100 Gram Gula Berapa Sendok Makan? Ini Penjelasannya!

Soal Pertanyaan : 100 gram = berapa sendok makan?

Jawaban : 100 gram = 7 sendok makan. Sendok makan merupakan satuan volume yang tidak baku. Digunakan untuk mengukur satuan volume dalam jumlah sedikit (milliliter atau gram) seperti gula, garam, merica dan lain-lain untuk keperluan memasak. Ukuran yang sering digunakan sebagai patokan sendok makan adalah

  • 1 sendok makan (1 sdm) = 15 ml
  • 1 sendok makan (1 sdm) = 13,75 gram

Ada beberapa satuan volume yang tidak baku seperti

  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Cup (gelas cangkir)
  • Gelas
  • Mangkuk

Dan lain sebagainya

Pembahasan :

1 sendok makan setara dengan 13,75 gram

= 13 ¾ gram

 gram

maka

100 gram

  sendok makan

  sendok makan

  sendok makan

  sendok makan

  sendok makan

  sendok makan

= 7,27 sendok makan

 7 sendok makan

Menentukan takaran gula memang tidak mudah bagi ibu rumah tangga. Terlebih lagi jika tidak bisa memperhitungkan dengan baik takaran yang sesuai. Biasanya ukuran takaran tersebut menggunakan satuan gram sedangkan yang dimiliki di rumah adalah sendok. Lantas, 100 gram gula berapa sendok makan? Menjawab pertanyaan tersebut harus menyimak informasi berikut.

Ibu rumah tangga yang ingin mengetahui 100 gram gula berapa sendok makan, harus menghitung terlebih dahulu dari 10 gram. Diketahui bahwa untuk 10 gram gula jika diletakkan di dalam sendok maka menjadi 0,7 bagian. Untuk mengetahui 100 gram gula harus dikalikan kelipatannya sehingga hasilnya adalah 7 sendok makan. Jadi, sekarang tinggal dihitung saja sebanyak 7 sendok jika membutuhkan 100 gram.

Membuat roti ataupun resep yang lainnya pun sudah tidak perlu bingung lagi dalam menakar gula menggunakan sendok karena sudah mengerti rumusnya. Catat rumus yang telah dijelaskan di atas agar suatu saat ketika akan membuat roti tidak lupa berapa takaran yang pas. Dengan mengikuti petunjuk resep yang ada, maka roti pun akan jadi dengan sempurna.

Tips Sukses Membuat Roti

Membuat roti di rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terlebih lagi jika mencoba resep yang baru. Namun, ternyata untuk membuatnya juga memerlukan perhatian khusus karena harus mengetahui juga langkah membuatnya. Agar membuat roti tersebut bisa sukses, maka harus mengikuti tips yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Mengetahui Bahan-bahannya

Tips yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah mengumpulkan semua bahan yang digunakan untuk membuat roti tersebut. Tentu saja bahan ini bisa diketahui dari resep masakan yang akan dibuat. Catatlah semua bahannya dan mulailah untuk berbelanja di pasar terdekat. Hitung pula berapa keperluan dari bahan tersebut agar tidak terlalu banyak.

Apabila ingin berhemat dalam membeli bahan ini, maka lakukan terlebih dahulu perbandingan harganya dengan toko lain. Pilihlah yang harganya paling murah namun kualitasnya tetap baik. Tips lain yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengecek tanggal kadaluarsa dari produk yang dibeli. Jangan sampai memilih produk yang sudah kadaluarsa.

2. Mengetahui Takarannya

Takaran juga tidak kalah pentingnya dalam membuat suatu resep. Takaran yang kurang pas akan membuat adonan menjadi bantat ataupun tidak mengembang sehingga faktor ini sangat penting sekali diperhatikan. Pahamilah cara menghitung takaran yang telah dijelaskan di atas, kemudian pahami takaran pada resepnya dengan seksama.

Resep hidangan roti yang diikuti juga tidak harus terlalu baku mengikutinya karena kadang selera manis dari roti yang akan dibuat berbeda-beda. Apabila merasa bahwa rasanya kurang manis, maka dapat ditambahkan sendiri gulanya. Asalkan tidak terlalu berlebihan, maka akan aman saja tidak akan merusak dari adonan rotinya.

3. Paham Langkah-langkahnya

Memahami langkah dari resep masakan tersebut juga harus diterapkan dengan baik. Baca terlebih dahulu resepnya kemudian hafalkan langkah demi langkahnya. Jangan sampai ada langkah yang terlewatkan karena akan membuat roti menjadi gagal. Minta juga bantuan yang sudah ahli jika masih awam dalam membuat resep hidangan roti.

Itulah penjelasan mengenai 100 gram gula berapa sendok makan yang patut diperhatikan agar tidak gagal dalam menerapkan resep hidangan roti. Mudah sekali untuk memahami rumus tersebut sehingga akan lebih mudah untuk menakar gula yang semestinya dimasukkan ke dalam adonan. Tidak perlu takut salah karena kegagalan bisa dijadikan pembelajaran.