Inti dari Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian? Disini Jawabannya.

Salah satu jenis tulisan yang cukup sering ditemui oleh pembaca yaitu teks eksplanasi mengacu pada sebuah paparan akan suatu kejadian. Namun, tidak semua pembaca mengetahui inti dari teks eksplanasi berada pada bagian mana khususnya para siswa. Oleh sebab itu, silahkan simak contoh soal dan jawaban yang sudah dirangkum berikut ini.

Contoh soal: inti dari teks eksplanasi berada pada bagian ? 

Jawaban Letak Inti Teks Eksplanasi Beserta Pembahasannya

Teks eksplanasi merupakan bentuk tulisan berisikan penjabaran jelas mengenai rangkaian suatu fenomena alam, sosial hingga budaya. Nantinya para penulis akan mengambil sudut pandang dari segi ilmiah dalam membuat sebuah tulisan eksplanasi. Artinya pembaca dapat mengetahui tentang peristiwa-peristiwa yang dibicarakan dalam ulasan tersebut.

Inti dari teks eksplanasi berada pada bagian urutan atau deretan penjelasan yang diberikan kepada pembaca berdasarkan sebab dan akibat suatu peristiwa. Adanya penggalan utama ini tentu membuat pembaca mengetahui penyebab serta dampak yang ditimbulkan. Untuk bagian interpretasi biasanya berisi argumen dan kesimpulan yang sesuai dengan sudut pandang si penulis. 

Struktur Teks Eksplanasi

Hampir sama di setiap jenis tulisan, teks eksplanasi juga memiliki struktur dalam penulisannya. Adanya pola dalam menulis sebuah bahasan eksplanasi tentu akan membuat pembaca lebih “nyaman” dalam memahami. Untuk lebih jelas terkait struktur teks, silahkan lihat susunannya sebagai berikut:

1. Pernyataan Umum

Dalam susunan yang satu ini umumnya mengandung informasi atau pengetahuan seputar topik pembicaraan yang sudah dikemas dengan ringkas. Nantinya pada topik tersebut memuat mengapa dan bagaimana fenomena yang akan dibahas terjadi. Pernyataan umum yang terletak di paragraf pembuka juga harus mampu menarik pembaca dan memiliki penjelasan detail. 

2. Bagian Penjelasan

Pada susunan struktur dari teks eksplanasi berikut berisi rincian penjelasan yang berkaitan dengan bahasan peristiwa. Dalam paragrafnya bersifat mampu menjawab seluruh pertanyaan bagaimana atau mengapa peristiwa yang dibahas bisa terjadi. Jawaban yang diberikan oleh penulis biasanya berbentuk pernyataan tentang bahasan terkait. 

3. Bagian Interpretasi 

Sebuah tulisan tentu memiliki bagian penutup, begitupun teks eksplanasi yang dikenal dengan sebutan interpretasi. Disini penulis bebas memberikan argumen dari apa yang sudah dibahas dalam tulisan. Namun, ingat saat menyampaikan sebuah kesimpulan sebaiknya tetap berkaitan sama fenomena yang dituliskan.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Bagi pembaca yang masih asing dengan teks eksplanasi mungkin ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri tulisan tersebut. Namun, untuk yang sudah sedikit mengenal tulisan dengan penjabaran eksplanasi tak ada salahnya menambah wawasan. Langsung saja, ikuti beberapa poin-poin penting di bawah ini:

  • Fokus yang dibahas pada teks eksplanasi biasanya berupa gambaran umum. Seperti tentang fenomena alam yang sedang terjadi;
  • Bersifat informatif, tidak ada maksud untuk mempengaruhi pembaca. Bahasa lainnya penulis yang menulis tulisan eksplanasi berada pada posisi netral;
  • Bersifat faktual atau fakta yang terjadi di lapangan dan harus ada bukti-bukti autentik. Bahasan yang ditulis tidak boleh lari dari peristiwa nyata yang terjadi;
  • Memiliki kata kerja yang material-relasional, sementara konjungsi yang digunakan yaitu waktu dan kausal. Seperti pertama, sebelum, sehingga, kemudian, dan lain sebagainya;
  • dan kalimat yang digunakan bersifat pasif, memakai bahasa ilmiah, serta singkat padat lagi jelas. Ditambah lagi, bahasan biasanya dibuat oleh penulis dengan menarik.

Itulah contoh soal beserta jawaban inti dari teks eksplanasi berada pada bagian deretan penjelasan yang didalamnya terkandung sebab dan akibat. Penulis yang ingin mulai menulis sebuah peristiwa dengan tulisan eksplanasi dapat juga melihat bagaimana struktur teks itu sendiri.