Al Alim Artinya? Berikut Jawaban Selengkapnya!

Soal Pertanyaan : Jelaskan arti al alim, al khabir, as sami, dan al basir

Jawaban : Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami’ dan Al-Basir adalah termasuk asmaul husna Allah SWT, yakni nama-nama lain Allah yang baik lagi indah dan mewakili sifat-sifat Maha Sepurna-Nya. Adapun pengertian dari Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami’ dan Al-Basir adalah pada bagian berikut.

Pembahasan :

  • AL-ALIM artinya adalah bahwa Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu. Baik yang nampak atau nyata maupun yang ghaib. Sifat Maha Mengetahui ini tidak terbatas layaknya pada manusia.
  • AL-KHABIR artinya adalah bahwa Allah SWT Maha Waspada. Dalam arti Allah SWT mengetahui semua bahkan perkara yang sangat kecil dan tersembunyi sekalipun diketahui Allah SWT dengan baik sebab tidak ada yang terkadi di semesta tanpa seizin Allah SWT.
  • AS-SAMI’ artinya adalah bahwa Allah SWT Maha Mendengar, bahkan yang hanya sekedar suara hati pun akan terang benderang di hadapan Allah SWT.
  • AL-BASIR artinya adalah bahwa Allah SWT Maha Melihat semua hal, baik itu yang sangat kecil, yang sangat jauh dan lain sebagainya. Allah SWT melihat semua apa-apa yang ada di semesta.

Al Alim tentu sangat familiar sekali bagi umat muslim. Ya, kata tersebut merupakan lafadz asmaul husna yang sering diucapkan umat islam ketika doa ketika sekolah ataupun setelah sholat waktu. Al Alim artinya sangat mudah diingat yaitu Maha Mengetahui. Tidak dapat dipungkiri bahwa Allah melihat semua hal yang berkaitan dengan duniawi meskipun berada di dalam hati manusia.

soal : Jelaskan arti al alim, al khabir, as sami, dan al basir

Penjelasan Arti Al Alim, Al Khabir, As Sami, dan Al Basir

Al Alim menunjukkan betapa ilmu yang dimiliki Allah begitu luas, mencangkup semua hal yang terlihat maupun tidak terlihat. Setiap manusia tidak lepas dari perhatianNya di dunia ini sehingga wajar jika Allah memiliki nama lain Al Alim yang artinya adalah mengetahui semua hal. Tidak ada perilaku manusia yang bisa lepas dari pandangan Allah sehingga manusia harus senantiasa berbuat baik.

Al Alim artinya sangat singkat sekali sehingga tidak mudah lupa. Sama halnya dengan nama Allah yang lain seperti Al Khabir yang memiliki arti Maha Mengenal, Al Basir yaitu Maha Melihat, dan As Sami dengan arti Maha Mendengar. Nama lain dari Allah secara lengkap ada 99 yang wajib dihafalkan oleh semua umat muslim. Artinya pun wajib diketahui agar menambah ketakwaan.

Penerapan Dalam Kehidupan Setelah Mengerti Arti Al Alim

Mengetahui arti Al Alim tentu sangat wajib sekali bagi setiap orang islam karena mampu dijadikan sebagai sarana untuk introspeksi diri. Setelah mengerti artinya tersebut pun kehidupan yang dijalani harus lebih baik lagi karena segala sesuatu diawasi oleh Allah karena memiliki nama Al Alim. Berikut penerapan kehidupan yang seharusnya dilakukan setelah mengerti arti nama Allah yang telah dijelaskan:

1. Berbuat Jujur

Jujur merupakan perilaku yang sangat sulit sekali dilakukan karena bertentangan dengan akal dan batin manusia. Berbuat jujur seringnya membuat seseorang menjadi tidak untung sehingga lebih banyak melakukan kebohongan. Padahal jika berbohong dan diketahui oleh manusia lain akan membuatnya dijauhi dari lingkungan pertemanan sehingga tidak menguntungkan sekali.

Tak hanya itu saja, Allah juga mengetahui segala sesuatu yang ada pada hati manusia sehingga jujur atau tidaknya seseorang bisa diketahui dengan mudah. Hal tersebut membuat manusia terlihat buruk jika memang sengaja berbohong demi mendapatkan keuntungan tertentu. Teruslah berbuat baik meskipun harus berjuang dengan sangat keras.

2. Menolong Sesama

Menolong sesama, selain menguntungkan bagi orang lain juga menguntungkan bagi diri sendiri. Sebuah kepuasan pun akan didapatkan ketika bisa bermanfaat untuk orang lain. Tentu saja menolong tidak hanya dalam bentuk materi saja melainkan juga bisa dalam bentuk tenaga dan pikiran. Allah senantiasa mengetahui siapa saja hambaNya yang rajin menolong karena memiliki nama lain Al-Alim.

3. Tidak Berbuat Curang

Berbuat curang sangat dibenci oleh Allah dan juga merugikan bagi semua pihak. Orang yang berbuat curang dan apabila diketahui oleh orang lain tentu akan dikucilkan dari pergaulan. Perbuatan curang ini sering dilakukan oleh manusia tanpa disadari. Banyak yang melakukannya agar memperoleh kepuasan sendiri meskipun sebenarnya tidak dibenarkan. Orang yang berbuat curang akan mendapatkan balasan setimpal.

Itulah penjelasan mengenai Al Alim artinya dan arti nama Allah lainnya yang disertai dengan penerapan di dalam kehidupan. Ketahui juga arti dari 99 nama lain Allah yang wajib dihafalkan oleh setiap orang islam. Mengetahui nama tersebut pun bisa menambah ketaatan kepada sang pencipta sehingga tidak ada salahnya untuk mencari tahu artinya.