Yaumul Baats Artinya Hari Kebangkitan, Ini Penjelasannya!

Percaya hari akhir atau hari kiamat akan terjadi adalah rukun iman di urutan keenam. Sebagai umat Muslim, sudah seharusnya mengimani bahwa hari akhir benar-benar ada dan akan terjadi. Hari akhir mencakup berbagai tahapan mulai dari Yaumul Ba’ats, Yaumul Hisab dan lain-lain. Yaumul Baats artinya hari dibangkitkannya seluruh makhluk. Penjelasan dari soal ini dapat disimak selengkapnya.

Contoh soal:

Yaumul Ba’ats artinya?

Yaumul Hasyr artinya?

Yaumul Mizan artinya?

Yaumul Hisab Artinya?

Yaumul Thalaq artinya?

Penjelasan Tentang Yaumul Ba’ats

Setelah terjadi kiamat yang luar biasa dahsyat, manusia akan mati dan dibangkitkan kembali untuk mempertanggungjawabkan segala yang dilakukannya selama hidup. Hari akhir akan dimulai dengan ditiupnya terompet malaikat Israfil yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Adapun tiupan kedua, akan membangkitkan seluruh makhluk hidup dari alam kubur atau alam barzakh.

Proses kehidupan baru di alam barzakh akan menentukan kemana manusia pergi, surga atau neraka. Tentunya, penentuan tersebut harus melewati berbagai tahapan terlebih dahulu. Hari kebangkitan ini disebut dengan Yaumul Ba’ats. Dengan demikian, Yaumul Baats artinya hari dibangkitkan umat manusia seluruhnya mulai dari manusia pertama hingga manusia terakhir.

Seluruh manusia akan Allah SWT bangkitkan pada Yaumul Ba’ats untuk diarahkan menuju tempat selanjutnya, yakni Padang Mahsyar. Kebenaran Yaumul Ba’ats telah Allah SWT tunjukkan dalam beberapa firman-Nya di antaranya surat Al Hajj ayat ke 7. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman bahwa kiamat pasti datang dan Allah akan membangkitkan seluruh manusia dari alam kubur.

Bagaimanapun kondisi manusia saat meninggal tidak menjadi pengecualian untuk Allah hidupkan kembali di alam barzakh. Baik yang meninggal karena kecelakaan, kematian, sebab kiamat kubra dan lainnya. Adapun jasad yang hilang dan tidak terkubur pun tidak akan lepas dari pandangan Allah untuk dibangkitkan kembali. Peristiwa inilah yang disebut dengan Yaumul Ba’ats atau hari kebangkitan.

Macam-Macam Nama dari Hari Akhir

Selain pada hari kebangkitan atau Yaumul Ba’ats, manusia akan terus menjalani proses panjang hingga ditentukan kemana tujuan akhir hidupnya. Setiap waktu atau hari dari proses tersebut memiliki nama. Hari akhir atau yaumul akhir dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Yaumul Mahsyar

Pada hari ini, Allah akan mengumpulkan seluruh makhluknya di Padang Mahsyar. Di tempat ini, Allah akan memperlihatkan seluruh amal kebaikan atau keburukan manusia selama hidupnya. Manusia akan menerima amalnya secara rinci baik itu yang baik atau yang buruk.

2. Yaumul Talaq

Manusia dapat bertemu dengan amalnya, bertemu manusia lain, bertemu penduduk langit dan bumi pada hari ini. Pada Yaumul Talaq juga, manusia dapat bertemu dengan Rabbnya. Yaumul Talaq disebut juga sebagai hari pertemuan dari seluruh pertemuan.

3. Yaumul Mizan

Amal yang telah diberikan di Padang Mahsyar tadi akan ditimbang pada hari penimbangan atau Yaumul Mizan. Pada hari ini, baik itu amal baik atau amal buruk akan ditimbang dan manusia akan menerima keadilan serta alasannya masing-masing.

4. Yaumul Hisab

Amal yang telah ditimbang akan dihitung pada hari perhitungan. Adapun hari perhitungan disebut juga dengan Yaumul Hisab. Sekecil apapun amal yang dilakukan, tidak akan terlewat dan akan masuk perhitungan. Pada hari ini manusia akan menerima balasan masing-masing dengan keadilan Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai hari akhir yang akan dilewati oleh seluruh manusia. Kesimpulannya, hari akhir memiliki banyak tahapan salah satunya Yaumul Ba’ats. Yaumul Baats artinya hari dibangkitkannya umat manusia. Muslim yang beriman kepada hari akhir tentu senantiasa berhati-hati dalam melakukan perbuatan. Hal ini karena seluruh perbuatan akan mendapatkan balasannya di hari akhir nanti.