Gagasan Pokok Adalah? Kunci Jawaban dan Pembahasan

Soal Pertanyaan : Gagasan pokok adalah

Jawaban : Yang dimaksud GAGASAN POKOK adalah gagasan yang menjadi dasar dan menjiwai keseluruhan paragraf yang umumnya dijumpai pada kalimat utama dengan sifat implisit atau abstrak. Secara singkat gagasan pokok yang disebut juga gagasan utama ini bisa pula dimaknai sebagai suatu penyataan yang merupakan INTI suatu pembahasan.

Pembahasan :

Gagasan Pokok (Ide Pokok) adalah salah satu komponen dalam sebuah paragraf selain gagasan pendukung. Gagasan pokok ini merupakan ide dasar yang kemudian dikembangkan dalam paragraf sehingga menjiwai gagasan pendukung yang juga dijumpai dalam paragraf tersebut.

Gagasan Pokok, oleh sebab kedudukannya sebagai inti dari suatu pragraf, maka seringnya dijumpai dalam kalimat yang jelas. Adapun ciri-ciri lengkap gagasan pokok adalah sebagai berikut:

  • Pada gagasan pokok dijumpai topik permasalahan
  • Gagasan pokok ini bisa dijabarkan atau menjadi penjelas
  • Gagasan utama ini mampu berdiri sendiri sebab merupakan kalimat yang lengkap
  • Gagasan pokok mempunyai makna yang lugas dan jelas
  • Gagasan pokok ini umumnya adalah kesimpulan dari suatu paragraf

Paragraf dalam suatu teks bisa menjadi satu kesatuan yang utuh karena tersusun atas beberapa hal. Seperti gabungan dari kalimat tunggal serta kalimat majemuk, bahkan di dalam suatu paragraf harus ada gagasan pokok yang melandasinya. Sebuah paragraf terbentuk karena ada gagasan pokok dalam pembahasannya. Jadi gagasan pokok adalah? Mari ikuti jawabannya berikut!

Pengertian Gagasan Pokok

Sebuah paragraf dapat terbentuk dengan utuh karena ada suatu pembahasan yang saling berkesinambungan. Harus ada gagasan pokok serta gagasan pendukung lainnya untuk dapat membuat paragraf tersebut menjadi sempurna. Tidak bisa dikatakan paragraf apabila di dalamnya tidak ada inti atau kalimat utama yang menjadi sebuah pokok.

Gagasan pokok sering juga disebut dengan ide pokok, yang berarti menjadi ide dasar dibentuknya paragraf tersebut. Biasanya ide dasar ini bisa terletak di awal atau akhir, tergantung dari penulis meletakkannya. Tetapi, yang pasti keberadaannya harus muncul di dalam suatu paragraf. Kemudian gagasan pokok tersebut dikembangkan menjadi sebuah gagasan pendukung untuk menjelaskannya.

Pada gagasan pokok tersebut biasanya memiliki sebuah makna yang tersurat serta tertulis. Jadi, langsung bisa ditemukan dan tidak perlu untuk mencarinya dengan susah. Bahkan, bisa dikatakan bahwa gagasan pokok ini bisa berdiri sendiri tanpa gagasan penjelas. Karena, dalam gagasan pokok sendiri sudah merupakan kalimat utama yang utuh serta jelas.

Jadi, gagasan pokok adalah suatu komponen yang menjadi ide dasar dibuatnya sebuah paragraf yang utuh. Dalam gagasan pokok tersebut akan dijabarkan lagi dengan menggunakan gagasan penjelas. Bisa juga dikatakan sebagai kesimpulan dalam sebuah paragraf, jadi akan mudah sekali untuk ditemukan. Nah, itulah penjelasan singkat mengenai gagasan pokok.

Jenis Gagasan Pokok

Setelah mengetahui apa itu gagasan pokok, perlu juga mengetahui jenis-jenis dari gagasan pokok. Karena, sering juga ada pertanyaan mengenai jenis gagasan pokok dalam suatu paragraf dan masih banyak yang keliru untuk menjawabnya. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Paragraf Deduktif

Untuk jenis yang pertama adalah apabila sebuah gagasan pokok terletak di paragraf pertama. Biasanya ada di awal paragraf dan menjadi kalimat utama di dalam teks tersebut. Maka dari itu, disebut dengan paragraf deduktif.

2. Paragraf Induktif

Pada jenis yang satu ini merupakan kebalikan dari paragraf deduktif, yaitu gagasan pokoknya ada di akhir paragraf. Bisa juga dikatakan penjabarannya dahulu yang dijelaskan kemudian baru diletakkan gagasan pokok di dalamnya. Ada juga yang mengatakan sebagai sebuah kesimpulan dalam satu paragraf.

3. Paragraf Campuran

Dalam suatu paragraf bisa juga memiliki jenis yang satu ini atau biasa disebut dengan paragraf deduktif induktif. Jadi, dalam satu paragraf memiliki dua gagasan pokok yang mendasarinya. Biasanya letaknya ada di awal dan akhir, untuk yang di akhir merupakan penjelas dari gagasan pokok yang ada di awal.

4. Paragraf Ineratif

Untuk jenis yang satu ini jarang sekali ditemukan dan bahkan tidak ada yang membuatnya. Gagasan pokok dalam jenis ini berada di tengah paragraf dan kalimat awal hanya menjadi pengantar saja. Namun, gagasan pokok ini hampir tidak ditemukan dalam sebuah paragraf.

5. Paragraf Deskriptif

Jenis yang terakhir ini yaitu juga berbeda dari yang lain. Karena, semua gagasan pokok terdapat di dalam semua kalimat di paragraf. Jadi, tidak ada kalimat utama dan semuanya merupakan kalimat penjelas yang memiliki makna tersirat.

Demikian penjelasan singkat untuk pertanyaan gagasan pokok adalah? Semua sudah dijelaskan di atas beserta dengan jenis-jenisnya. Seseorang dapat dengan mudah menemukan gagasan pokok jika sudah mengerti dengan paragraf tersebut. Jadi, pastikan baca berulang kali untuk menemukan gagasan pokok yang tepat.