Apa yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam? Berikut Penjelasannya!

Manusia adalah makhluk sosial yang juga bergantung kepada lingkungan alam. Dengan ketergantungan tersebut, manusia dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dan mampu memaksimalkan potensi alam tanpa merusaknya. Lantas, apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Adapun contoh soal dan jawaban mengenai lingkungan alam dijelaskan dalam uraian di bawah ini:

Contoh soal: Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam

Penjelasan Terkait Lingkungan Alam

Dalam tata bahasa Inggris, lingkungan adalah “Environment”. Maknanya yakni “The chemical, physical, biotic condition surrounding an organism” yang artinya kondisi kimia, fisik dan biotik di sekitar organisme. Secara umum, lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat pada luar individu. Hal ini menunjukkan lingkungan sebagai sistem yang kompleks dan dapat membuat satu sama lain terpengaruh.

Keadaan yang saling mempengaruhi ini menyebabkan lingkungan dapat berubah sesuai kondisinya dan selalu dinamis. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan lingkungan alam yakni suatu sistem yang memiliki makhluk hidup dan benda mati di dalamnya. Lingkungan menjadi sumber penghidupan bagi makhluk-makhluk hidup di dalamnya.

Golongan makhluk hidup diantaranya manusia, hewan dan tumbuhan. Sementara benda mati dapat berasal dari udara, air, tanah dan lain-lain. Makhluk hidup dan benda mati akan bergantung satu sama lain untuk memperoleh manfaat. Ketergantungan ini seharusnya membuat manusia dapat menjaga lingkungan alam dengan baik dan tidak mengeksploitasinya secara berlebihan.

Dengan pengelolaan yang benar, manusia sebagai makhluk yang bergantung pada alam dapat menerima manfaat secara terus-menerus. Walaupun tanah, air dan udara merupakan komponen lingkungan alam yang tidak terbatas, eksploitasi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang merugikan. Interaksi positif antara makhluk hidup dan benda mati akan menjaga lingkungan alam tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Interaksi yang Terjadi dalam Lingkungan Alam

Keterkaitan antara makhluk hidup dan benda mati membuat kedua golongan tersebut memiliki interaksi. Ada berbagai interaksi sederhana dalam lingkungan alam yang terjadi di sekitar. Interaksi-interaksi tersebut memiliki tujuan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Berbagai contoh terkait interaksi lingkungan alam adalah:

1. Kucing Mengubur Fesesnya

Kucing sebagai makhluk hidup memerlukan tanah untuk menguburkan fesesnya. Meski terdapat media lain, tanah menjadi media paling umum yang digunakan kucing. Interaksi antara kucing dan tanah ini menunjukkan insting alami kucing untuk menyembunyikan jejaknya dan mempertahankan diri dari serangan.

2. Manusia Mencari Ikan di Perairan

Untuk mempertahankan hidupnya, manusia memerlukan makan dan minum. Salah satu sumber lingkungan yang dapat menghasilkan makanan adalah laut atau perairan. Di sana, manusia dapat mengambil sumber daya alam berupa ikan. Ketergantungan manusia terhadap laut sendiri sangatlah tinggi.

3. Tumbuhan dan Air yang Menyuburkan Tanah

Dalam suatu lingkungan yang tanahnya subur, tentu akan banyak tumbuh-tumbuhan hijau. Hal tersebut dikarenakan terdapat cadangan air yang banyak di dalam tanah. Tanaman akan membantu tahan menyimpan dan menahan air dengan baik. Dengan demikian, terciptalah interaksi lingkungan alam antara tanah, air dan tumbuhan.

4. Manusia Membuat Hujan Buatan

Saat kemarau, manusia bisa mendapatkan pasokan air dengan membuat hujan buatan. Terjadinya hujan yang dibuat manusia berasal dari interaksi antara manusia dengan awan dimana zat-zat kimia ditaburkan di awan. Berkat perpaduan interaksi ini, air akan turun dari hasil hujan buatan.

Demikian contoh soal apa yang dimaksud dengan lingkungan alam serta penjelasan lengkapnya. Mengetahui komponen yang ada pada lingkungan alam dan interaksinya dapat membuat manusia lebih memaksimalkan potensi alam untuk bertahan hidup. Dari hubungan antara makhluk hidup dan benda mati pada lingkungan alam juga, keseimbangan alam dapat terus terjaga.