Eksplanatif Adalah? Yuk Baca dan Cari Tahu

Eksplanatif sering terdengar dalam dunia ilmu pendidikan sehingga mencari pengertiannya tidak sulit lagi. Umumnya, pengertian eksplanatif adalah sebuah penelitian yang membedakan sesuatu berdasarkan dari tujuannya. Supaya lebih jelas lagi dalam memperdalam ilmu mengenai eksplanatif, silahkan dapat menyimak informasi menarik yang disajikan berikut:

Jelaskan perbedaan penelitian eksploratif, deskriptif, dan eksplanatif?

Jawaban Agar Bisa Membedakan Ketiga Penelitian (Eksploratif, Deskriptif, Eksplanatif)

Dewasa ini terdapat 3 jenis penelitian yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Ketiganya memiliki peran penting dalam mendukung penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maupun pelajar. Penelitian Eksploratif digunakan untuk menyelidiki suatu masalah yang sebenarnya tidak didefinisikan secara jelas sehingga perlu kajian lebih mendalam. Pengungkapan data wajib digunakan dalam penelitian ini.

Deskriptif merupakan salah satu jenis penelitian yang paling sering dipilih oleh dosen maupun mahasiswa yang berada di suatu kampus. Pengertian dari penelitian deskriptif sendiri adalah suatu penelitian yang dapat menggambarkan fenomena yang sedang diteliti. Nantinya akan disajikan sebuah data atau diagram beserta penjelasannya yang masuk akal.

Berbeda dengan jenis penelitian yang telah disajikan di atas, eksplanatif adalah sebuah penelitian yang lebih fokus pada penjelasan mengenai hubungan antara dua fenomena atau variabel yang digunakan pada penelitian tersebut. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan pertanyaan mengapa secara lebih lengkap. Nantinya akan diketahui korelasi antar variabel ataupun fenomenanya.

Tips Memilih Jenis Penelitian Yang Tepat

Tentu saja menentukan salah satu dari ketiga jenis penelitian yang telah disajikan di atas tidaklah mudah. Banyak sekali pertimbangan dan tips yang harus diperhatikan untuk dalam menjatuhkan pilihan. Peneliti yang masih awam tidak perlu khawatir jika merasa kesulitan menentukan pilihannya karena berikut akan disajikan tips memilih jenis penelitian yang bisa dicoba:

1. Tentukan Sasarannya

Mulailah kebimbangan dalam menentukan jenis penelitian dengan apa sasaran yang akan dituju dari penelitiannya. Penting sekali untuk mempertimbangkan sesuatu yang akan diraih dari penelitiannya sehingga dapat menentukan jenis penelitian yang tepat. Perlu sekali bagi peneliti untuk menyadari informasi apa yang perlu dikumpulkan agar dapat mempersempit jenis penelitian.

2. Lihat Pokok Masalah Atau Fenomena

Pokok masalah yang akan diteliti juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk menentukan jenis penelitiannya. Apabila memang masalahnya tidak terlalu jelas didefinisikan sehingga membutuhkan kemampuan peneliti untuk mencari tahu lebih lanjut maka cocok sekali menggunakan eksploratif. Namun, apabila sudah jelas masalahnya, maka cukup dengan penelitian deskriptif saja untuk menjelaskan masalah tersebut.

Peneliti yang ingin menggunakan beberapa variabel di dalam penelitian tersebut serta mencari tahu hubungan antar variabelnya, maka dapat menggunakan penelitian eksplanatif. Tentu saja jenis penelitian ini lebih seru karena peneliti dituntut untuk mencari data lebih lanjut mengenai variabelnya serta mampu menarik hubungan dari variabel tersebut. Menarik sekali bukan?

3. Kelayakan Masalah

Apabila peneliti ingin menggunakan jenis penelitian deskriptif maka harus menggunakan masalah yang mengandung ilmiah sehingga layak untuk diangkat. Perlu dilakukan pengkajian secara mendalam apakah masalah tersebut bisa diangkat atau tidak. Masalah yang tidak jelas tentu bisa menyulitkan peneliti di tengah perjalanan sehingga faktor ini harus dihindari. Setelah memilih, silahkan kaji secara mendalam.

Informasi yang telah disajikan di atas cukup menjawab pertanyaan eksplanatif adalah dan pertanyaan mengenai jenis penelitian yang lain. melakukan penelitian memang sulit karena harus memperoleh data yang valid dan harus bisa menarik kesimpulan yang masuk akal dari penelitian tersebut. Namun, adanya ilmu baru yang akan didapat memberikan efek yang positif bagi peneliti.