Klasifikasi Bunyi Diantaranya Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tertentu Disebut Nada

Hampir semua orang setiap saat pendengarannya disuguhi dengan berbagai macam bunyi benda-benda yang ada di sekitarnya. Bunyi sendiri merupakan suara rambatan gelombang longitudinal yang terdengar sebagai akibat dari adanya benda yang saling bergesekan atau bertumbukan. Ada tiga pengklasifikasian bunyi untuk membedakan jenis bunyi yang keluar dari sumber bunyi, salah satunya yaitu bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut dengan nada. Dibawah ini merupakan contoh soal yang membahas mengenai bunyi serta penjelasan lengkapnya.

Pertanyaan: Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut?

Berikut Ini Jawaban Serta Penjelasan Lengkapnya

Bunyi yang keluar dari sumber bunyi yang memiliki frekuensi tertentu dan mengeluarkan suara yang beraturan dapat disebut dengan nada. Sebelum membahas lebih lanjut tentang nada, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai apa itu bunyi.

Pengertian Bunyi

Menurut ilmu fisika merupakan sebuah energi yang timbul dari gesekan atau tumbukan antara dua benda atau lebih yang kemudian dirambat kan melalui zat yang dapat menghantarkan bunyi sehingga dapat terdengar oleh indera pendengar. Adanya bunyi disebabkan oleh:

  • Adanya sumber bunyi yang berasal dari gesekan atau tumbukan antara dua benda atau lebih.
  • Adanya zat gas, cairan atau padat yang dapat merambatkan bunyi.
  • Adanya kepekaan indera pendengar terhadap bunyi.

Jenis Bunyi

Dalam kehidupan bunyi dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Jenis bunyi ini dibedakan berdasarkan kuat dan lemahnya frekuensi yang dihasilkan dari sumber bunyi. Berikut ini jenis bunyi berdasarkan frekuensinya:

1. Infrasonik

Merupakan jenis bunyi yang memiliki frekuensi sangat lemah atau kecil. Getaran yang dihasilkan dari jenis bunyi ini hanya 20 Hz per detik sehingga tidak dapat didengarkan oleh telinga manusia tanpa alat bantu dengar.

2. Audiosonik

Yang satu ini merupakan jenis bunyi yang dapat menghasilkan getaran sekitar 20 hingga 20.000 Hz per detik. Untuk bunyi jenis ini dapat didengar oleh telinga manusia tanpa menggunakan alat bantu apapun.

3. Ultrasonik

Jenis bunyi yang memiliki getaran yang sangat kuat yakni dapat mencapai lebih dari 20.000 Hz per detik. Saking tingginya bunyi ultrasonik ini tidak dapat didengar oleh pendengaran manusia, hanya hewan tertentu yang dapat mendengarnya seperti lumba-lumba.

Klasifikasi Bunyi

Bunyi sendiri dapat diklasifikasikan menjadi tiga. Pengklasifikasian ini berdasarkan beraturan atau tidaknya frekuensi yang dihasilkan dari sumber bunyi. Berikut ini klasifikasi nya:

1. Nada

Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut sebagai nada. Artinya yaitu bunyi yang memiliki jumlah getaran yang sama di setiap selang waktu yang sama. Contoh nada dalam kehidupan sehari-hari yaitu bunyi yang dihasilkan dari alat musik seperti gitar, seruling, piano, dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam dunia musik, tinggi rendahnya nada itu tergantung pada frekuensi bunyi yang dihasilkan. Jika bunyi menghasilkan frekuensi yang rendah maka nada yang dihasilkan juga rendah. Namun sebaliknya, jika bunyi menghasilkan frekuensi yang tinggi maka akan menghasilkan nada yang tinggi juga. Berikut ini merupakan perbandingan frekuensi nada:

Not Nada Dasar Perbandingan Frekuensi
Re D 27
Mi E 30
Fa F 32
Sol G 36
La A 40
Si B 45
Do Tinggi C’ 48

2. Desah

Bunyi yang mempunyai frekuensi tak beraturan disebut sebagai dengan desah. Biasanya bunyi desah ini tidak dapat didengarkan dengan jelas. Contoh dari bunyi desah ini yaitu bunyi gemuruh ombak, bunyi gemerisik dedaunan yang tertiup angin, serta bunyi yang berasal dari kerumunan orang.

3. Dentum

Dentum merupakan bunyi yang memiliki frekuensi yang sangat tinggi. Saking tingginya suara dentuman dapat mengakibatkan telinga berdenging. Contoh suara dentuman yaitu seperti suara ledakan bom, suara petasan, serta suara ledakan meriam.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bunyi. Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa bunyi memiliki beberapa jenis dan klasifikasi. Bunyi diklasifikasikan menjadi tiga yaitu nada, desah dan dentum. Adapun bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu disebut dengan nada. Sehingga jawaban dari pertanyaan diatas yaitu nada. Semoga jawabannya membantu…