Interval Nada Adalah Jarak Antara Nada Satu Dengan Nada Lainnya

Dalam pelajaran kesenian atau lebih tepatnya dalam pelajaran kesenian musik pasti siswa akan menemukan yang namanya interval nada. Perlu siswa ketahui Interval nada adalah jarak yang membedakan antara nada satu dan nada lain. Di bawah ini akan ada contoh soal dan penjelasan lebih detailnya lagi, mari simak rangkaian uraian berikut di bawah.

Contoh Soal: Interval nada adalah?

Jawaban Serta Penjelasan Detailnya

Secara sederhana interval merupakan sebuah jarak frekuensi yang membedakan antara satu nada dengan nada yang lainnya. Jarak ini bisa berupa jarak nada ke atas dan bisa juga berupa jarak nada ke bawah. Mudahnya seperti pada nada mi ke nada fa sudah begitu terlihat jarak antar nadanya.

Interval nada ini memiliki jarak masing-masing antara Jarak naik dan juga jarak turun di tiap nadanya. Selain jarak yang berbeda namanya pun juga tak sama dan memiliki jenisnya sendiri-sendiri. Para mula dalam kesenian musik tentu harus memperhatikan atau mempelajari tentang interval nada ini.

Fungsi dari interval nada sendiri beragam dan memang sangat diperlukan bagi pemusik pemula maupun yang sudah mahir sekalipun. Di antara lain fungsi dari interval nada adalah untuk memudahkan seorang penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Juga agar nada atau lagu tetap beraturan saat dinyanyikan secara serentak.

Agar nada dalam satu nyanyian tidak melenceng juga menjadi salah satu fungsi internal nada tersebut. Jadi dengan interval nada ini membuat penyanyi juga mengerti pengaturan nada yang harus dimainkan. Jarak-jarak antara nada satu dengan yang lain tersebut yang nantinya akan membuat sebuah lagu menjadi lebih teratur dan merdu didengarkan.

Jenis-jenis Yang Dimiliki Interval Nada

Sudah dikatakan juga bahwa setiap nada memiliki jaraknya nadaya sendiri-sendiri begitu dengan nama atau jenis dari interval tersebut. Interval sendiri memiliki berbagai jenis, banyaknya jenis tersebut sekitar 8 macam. Untuk lebih jelasnya tentang macam-macam tersebut simak ulasan berikut:

1. Prime

Jenis interval nada yang pertama adalah prime. Prime ini merupakan suatu jarak nada dengan jarak nada yang lain namun dengan ketepatan tinggi rendahnya atau pitch yang sama. Contoh penggunaan dari interval nada primer ini seperti jarak nada c ke jarak nada c lagi.

2. Second

Pada urutan kedua mengenai jenis jarak nada yaitu jarak nada second. Jika sebelumnya merupakan sebuah jarak nada namun dengan pitch yang sama maka kali ini berbeda. Second merupakan sebuah jarak nada satu ke jarak nada yang tingkat pitchnya berada satu tingkat tepat di atasnya.

3. Terts

Jenis interval yang satu ini memiliki dua jenis, kedua jenis tersebut yakni terts besar dan juga terts kecil. Jika nada terts yang besar maka jarak nadanya antara nada satu ke nada yang ketiga seperti antara C dan E. Sedangkan untuk terts yang kecil maka jaraknya antara nada c ke nada Eb.

4. Kuart

Keempat adalah interval nada jenis kuart, untuk jenis ini adalah jarak antara nada pertama ke nada keempat. Tak hanya itu saja jenis dari interval nada ini masih ada empat lagi, antara lain Kwint, Sekt, Septim dan Oktaf. Tiap urutan nadanya jarak merupakan bentuk dari jarak nada yang digunakan.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai interval nada adalah jarak nada yang membedakan antara jarak satu dengan yang lainnya. Di atas juga sudah disebutkan beberapa jenis interval nada yang bisa siswa ketahui. Kesimpulannya interval nada merupakan satu dari sekian banyak komponen yang terdapat pada musik.