Macam Macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Antara Lain

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang menggunakan shuttlecock dan raket. Merupakan olahraga yang masuk dalam pertandingan internasional dan digemari oleh banyak orang.  Di dalam olahraga ini ada macam macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain ada 8 jenis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh soal dan penjelasan lebih lengkap mengenai macam macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain 

Contoh Soal : Jenis jenis pukulan dalam bulu tangkis

Jawaban dan Penjelasan Jenis Pukulan Bulu Tangkis

Salah satu unsur utama dalam bulu tangkis adalah pukulan, ini merupakan unsur penting dan mutlak yang wajib dikuasai oleh para pemain. Ada macam macam pukulan pada bulu tangkis antara lain ada 8 jenis.

Jadi tidak asal memukul shuttlecock melainkan juga ada teknik pukulannya agar menghasilkan permainan yang bagus. Perlu teknik yang benar dan tepat untuk meletakkan shuttlecock di daerah lawan agar poin bisa tercipta.

Teknik pukulan yang berbeda dalam bulu tangkis juga punya kegunaan tak sama. Sejumlah jenis pukulan ada yang tergolong pukulan kuat dan ada yang merupakan pukulan pelan. Semua tergantung jenis pukulan dan trik yang digunakan.

Ada begitu banyak macam pukulan pada bulu tangkis, semuanya diperlukan dan digunakan dalam pertandingan. Adapun macam macam dari pukulan pada bulu tangkis adalah sebagai di bawah ini.

Macam Macam Pukulan Bulu Tangkis

Macam macam pukulan pada bulu tangkis memang wajib dikuasai oleh pemainnya, teknik ini memegang peranan penting agar dapat menguasai permainan dengan lebih baik. Berbagai macam  pukulan pada bulu tangkis akan dijelaskan berikut.

1.  Pukulan Service

Bertujuan untuk memulai permainan, pukulan servis diperuntukan mengarahkan shuttlecock ke arah daerah lawan. Pukulan diarahkan secara diagonal dan lurus hingga masuk ke area lawan, terdiri dari servis pendek, servis panjang, servis cambuk dan service mendatar.

2.  Pukulan Lob

Sejenis pukulan yang tinggi melambung ke atas dan shuttlecock nantinya jatuh menukik ke area bawah lawan. Pukulan ini merupakan pukulan penting yang digunakan untuk menyerang, bisa dilakukan dengan dua titik yaitu underhand lob dan overhead lob.

3.  Pukulan Drive

Pukulan yang dilakukan secara mendatar dan cepat sehingga susah dibalikkan oleh lawan. Umumnya diarahkan ke sisi kanan atau kiri lawan, serta dilakukan pada permainan ganda. Ada dua tipe pukulan drive yaitu drive forehand dan drive backhand.

4.  Drop Shot

Dilakukan dengan menempatkan shuttlecock sedekat mungkin di net area main lawan. Memerlukan keterampilan dan upaya agar shuttlecock jatuh secara tajam ke bawah. Pukulan jenis ini dapat dikerjakan dari atas atau bawah dan menggunakan raket.

5.  Smash

Pukulan cepat dan keras yang dilakukan oleh pemain untuk menyerang, biasanya shuttlecock akan jatuh menukik ke daerah lawan dengan cepat. Ada beberapa jenis pukulan smash yaitu smash potong, smash penuh, around the head smash, backhand smash dan return smash.

6.  Forehand

Teknik pukulan ini dilakukan dengan mengarahkan bola ke titik terjauh dari garis area lawan. Mengandalkan pukulan kencang dari area belakang yang dinamakan dengan clear shot. Pukulan forehand dilakukan untuk memperoleh kesempatan membangun strategi.

7.  Backhand

Merupakan jenis teknik pukulan yang sulit untuk dilakukan, karena butuh koordinasi yang cepat antara lengan, bahu dan langkah kaki. Tubuh bagian atas harus diputar dan tangan berada di posisi terdekat dengan bahu.

8.  Netting

Bertujuan untuk meletakkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net di area lawan agar susah dikembalikan oleh lawan. Pukulan ini dilakukan untuk mengelabui lawan agar tak bisa mengembalikan shuttlecock.

Itulah daftar dari macam macam pukulan dalam permainan bulu tangkis antara lain ada 8 jenis, yaitu pukulan servis, pukulan lob, pukulan drive, drop shot, smash, forehand, backhand dan netting. Semuanya harus dikuasai oleh pemain agar menciptakan permainan yang hebat.