Start Yang Digunakan Dalam Perlombaan Jalan Cepat Adalah Horizontal

Dalam pelajaran penjaskes akan siswa akan menemui banyak sekali nama dari bidang olahraga salah satunya yakni jalan cepat. Olahraga ini tidak seperti lari cepat bahkan start yang digunakan pun berbeda. Sebab start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah berdiri. Berikut uraian beserta contoh soalnya.

Contoh Soal: Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat, yaitu

Begini Jawaban Dan Penjelasannya

Secara sederhana sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut adalah start yang digunakan pada olahraga ini adalah start berdiri. Tentu memiliki alasan tersendiri hingga titik ideal dalam sebuah permainan. Hingga tidak menggunakan jenis start yang lainnya seperti jongkok atau melayang.

Pengertian dari jalan cepat sendiri merupakan gerakan langkah kaki yang maju dan dilakukan secara terus-menerus. Sehingga dari pergerakan terus menerus tersebut kontak antara kaki dan juga tanah menjadi seimbang dan tetap terpelihara. Jadi saat bergerak maju kaki satu sebelum melangkah lagi masih memijak tanah.

Mengenai hak gerakan langkah jalan tersebut hingga tidak ada gerakan melayang di mana kaki tidak menempel tanah sekalipun. Jika hal ini dilakukan maka pemain akan dianggap melanggar peraturan dari permainannya tersebut. Sebab aturan dari permainan ini adalah kaki tetap berpijak pada tanah.

Syarat lain dalam cabang olahraga ini adalah kaki sebagai penyangga harus tegak lurus tidak bengkok pada bagian lutut. Jadi saat menginjakkan kaki ke tanah posisi jari kaki menghadap ke depan bukan serong atau sebagainya. Teknik start dalam permainan ini juga perlu dipelajari agar tidak salah langkah.

Teknik Start Yang Perlu Dipelajari Dan Dikuasai

Sesudah mengetahui start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah berdiri maka harus tahu juga bagaimana tekniknya. Pada cabang olahraga ini juga memerlukan ketangkasan atau kepiawaian dalam teknik start berdiri tersebut. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, bisa langsung baca dan simak ulasannya di bawah berikut.

1. Teknik Dasar

Beberapa teknik yang harus dikuasai oleh peserta dalam permainan olahraga yang satu ini yang pertama adalah teknik dasar atau teknik awal. Teknik awal tersebut adalah berdiri sebab start pada olahraga cabang ini adalah berdiri. Jadi peserta diharapkan berdiri tepat di belakang garis start.

Untuk posisi kaki ini layaknya seperti orang yang sedang mengambil ancang-ancang. Jadi antara posisi kaki depan juga belakang sedikit bengkok. Kemudian tangan diluruskan pada samping badan yang diposisikan sedikit condong ke depan.

2. Teknik Berjalan

Pada urutan kedua adalah teknik berjalan yang juga harus dikuasai oleh para peserta atau pemain. Saat berjalan kaki tetap menapak pada tanah jadi ketika satu kaki sedang diangkat maka kaki satu lagi tetap harus berpijak. Saat berjalan posisi tubuh ditegakkan dan ikut bergerak mengikuti alunan kaki, tangan digerakkan seirama sebagai penyeimbang.

3. Teknik Sampai Finish Atau Kembali Ke Start

Setiap perlombaan yang mendapat gelar pemenang adalah yang pertama kali memasuki atau melewati garis finis. Jadi teknik untuk mencapai finish adalah dengan menerapkan teknik awal dan teknik berjalan tadi. Kecepatan peserta dan kelihaian dalam menguasai teknik juga sangat dibutuhkan agar bisa melewati garis finis tersebut terlebih dahulu dibandingkan lainnya.

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah horizontal. Juga beberapa teknik yang harus dikuasai oleh para pesertanya. Jadi ketika ingin memenangkan perlombaan yang satu ini tentu harus paham dengan teknik-tekniknya. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan berupa kaki yang melayang dan sebagai yang bisa dianggap sebagai bentuk pelanggaran.