Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Adalah? Ini Jawabannya!

Olahraga seru yang cukup diminati oleh pecinta olahraga salah satunya bola voli. Bahkan olahraga ini menjadi olahraga wajib di berbagai tingkatan sekolah SD, SMP, SMA dan sederajat. Pengetahuan terkait jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah soal yang banyak muncul di kolom tugas Penjaskes.

Selain itu pertanyaan tentang teknik-teknik dasar dari permainan bola voli juga dipertanyakan. Adapun penjelasan terkait jumlah pemain dan teknik dasar menjadi pembahasan kali ini. Di bawah ini contoh soal terkait jumlah pemain bola voli:

Contoh soal: Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah…

Penjelasan dan Jawaban Mengenai Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu

Permainan bola voli disukai oleh banyak kalangan tentu saja karena permainannya yang mudah dimainkan. Olahraga seru ini dapat dilakukan di lapangan dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sebagai jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh secara beregu ternyata tidak ada batasan cadangan atau pergantian pemain di dalamnya.

Pada konsep permainannya ini membuat pelatihnya bisa menentukan secara bebas mau mengeluarkan atau memasukkan pemain. Tentu saja sesuai dengan strategi yang diterapkan untuk memaksimalkan permainan bola voli. Hal ini dikarenakan olahraga dengan konsep permainan bola voli ini dipilih sebagai jenis olahraga yang bisa dilombakan.

Masalah lapangannya, permainan bola voli ini membutuhkan lapangan dengan panjang 18 meter dan 9 m untuk lebarnya. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu pemainnya dibagi dua posisi yaitu enam pemain inti dan empat pemain cadangan. Jadi totalnya 10 orang pemain.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui total jumlah pemain bola voli dalam satu timnya, ada beberapa teknik dasar yang perlu diketahui juga. Khususnya yang sering mendapatkan soal-soal terkait permainan bola voli. Di bawah ini keterangan lengkapnya:

1. Service

Teknik yang perlu dikuasai pertama kali oleh pemain bola voli adalah teknik servis. Service ini merupakan pukulan awal atau gerakan yang menandakan bahwa permainan sudah dimulai. Teknik servis ini meliputi empat teknik, di antaranya ada servis mengapung, servis bawah, jumping servis dan hook service.

2. Passing

Teknik yang kedua ada teknik passing. Kerja dari teknik ini yaitu menerima, mengendalikan, mempertahankan bola yang dilambungkan dengan teknik servis oleh lawan. Macam-macam passing yaitu passing bawah dan passing atas.

3. Smash

Apabila bola melambung ke atas maka akan diambil dengan menggunakan teknik smash. Tentunya selain passing atas yang dapat memberikan umpan.

Teknik ini dipakai sebagai upaya untuk menyerang ke area lawan. Sebab dengan teknik ini pukulan bola akan cepat dan kencang. Makanya pemain yang melakukan teknik ini harus mempunyai kekuatan telapak tangan dan otot lengan yang kuat.

4. Blocking

Selanjutnya ada teknik blocking, Bagaimana namanya Teknik ini berguna menahan dan menghalangi bola dari serangan lawan. Biasanya teknik ini dilakukan oleh pemain yang postur tubuhnya tinggi. Jumlah pemain yang umum melakukan teknik ini yaitu 1 sampai 3 pemain.

Teknik ini dilakukan agar bisa menghalangi serangan lawan. Setelah ini bola akan memantul ke area atau tetap tertahan.

5. Set Up

Kunci memenangkan permainan bola voli adalah set up atau pengumpan. Pemain yang melakukan teknik ini disebut dengan senter. Tugasnya yaitu sebagaimana fungsinya adalah memberi umpan bola pada smasher dengan bagus.

Bagaimana sudah terjawabkan soal jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah ? Di mana terbagi ke dalam pemain inti dan cadangan yang totalnya 10 anggota. Selain itu beberapa teknik dasar yang perlu diketahui oleh pemain ada lima. Dimana penjelasannya sudah lengkap di atas.