Pertandingan Pencak Silat Ditentukan Dengan? Kunci Jawaban

Soal Pertanyaan : Pertandingan pencak silat ditentukan dengan…
A.game
B.set
C.babak
D.regu

Jawaban : Dalam pertandingan pencak silatmaka ditentukan dalam babak (C).

Pembahasan : Pencak silat adalah ilmu beladiri dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis baik membela diri menggunakan senjata maupun tangan kosong.

Pencak silat sendiri sudah ada pada zaman penjajahan belanda sampai akhirnya ketika zaman kemerdekaan. pencak silat sendiri seni budaya yang dillestarikan hingga sekarang

Di dalam pencak silat sendiri ada larangan yang dinyatakan pelanggaran:

  • Pelanggaran berat, menyerang bagian leher, kepala serta bagian bawah pusat seperti kemaluan.
  • Pelanggaran ringan, keluar dari gelanggang, memeluk lawan dalam melakukan pembelaan terhadap diri sendiri

Didalam pencak silat juga ada kententuan  nilai hukuman yaitu:

  • Nilai -1  apabila mendapatkan tegoran 1
  • Nilai -2 apabila mendapatkan tegoran 2
  • Nilai -5 apabila mendapatkan peringatan
  • nilai -10 apabila mendapatkan tegoran

Didalam pencak silat juga ada namanya  penentu kemenangan

  • Menang angka
  • Menang teknik
  • Menang mutlak

Seni bela diri pencak silat memang saat ini masih menjadi primadona yang sering muncul dalam sebuah event pertandingan. Bahkan, terdapat beberapa aturan penting jika ingin melaksanakan pertandingan pencak silat. Umumnya pertandingan pencak silat ditentukan dengan beberapa hal penting dalam penentuannya. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang pertandingan pencak silat! 

Pertandingan Pencak Silat Ditentukan Oleh Apa?

Biasanya, menurut aturan yang berlaku pertandingan pencak silat ditentukan dengan sebuah aturan yang bernama babak. Di dalam pencak silat sendiri terdapat tiga babak dalam satu pertandingan. Kemudian, satu babak memiliki waktu 2 menit saja dengan waktu istirahat yaitu 1 menit. Pertandingan bisa berhenti di tengah apabila salah satu pemain melakukan kesalahan.

Dalam setiap babak tersebut, akan dinilai oleh juri untuk menentukan siapa pemenangnya. Untuk menentukan pemenang, ada penilaian sendiri dari juri serta panitia. Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan, selain itu terdapat juga beberapa jenis kemenangan. Jadi, pemenang tidak hanya ditentukan dari nilai saja namun dari pertimbangan lain juga.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa pertandingan pencak silat ditentukan oleh sebuah babak. Nah, dalam setiap babak tersebut akan menjadi penentuan siapa pemenangnya secara sah. Selain babak, terdapat juga aturan lain yang digunakan untuk mengatur jalannya pertandingan seperti aturan dalam melakukan serangan ke lawan.

Selain itu bela diri ini merupakan sebuah cabang olahraga yang sering masuk pula dalam event pertandingan olahraga. Umumnya pertandingan dalam pencak silat ini tidak menggunakan sebuah senjata. Bahkan, bisa dikatakan dengan menggunakan tangan kosong dalam melakukannya. Hal yang sering ditonjolkan dalam bela diri ini adalah sebuah seni menangkis.

Jenis-jenis Kemenangan

Pada bela diri pencak silat, ada beberapa peraturan mengenai pemain yang bisa dinyatakan sebagai pemenang. Adapun beberapa jenis pemenang berdasarkan kondisi pada saat itu. Semua itu sudah tertuang dalam peraturan yang berlaku serta mutlak. Berikut jenis-jenis tipe pemenang dalam pertandingan pencak silat:

1. Pemenang Angka

Seorang pemain akan dinyatakan menang jika juri memberi angka atau nilai lebih dari nilai si lawan. Nilai tersebut akan digabungkan dalam tiga kali babak pertandingan, jadi semua diakumulasikan menjadi satu.

2. Pemenang Teknik

Dalam suatu pertandingan terkadang ada suatu hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah terjadinya cedera, jika sudah terjadi seperti itu maka pertandingan harus segera dihentikan. Tetapi, kemenangan akan menjadi milik si lawan secara otomatis.

3. Pemenang Mutlak

Apabila seorang pemain dapat melakukan serangan dan menjatuhkan lawan dengan sah maka bisa disebut dengan menang mutlak. Wasit pun akan menghitung sampai 10 detik, jika tidak ada gerakan sama sekali maka pemain bisa dinyatakan sebagai pemenangnya.

4. Pemenang Diskualifikasi

Untuk jenis yang selanjutnya adalah pemenang diskualifikasi, biasanya jika ada pemain yang melakukan kecurangan dan sudah diperingatkan sebanyak 3 kali. Tetapi, masih tetap juga melakukan kesalahan maka dengan terpaksa harus di diskualifikasi. Kemenangan pun akan diberikan untuk si lawan.

5. Pemenang Kondisional

Pada jenis yang terakhir ini, pemain bisa langsung menang apabila pertandingan yang dilakukan tidak seimbang. Bahkan, bisa juga karena salah satu pemain dengan sengaja mengundurkan diri atau malah tidak bisa hadir dalam pertandingan. Jadi, si lawan pemain secara otomatis akan menjadi pemenang dengan mudah.

Nah, jadi itulah sebuah pertandingan pencak silat ditentukan dengan sebuah babak dalam satu pertandingan. Selain itu, terdapat juga jenis-jenis kemenangan dalam pertandingan pencak silat. Tentunya semua itu ditentukan berdasarkan kondisi di lapangan dan atas keputusan panitia atau juri.