Keragaman Adalah Keunggulan Indonesia, Kok Bisa? Simak Yuk Penjelasannya

Indonesia identik dengan banyaknya suku, adat, budaya, agama, serta perbedaan lain yang sangat kaya dan beragam. Terlebih lagi, penduduk Indonesia adalah salah satu pemilik jumlah terbesar dan terbanyak di seluruh dunia sebagai peringkat keempat. Oleh karena itu, jenis keragaman adalah hal yang mungkin dapat dengan mudah ditemukan dalam keseharian masyarakatnya.

Contoh soal: Keragaman adalah artinya adalah …. . A. banyak persamaan B. banyak perbedaan C. banyak pengetahuan D. banyak teman

Pengertian Keragaman

Ketika ditinjau dari segi bahasa dan tata tulisnya, keragaman berasal dari kata ragam yang berarti memiliki variasi atau bermacam-macam. Keragaman adalah suatu kondisi yang hadir antar orang dalam masyarakat yang memiliki perbedaan dalam suatu sisi. Secara sederhana, keragaman merujuk pada banyak perbedaan yang dimiliki dalam masyarakat sehingga memunculkan variasi.

Selain kata keragaman yang digunakan, beberapa orang juga biasanya menyebutkan ragam dengan berbagai bentuk imbuhan lainnya. Contohnya ada keragaman dan keanekaragaman yang memiliki asal kata yang serupa yaitu ragam dan punya arti yang sama juga. Pada suatu negara tersendiri, umumnya jenis keragaman meliputi berbagai macam bentuknya seperti ras, adat istiadat, budaya, dan sebagainya.

Mungkin ketika dilihat di Indonesia, bentuk keragaman meliputi agama, kepercayaan, dan nilai budaya pada suatu daerah atau keturunan. Sementara itu, pada negara lain memiliki bentuk keragaman yang dapat berbeda contohnya warna kulit dan ras. Konsep keragaman di Indonesia menjunjung penghormatan dan penerimaan antar anggota masyarakat untuk menjaga keserasian.

Contoh Keragaman Di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian dari keragaman, kini beralih mengetahui apa saja contoh-contoh keragaman yang ada di Indonesia secara lebih jelas. Sebelumnya juga telah disampaikan mengenai beberapa contoh keragaman seperti budaya, adat istiadat, kepercayaan, dan lainnya. Kali ini akan disampaikan mengenai contoh keragaman sebagai daya tarik Indonesia antara lain:

1. Keragaman Suku Daerah

Pertama adalah kebanggan yang dimiliki oleh Indonesia yaitu keragaman suku daerah yang tersebar di seluruh wilayah dan tentu berbeda. Setiap suku juga biasanya memiliki ciri identik tersendiri seperti ciri fisik dan kepemilikan nilai yang dipercaya sebagai perilaku. Contoh suku Jawa, Dayak, Asmat, Betawi, Sunda, Madura, Bugis, Batak, Bugis, Minangkabau, Aceh, dan sebagainya.

2. Perbedaan Agama dan Kepercayaan

Selain suku, keragaman juga hadir dan disahkan secara nasional meliputi enam agama yaitu Islam, Konghucu, Hindu, Buddha, Kristen, serta Katolik . Bahkan ada banyak tempat ibadah yang didirikan berdampingan satu sama lain yang menunjukkan kedamaian. Kemudian hari besar agama juga diperingati sebagai hari libur nasional sebagai bentuk penghormatan antar penganut di Indonesia.

Sementara itu, beberapa wilayah Indonesia juga masih kental akan kepercayaan tradisional yaitu animisme dan dinamisme. Setiap masyarakat juga dipersilahkan untuk melakukan nilai atau kegiatan tertentu berdasarkan kepercayaan tradisional yang dianut.

3. Keragaman Terkait Budaya

Penjelasan contoh keragaman, sebenarnya masih ada berbagai contoh lainnya namun perbedaan budaya akan menjadi yang terakhir. Terkait budaya memiliki bentuk sangat banyak, mulai dari yang berbentuk hingga warisan tidak berbeda. Contoh budaya yang berbeda sebagai keragaman adalah batik, gamelan, wayang, upacara adat Ngaben di Bali, kearifan lokal, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai keragaman yang ada di Indonesia dan mungkin digunakan sebagai rujukan untuk tugas. Perlu diketahui bahwa keragaman adalah ciri khas dan keunikan yang menonjol dari Indonesia, sehingga perlu bangga atas hal tersebut. Selain itu, keragaman yang ada di Indonesia juga dapat dikatakan damai dan tentram karena jarang berkonflik satu sama lain.