Apa Yang Dimaksud Dengan Tempo? Ternyata Ini Jawaban Paling Tepat

Tempo merupakan istilah yang tidak aneh lagi didengar karena hampir semua orang pernah mendengarnya. Terlebih lagi bagi para penyanyi pasti sudah hafal sekali dengan istilah tempo. Seringkali muncul pertanyaan apa yang dimaksud dengan tempo? Menemukan jawaban tersebut pun mudah sekali apabila menyimak informasi yang disajikan berikut:

Soal : apa yang dimaksud dengan tempo

Jawaban Paling Tepat Dari Apa Itu Tempo

Tempo erat kaitannya dengan sebuah lagu. Lalu, apa yang dimaksud dengan tempo? Jawabannya adalah suatu hal yang berkaitan erat dengan kecepatan lagu. Apabila tempo lagunya tinggi menandakan bahwa lagu tersebut termasuk cepat, sedangkan yang tempo lagunya rendah berarti kebalikannya. Menghitung tempo ini bisa menggunakan detak per menit maupun ketukan.

Satuan hitung tempo biasanya menggunakan BPM atau merupakan kepanjangan dari beats per minute. Beda halnya dengan lagu yang bertemakan klasik karena tidak menggunakan satuan hitung melainkan tempo dengan satuan kata-kata dalam pengukurannya. Istilah yang dikenal pun bermacam-macam yaitu Adagio, Presto, dan lainnya.

Terdapat 3 jenis tempo yang wajib diketahui oleh semua penyanyi yaitu tempo yang sedang, cepat, dan juga lambat. Ketiga jenis tempo tersebut disesuaikan dengan lagu yang akan dibawakan oleh seorang penyanyi. Lagu yang musiknya lambat pasti tempo menyanyinya juga akan lambat. Biasanya tempo lambat tersebut dipakai pada lagu yang menyedihkan.

Contoh Lagu Dengan Tempo Cepat

Dewasa ini banyak sekali orang yang berhasil menciptakan sebuah lagu dengan menggunakan ketiga tempo tersebut. Seorang pencipta lagu telah mempertimbangkan dengan baik tempo lagunya sehingga menciptakan sebuah perpaduan yang harmonis. Berikut adalah contoh lagu yang sudah berhasil diciptakan dengan berbagai tempo cepat

1. Mr. Brighside by The Killers

Lagu ini diciptakan langsung oleh Brandon Flowers dengan menggunakan tempo lagu yang cepat. Tahun rilis dari lagu ini adalah tahun 2004 yang masuk ke dalam album Hot Fuss. Tempo cepat ini apabila dihitung dalam menit mencapai 148 BPM. Kecepatan dari lagu ini pun sudah bisa dilihat ketika awal seorang drummer memukul drumnya yaitu pada detik ke 22.

Tempo lagu yang cepat biasanya menandakan bahwa lagu tersebut begitu bersemangat dan mampu menaikkan mood untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi orang yang tidak terlalu suka dengan irama lagu yang cepat, maka bisa memilih lagu lain untuk diperdengarkan. Biasanya orang yang sedang galau akan lebih memilih lagu tempo lambat agar mewakili perasaannya.

2. Locked Out Of Heaven by Bruno Mars

Ketenaran Bruno Mars tentu tidak perlu diragukan lagi karena seluruh penjuru dunia mengenal penyanyi ini melalui lagu yang paling hits yaitu Marry You. Kali ini lagu yang akan dibahas adalah Locked Out Of Heaven yang memiliki tempo cepat. Lagu yang termasuk lawas ini resmi dirilis pada tahun 2012 sehingga memang sudah lama sekali. Namun, sampai sekarang lagunya tetap hits.

Kategori lagu yang cepat ini memiliki hitungan 146 BPM yang termasuk ke dalam kategori reggae rock. Lagunya pun dipengaruhi oleh jenis new wave yang sedang hits pada era tersebut. Tak heran jika lagu ini mampu menumbuhkan semangat bagi orang yang mendengarkannya dengan seksama. Penasaran dengan lagunya? Silahkan cari sekarang juga.

Itulah jawaban paling tepat untuk pertanyaan apa yang dimaksud dengan tempo. Informasi tambahan mengenai contoh lagu yang berirama cepat tersebut pun bisa membuat pembaca lebih mengerti macam-macam tempo lagu. Penting sekali memperhatikan tempo ketika bernyanyi agar selaras dengan musik yang digunakan dengan baik.