Nama Induk Organisasi Senam Indonesia Adalah Persani, Ini Sejarahnya!

Gymnastic alias senam ialah suatu latihan yang dikerjakan agar kondisi fisik meningkat setelah melatih tubuh. Banyak yang tahu bahwa nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani namun belum banyak yang tahu sejarah berdirinya. Baca artikel berikut untuk mengetahui sejarah dan kiprah dari Persani dalam perkembangan olahraga senam di Indonesia.

Senam bisa menggunakan alat ataupun tanpa alat. Yang dimaksud senam tanpa alat contohnya adalah senam lantai, yaitu senam yang dilakukan di sebuah matras tanpa memakai alat bantu lain. Contoh lain ialah senam irama. Senam dengan alat bisa berupa kuda-kuda, gelang-gelang sejajar serta palang tunggal maupun sejajar.

Pemrakarsa Berdirinya Persani

Suatu organisasi yang beranggotakan sekumpulan praktisi olahraga termasuk olah raga senam dari pelosok daerah di tanah air seperti pulau Jawa bagian timur, tengah dan barat, Sumatera Utara serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta telah menetapkan nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani. Boleh dikatakan organisasi itulah pemrakarsa berdirinya Organisasi Persani.

Sejarah Persani

Setelah tahu nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani, pecinta senam sebaiknya mengenal sejarah organisasi ini termasuk tujuan berdirinya.

1. Tanggal Berdiri

Dari catatan sejarah, pada era Demokrasi Terpimpin Indonesia mengadakan perhelatan olahraga tingkat dunia bernama Ganefo. Persani telah didirikan guna memeriahkan pesta olahraga Ganefo pertama kalinya pada 14 Juli tahun 1963.

Setelah Ganefo selesai Persani tidak berhenti melakukan upaya untuk mengembangkan olahraga senam dan berusaha agar cabang olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh ini secara resmi terdaftar olahraga dan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional 1969 di Kota Surabaya.

2. Kegiatan Pertama

Nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani. Apa kegiatannya setelah didirikan? Seperti telah diketahui di atas, Persani langsung berusaha mengikutkan tim senam RI dalam ajang Ganefo yang diselenggarakan di dalam rangka konferensi pertama negara Asia Afrika serta kemudian ajang Ganefo Asia.

Persani juga mendatangkan pelatih senam dari Tiongkok untuk melatih atlet senam Indonesia supaya tidak tertinggal dari negara lain. Tetapi hal ini tidak berlangsung lama. Ketika Gerakan 30 September 1965 terjadi, para pelatih senam Tiongkok harus pulang ke negaranya. Dengan adanya peristiwa ini Persani harus melakukan upaya lainnya.

3. Upaya Mengembangan Olah Raga Senam

Persani terutama berkonsentrasi di senam artistik dan senam irama. Organisasi Persani juga tidak pernah berhenti berusaha mengirimkan para atlet senam untuk berpartisipasi di berbagai pertandingan senam internasional. Pada 1967, Persani mengirim T.J. Purba ke Jerman Timur guna belajar di sekolah khusus untuk melatih senam artistik dalam waktu belajar 26 bulan agar Indonesia tidak tertinggal.

Upaya Persani memasyarakatkan senam menemui titik terang saat senam artistik mulai dipertandingkan pada PON ke-tujuh di Surabaya, dan seterusnya senam artistik selalu dipertandingkan dalam setiap kali PON diselenggarakan.

4. Tujuan Persani

Jika ditinjau dari latar belakang terbentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani, diketahui bahwa Persani ini memiliki tugas untuk memastikan para atlet dan pelatih senam Indonesia termasuk para pembina senam bisa mencapai puncak prestasinya, syukur-syukur bisa mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

Demikian kilas balik perjalanan nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persani dalam upaya-upayanya membuat olah raga senam Indonesia semakin merakyat dan meraih prestasi pada berbagai event olahraga internasional. Tentu dalam usianya yang sekarang Persani tidak boleh lengah dalam upaya terus memajukan olahraga senam Indonesia.  Semangat Persani tidak boleh kendor.