Tujuan Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang Adalah, Ini Penjelasannya

Pada tahap awal untuk belajar berenang, seseorang harus melakukan pengenalan air terlebih dahulu. Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah untuk dapat membentuk dasar dari sikap, kemampuan, serta keterampilan untuk berenang. Utamanya dalam pengenalan air ini adalah untuk dapat mengapung dan meluncur pada permukaan air. 

Soal : Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah 

Tujuan Pengenalan Air Di Awal Pelajaran Olahraga Renang

Setiap orang belajar berenang, pastinya orang tidak bisa langsung menyelam dan melakukan gerakan renang. Apalagi, untuk manusia yang terbiasa di darat perlu waktu untuk membiasakan dengan situasi di dalam air. Hal inilah yang menjadi latar belakang mengapa pengenalan air pada awal pelajaran berenang perlu dilakukan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah untuk membentuk sikap dasar dari orang yang belajar berenang itu sendiri. Sikap dasar ini sangat diperlukan untuk seseorang yang ingin belajar berenang. Bagi orang yang ingin bisa berenang, tentu saja tidak boleh takut dengan air.

Orang yang bisa berenang harus tahu bagaimana cara bersikap di dalam air dan menggerakan tubuh di dalam air. Hal yang menjadi kemampuan paling dasar dalam berenang adalah mengapung dan meluncur di permukaan air.

Untuk melakukan kedua hal itu, para perenang tidak boleh merasa takut tenggelam dan percaya bahwa tubuhnya bisa mengapung di permukaan air. Untuk membentuk perasaan ini, para perenang yang sedang belajar harus mengenal air dan tidak takut pada air.

Manfaat Pengenalan Air Pada Tahap Awal Berenang  

Ternyata tujuan dari pengenalan air pada tahap awal berenang ini bukan hanya sekedar agar para perenang bisa mengapung dan meluncur di kolam saja. Latihan pengenalan air ini memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat-manfaat ini mungkin tidak pernah diduga sebelumnya, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Meningkatkan Keberanian

Beradaptasi dengan situasi di air membutuhkan keberanian yang besar. Para perenang harus bisa mengatasi rasa takut akan tenggelam di dalam air dan sebagainya. Karena itu, Latihan pengenalan air bisa menjadi latihan untuk meningkatkan keberanian. Jadi, para perenang memiliki keyakinan untuk mencoba hal yang baru dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Membentuk Kepercayaan Diri

Jika keberanian sudah terbentuk dan para perenang bisa mengatasi masalah di dalam air. Maka hal ini akan membentuk kepercayaan diri di dalam diri perenang. Tentu saja, sikap percaya diri adalah sikap yang sangat baik.

Kepercayaan diri juga sangat dibutuhkan dalam olahraga renang. Untuk mencapai garis finish, para atlet renang harus percaya pada diri dan kemampuan mereka sendiri bahwa mereka bisa mencapai garis finish. Untuk pemula, harus ada keyakinan bahwa diri sendiri bisa menaklukan tantangan yang ada di bawah air.

3. Memberikan Motivasi agar Lebih Semangat dalam Belajar Berenang

Manfaat program pengenalan air dalam olahraga renang selanjutnya adalah membangkitkan motivasi pada para perenang untuk lebih semangat lagi dalam belajar berenang. Belajar berenang bukanlah hal yang mudah. Prosesnya bahkan bisa memakan waktu yang panjang agar bisa menjadi mahir.

Karena itu, tidak jarang di tengah jalan banyak orang yang menyerah. Bahkan, merasa tidak semangat dan tidak percaya diri bahwa diri sendiri bisa berenang. Karena itu, program pengenalan air perlu dilakukan. Hal ini agar para perenang memiliki motivasi yang kuat untuk terus belajar berenang sampai mahir.

Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan program ini, para pemula memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan air. Selain itu, pengenalan dengan air juga memberikan banyak manfaat yang lain.