Apa yang Dimaksud Gerak Non Lokomotor? Ini Contohnya

Sebagai makhluk hidup, manusia setiap hari melakukan gerakan. Bahkan, manusia harus melakukan gerakan saat bekerja apalagi saat berolahraga. Ternyata gerakan bisa digolongkan menjadi tiga macam yaitu manipulatif, lokomotor dan juga non lokomotor . Gerakan manipulatif. itu gerak yang dilakukan orang dengan memakai alat untuk membantu seperti memukul. Lantas apa yang dimaksud gerak non lokomotor dan lokomotor?

Pertanyaan : Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerakan non lokomotor dan beri contohnya. Uraian akan tersedia di bawah:

Gerakan Lokomotor

Sebelum kita membahas apa yang dimaksud gerak non lokomotor lebih dahulu gerakan lokomotor akan dibahas dahulu. Ini gerak yang dikerjakan orang disertai dengan perpindahan tempat dari kedudukan asalnya pada tempat lain. Gerak lokomotor biasanya dikerjakan manusia saat berpindah tempat. Contohnya  ialah berjalan kaki, berlari pagi, lompat jauh, lompat tinggi serta berguling.

Gerak Non Lokomotor

Tanpa disadari orang pasti pernah melakukan gerak non lokomotor. Inilah gerak yang dikerjakan orang tanpa terjadi pindah tempat dari tempat asal ke tempat yang lain atau ada perpindahan tempat tapi hanya sedikit. Berikut akan dibahas contoh-contoh dari gerak non lokomotor:

 1. Membungkuk

Jika masih penasaran dengan apa yang dimaksud dengan gerakan non lokomotor, pelajari salah satu contohnya yaitu gerakan membungkuk. Terkadang manusia membungkukkan badannya tanpa disadari karena posisi semula melelahkan. Tetapi sering manusia membungkuk yaitu gerakan membuat punggung serta kepala turun sebagai sinyal sosial pada orang lain sebagai simbol penghormatan.

Tindakan membungkuk bisa diawali dengan berdiri tegak dengan tangan dan pandangan lurus di depan dan disusul oleh membungkukkan tubuh dan membiarkan tindakan ini selama sedikit waktu sebelum akhirnya kembali menegakkan badan.  Tidak ada perpindahan tempat dari orang saat melakukan gerak membungkuk ini.

2. Menoleh

Contoh gerak non lokomotor berikutnya ialah menoleh. Dalam satu hari manusia bisa menoleh beberapa kali tanpa harus berpindah empat. Menoleh bisa didefinisikan sebagai memutar muka ke arah kanan dan juga ke kiri. Bisa juga memutar leher pada arah depan serta belakang. Tindakan ini dilakukan tanpa ada perpindahan tempat.

3. Memutar Sendi Tangan

Untuk menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dengan gerakan non lokomotor, bisa diamati perputaran sendi tangan. Dengan melakukan gerakan ini orang bisa melatih sendi serta otot pada tangan dan mendatangkan banyak kegunaan termasuk kesehatan badan. Gerakan dengan memakai sendi tangan termasuk menulis, memegang benda-benda tertentu, menggerakkan pergelangan tangan.

Sendi-sendi yang dipakai bisa berupa sendi pelana dan sendi engsel. Disebut sendi engsel karena menghubungkan tulang dimana persambungannya seperti engsel dan membentuk lekukan dua arah

4. Mengayunkan Kaki dan Tangan

Gerak non lokomotor juga biasa dilakukan saat meregangkan otot saat berolahraga. Walaupun tangan dan kaki berayun gerak ayun yang melibatkan sendi serta otot ini dikerjakan saat badan dalam keadaan tetap atau statis. Gerakan non lokomotor ini ternyata memberi beberapa manfaat seperti melatih kecepatan, mengembangkan kesadaran, melatih ketepatan.

Ternyata gerak non lokomotor seperti ayunan tangan dan kaki saat senam, bila dikerjakan secara rutin akan melatih sendi dan otot jadi lebih kuat dan keseimbangan akan jadi baik. Karena ini gerakan non lokomotor walaupun tidak ada perpindahan tempat. ternyata juga ada gunanya.

Sekarang pertanyaan   apa yang dimaksud gerak non lokomotor sudah terjawab. Beberapa contoh juga telah dibahas yaitu ayunan tangan dan kaki saat peregangan atau senam, gerakan menoleh, gerakan sendi tangan dan gerak membungkuk. Walaupun tidak ada perpindahan tempat gerak itu masih dapat memberi manfaat.