Induk Organisasi Renang Indonesia Adalah? Ini Jawabannya

Organisasi merupakan tempat berkumpulnya orang banyak yang memiliki tujuan yang sama dengan struktur yang jelas. Induk organisasi renang Indonesia adalah wadah mengembangkan dan mengkoordinasikan olahraga renang di Indonesia. Organisasi ini bernama Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Bukan hanya renang, PRSI juga menaungi cabang lomba akuatik lainnya yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Contoh soal: Apa induk organisasi renang?

Penjelasan Induk Organisasi Renang dan Perkembangannya di Indonesia

Induk organisasi renang Indonesia adalah PRSI yang berdirinya diawali dengan sejarah panjang pada masa penjajahan Belanda hingga Jepang. Beberapa sekolah pada zaman itu memiliki perenang-perenang yang akhirnya berhimpun menjadi perkumpulan. Berawal dari perkumpulan sekolah ini, mulai berkembang perkumpulan-perkumpulan daerah hingga nasional. Berikut penjelasannya:

1. Berdiri Organisasi Kedaerahan

Perkembangan induk organisasi renang Indonesia adalah diawali pada berdirinya organisasi-organisasi renang tingkat daerah. Bandung Zwembond merupakan salah satu organisasi daerah yang pertama berdiri pada tahun 1917. Organisasi tersebut menaungi tujuh perkumpulan kecil lainnya di Bandung. Pada tahun yang sama, daerah Surabaya dan Jakarta juga turut mendirikan organisasi renang tingkat daerahnya.

Berawal dari perkumpulan-perkumpulan perkotaan ini, organisasi renang terus berkembang dan meluas. Pada tahun 1918, akhirnya berdirilah organisasi tingkat provinsi yaitu Perserikatan Berenang Jawa Barat. Lalu pada 1927, disusul berdirinya Perserikatan Berenang Jawa Timur. Berdirinya organisasi-organisasi ini memicu diadakannya perlombaan-perlombaan antar daerah sehingga perlombaan renang ini mulai dikenal oleh masyarakat.

2. Berkembang Organisasi Nasional di Masa Penjajahan

Hingga pada tahun 1940, berdirilah Nederlands Indische Zwembond yaitu organisasi renang tingkat nasional pada masa itu. Organisasi ini memiliki anggota sekitar 1200 perenang dari seluruh Indonesia. Minat masyarakat akan renang semakin meninggi ketika masyarakat umum diberi akses ke kolam renang oleh Jepang.

3. Berdirinya PRSI

Tahun kelahiran induk organisasi renang Indonesia adalah tahun 1951, tepatnya pada tanggal 21 Maret. Berdasarkan kongres yang dilakukan pada masa itu, diangkatlah Prof. Dr. Perwo Soedarmo sebagai ketua umum PRSI pertama. Periode kepemimpinan ketua PRSI adalah selama empat tahun. Organisasi ini berjalan dengan berpedomankan pada standar pengelolaan organisasi dari Kemenpora.

Visi dan Misi PRSI

Sebagai organisasi induk, PRSI memiliki visi untuk menjadikan olahraga akuatik media untuk membangun karakter dan mengharumkan nama bangsa. Misi yang harus dilakukan PRSI adalah mempopulerkan olahraga renang sebagai gaya hidup sehat dan kebutuhan hidup dasar. PRSI hadir untuk merangkul seluruh pihak pengembang olahraga akuatik dan memperbaiki sumber daya manusia di dalamnya.

Ruang Lingkup Kegiatan

Sebagai organisasi yang menaungi kegiatan olahraga renang, ruang lingkup kegiatan PRSI juga meliputi olahraga akuatik lainnya. Khususnya olahraga akuatik yang diperlombakan pada tingkat nasional maupun internasional. Kegiatannya terdiri dari pelatihan dan pembinaan bagi para atlet dengan pelatih profesional dari dalam negeri dan luar negeri. Cabang olahraga akuatik yang dikoordinir oleh PRSI adalah:

  • Kejurnas polo air.
  • Kejurnas renang.
  • Kejurnas renang indah.
  • Kejurnas loncat indah.
  • Kejurnas renang perairan terbuka.
  • Kejurnas master.

Selain melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap para atlet, PRSI juga melakukan pembinaan pada para juri dan wasit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas juri dan wasit tingkat daerah, regional, hingga nasional. Harapannya adalah wasit dan juri ini juga dapat terlibat pada kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional.

Demikianlah informasi terkait induk organisasi renang Indonesia mulai dari sejarah, visi misi yang diembannya, serta ruang lingkup kegiatan. Induk organisasi renang Indonesia adalah wadah yang penting untuk mengembangkan potensi-potensi SDM dalam bidang olahraga akuatik. Kehadiran PRSI tentu diharapkan untuk memajukan olahraga akuatik dan dapat membawa Indonesia menjuarai kejuaraan-kejuaraan tingkat Internasional.