Lagu Soleram Berasal Dari Daerah Mana? Ini Penjelasannya!

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya budaya, adat istiadat maupun bahasa. Dan setiap daerah dan suku yang ada di Indonesia mempunyai musik khas daerah masing-masing. Lagu daerah merupakan suatu musik yang datang dari daerah tertentu lalu menjadi terkenal dan dilagukan dengan baik oleh rakyat daerah maupun rakyat yang lain. salah satunya lagu soleram berasal dari daerah mana? Berikut penjelasannya:

Contoh Soal : Lagu Soleram berasal dari daerah

Inilah Penjelasan Asal Lagu soleram

Soleram adalah lagu daerah atau tradisional dari riau yang menggambarkan tentang perasaan dan persahabatan. Lagu tersebut biasanya dinyanyikan untuk penghantar tidur yang berisi pesan yang ingin disampaikan oleh orang tua kepada anaknya saat akan tidur. Isi lagu soleram cukup pendek, mengayun, merdu, dan mudah diingat. Iramanya yang anggun dan damai membuat pendengar merasa nyaman dan cepat tidur.

Selain itu, Soleram juga mempunyai lirik yang mendidik anak-anak untuk selalu menyambung tali silaturahmi dan menghindari perpecahan antar kelompok. Lagu soleram dipopulerkan oleh D’Lloyd. Lagu soleram termasuk lagu folklore Indonesia, yang artinya folk yaitu rakyat dan lore berarti adat. Folklor menurut Kamus Besar  Bahasa Indonesia merupakan adat istiadat dan cerita rakyat yang tidak ada bukunya.

Umumnya lagu rakyat mengandung makna atau pesan tertentu, seperti halnya lagu soleram berasal dari daerah provinsi Riau. Pengarang musik soleram yaitu Muhammad Arief. Makna dari lagu soleram tentang menjaga adat, budaya serta sangat pentingnya kesatuan. 

Selain lagu soleram, ternyata banyak kebudayaan dari provinsi Riau. Kebudayaan dari  Provinsi Riau yang sedang tinggal di pulau sumatera, seperti rumah adat atau balairung, baju adat, tarian budaya, alat tradisional, maupun suku bahasa.

Penjabaran Kebudayaan Dari Provinsi Riau

Provinsi Riau sendiri mempunyai beragam jenis kebudayaan. Berikut penjabaran kebudayaan yang ada di Provinsi Riau:

1. Rumah Adat atau Balairung

Kebudayaan dari Provinsi Riau yaitu Rumah adat yang bernama Selaso Jatuh Kembar. Rumah tersebut  salah satu tempat penginapan aki, penyelenggara adat. Bagian rumah memiliki bagian sangat besar yang digunakan untuk tempat tidur, ruang santai dan  ruang dapur.

2. Baju Adat

Salah satu kebudayaan adat dari Riau yaitu Baju adat. Kaum pria menggunakan baju adat dari riau dengan model tutup kepala, baju bermodelan teluk belangka dengan menggunakan tekstil yang berbelit di tengah postur tubuh dan memakai celana panjang.

3. Tarian Budaya Riau

Kebudayaan dari Provinsi Riau yaitu tarian budaya Riau. Yang mana terdapat Beragama varian tarian dari Riau yaitu tari tandak yang artinya tari dari perbauran yang sangat diminati di daerah Riau. Tari Joged Lambak merupakan salah satu tarian perbauran remaja yang sangat terkenal dan banyak diminati.

Adapun tari Zapin yaitu arti  etika, budi pekerti, sikap dan kehormatan yang menyenangi orang lain. Tari zapin menyimpan arti  penutup dari tayangan yang ditampilkan. Selain itu ada tari makan sirih merupakan tarian yang digunakan untuk menyambut acara khusus. Tarian tersebut menggambarkan bahwa orang riau sangat menghormati persaudaraan ataupun keluarga.

4. Senjata Tradisional

Selain ketiga kebudayaan yang dipaparkan, kebudayaan dari riau yaitu senjata tradisional yang disebut dengan pedang jenawi. Umumnya pedang tersebut digunakan oleh panglima perang atau senapati, sedangkan prajuritnya menggunakan senjata lain atau tombak.

Namun disisi lain provinsi Riau juga mempunyai beberapa suku yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya suku melayu, anak dalam, sakai, bonai, laut dan hutan. Sedangkan bahasa melayu dengan bermacam logat masing-masing daerah.

Itulah merupakan pemaparan lagu soleram berasal dari daerah mana serta uraian kebudayaan yang terdapat di Provinsi Riau.  Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa lagu soleram memiliki makna yang sangat  penting tentang budaya maupun persaudaran.