Permainan Bulutangkis Berasal dari Negara Mana? Beginilah Penjelasannya

Permainan bulutangkis memang sudah banyak digemari oleh orang-orang yang menyukai bidang olahraga. Ditambah lagi, dengan adanya sejumlah atlet Indonesia dari cabang ini yang sangat memiliki banyak prestasi membanggakan. Lantas, permainan bulutangkis berasal dari negara mana sebenarnya? Dengan begitu, maka berikut adalah contoh soal beserta ulasan lebih jelasnya mengenai hal ini:

Contoh Soal: Permainan bulutangkis berasal dari negara….

Asal Mula Adanya Permainan Bulutangkis

Perlu diketahui bahwa permainan bulutangkis berasal dari negara Poona, India sejak zaman kuno hingga melewati sejumlah periode zamannya. Adapun tepatnya, yakni pada pertengahan abad ke-19 dan diperkenalkan oleh perwira militer dari negara Inggris. Lalu awalnya, orang memainkan bulutangkis ini dengan saling memukul shuttlecock menggunakan pemukul kayu yang masih sederhana.

Adapun permainan olahraga ini pun juga masih dilakukan oleh dua orang atau setara dengan satu lawan satu. Lalu, olahraga ini juga akan terdapat jaring pada tengah lapangannya sebagai pemisah areanya. Dengan begitu, maka para pemain tersebut pun harus memukul shuttlecock ke arah depan maupun belakang lawannya dan harus menyebrangi jaringnya.

Kemudian, sudah diketahui bahwa olahraga ini berasal dari Poona, sehingga permainannya diberi nama poonah pada masa itu. Ketika para tamu dari Duke of Beaufort datang berkunjung ke negara tersebut, orang India memperkenalkan olahraga ini juga. Namun, saat itu namanya sudah diganti menjadi badminton yang akhirnya bisa populer hingga kini.

Federasi dalam Permainan Bulutangkis

Setelah terkenal dengan nama badminton, akhirnya diadakan sebuah turnamen bulutangkis terbuka pertama yang diadakan di Guildford, Inggris. Kemudian, turnamen ini pun beranjak meningkat dan dinamai dengan kejuaraan All England pada tahun 1899. Lalu, seiring berjalannya waktu, dibuatlah sebuah federasi besar bernama IBF atau BWF dengan sembilan anggota dari beberapa negara.

Adapun negara yang ikut serta mendirikan federasi tersebut, ialah Inggris, Irlandia, Belanda, Denmark, Wales, Selandia Baru, Kanada, Prancis, dan Skotlandia.  Kemudian, negara asal dari permainan bulutangkis ini, yaitu India pun juga bisa bergabung sebagai afiliasi. Dengan adanya bantuan dari beberapa anggota tersebut, akhirnya tercipta turnamen IBF pertama, yakni Piala Thomas.

Adapun dalam Piala Thomas tersebut orang juga bisa menyebutnya dengan nama Kejuaraan Tim Pria Dunia. Lalu, dalam penyelenggaraan pertama kalinya, yakni pada tahun 1948 silam. Setelah itu, banyak diadakan turnamen bulutangkis tingkat dunia yang sangat seru dan populer.

Olimpiade Permainan Bulutangkis

Awal mulanya bulutangkis dicantumkan dalam olimpiade, yakni pada tahun 1972 melalui Olimpiade Munich. Setelahnya, bulutangkis ini menjadi cabang olahraga baru di Olimpiade yang diselenggarakan di Barcelona. Pada masa itu, adanya pemain nomor tunggal dan juga ganda pun mulai dikenal oleh banyak orang hingga saat ini.

Kemudian, akhirnya muncul juga pemain bulutangkis dari jenis ganda campuran yang terdiri dari seorang perempuan dan laki-laki. Kemudian, munculnya pemain ganda campuran tersebut mulai diperkenalkan di Olimpiade Atlanta pada 1996. Adapun dari olimpiade yang diselenggarakan, ada lima negara yang berhasil mendapatkan medali emas, yakni Indonesia, Denmark, Inggris, China, dan Korea.

Demikian ulasan yang bisa menjelaskan bahwa permainan bulutangkis berasal dari negara India dan lebih tepatnya di Poona. Kemudian, melalui informasi tersebut juga, para pecinta olahraga ini pun menjadi lebih tahu mengenai sejarah mulanya. Selain itu, ada pula penjelasan terkait federasi yang memiliki peran aktif dalam menaikkan kepopuleran dari bulutangkis ini.