aktivitas reuse yang menyenangkan karena menggunakan kembali barang tidak terpakai. Selain itu, contoh lain yang dapat dilakukan adalah melakukan pengisian kembali misalnya ketika membeli kemasan botol shampoo. 

2. Langkah Mudah Melakukan Reduce

Kegiatan berikutnya yang menjadi contoh dari Reduce adalah membawa botol atau wadah makan sendiri ketika pergi ke suatu tempat. Selain itu, beberapa waktu lalu juga ramai mengenai sedotan stainless steel yang dapat mencegah ribuan ton plastik yang digunakan setiap hari. Kemudian memperbaiki suatu barang yang sudah usang seperti payung atau sepatu adalah penerapan Reduce.

3. Contoh Kegiatannya Recycle

Terakhir ada Recycle yang telah disampaikan sebelumnya bahwa cara ini ada beberapa bahan tertentu yang tidak dapat didaur ulang. Langkah paling tepat untuk melaksanakan Recycle adalah mengelompokan jenis sampah agar mudah untuk didaur ulang.

Beberapa bahan umum yang biasanya dapat didaur ulang adalah botol atau kemasan yang terbuat dari kaca, kertas, karton, dan lainnya. Disisi lain, ada bahan yang sulit untuk didaur ulang seperti plastik, styrofoam, beberapa jenis kardus, dan sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian dari 3R atau sebutan bagi Reuse, Recycle, dan Reduce beserta contohnya yang perlu diketahui. Kesadaran akan pengolahan sampah perlu dilakukan sejak dini, bahkan pertanyaan seputar Reuse, Recycle, Reduce adalah cara belajar paling sederhana. Langkah yang bijak dan peduli pada lingkungan akan menjaga bumi lebih aman untuk ditinggali.