Tari Kreasi Adalah? Simak Jawaban Selengkapnya!

Berkaitan dengan semakin beragamnya kebudayaan tari yang ada di Indonesia, banyak yang mengenal tari kreasi. Namun sayangnya, banyak pula yang masih bingung apakah tari kreasi adalah tari yang sama dengan yang sering disaksikan beberapa kali. Mari simak jawaban secara lengkapnya dalam uraian di bawah ini:

Soal : Apakah yang Dimaksud dengan Tari Kreasi? ​

Mengenal Tari Kreasi dan Contohnya

Secara sederhana, jenis tarian yang dikenal dengan nama tari kreasi ini sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di negara Indonesia. Apalagi ternyata tari kreasi ini tidak hanya digunakan untuk acara adat tertentu namun juga ditampilkan ketika ada peringatan bersifat nasional. Selain itu, tari ini termasuk yang tersebar di berbagai wilayah.

Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah tari ini, dapat memahaminya sebagai sebuah tari yang mencoba untuk membuat gerakan baru. Jenis gerakan yang dimaksud ini sebenarnya tidak benar-benar berbeda dari yang ada pada tarian tradisional. Gerakan ini lebih ke mengembangkan atau memadukannya dengan gerakan modern.

Jika ingin mengenal lebih lanjut mengenai tari menarik ini, maka bisa menemukannya pada tarian reog yang ditampilkan oleh masyarakat Ponorogo. Bahkan pada masa sekarang, beberapa jenis tarian yang bersifat tradisional di Bali seperti tari pendet juga mulai menampilkan gerakan kreasi. Namun tetap saja, setiap karakternya biasanya memiliki prinsip dalam pembuatannya.

Proses Pembuatan Tari Kreasi

Tidak lengkap jika hanya mengenal pengertian dari tari kreasi jika tidak mengenal pula cara pembuatan dengan langkah-langkah yang dipenuhi ketelitian. Walaupun memang pada masa sekarang ini, semakin banyak yang menunjukkan tari kreasi dalam beberapa acara, proses pembuatannya termasuk cukup lama. Mari kenali cara pembuatan tari kreasi dalam uraian berikut ini:

1. Melakukan Proses Eksplorasi

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, tari kreasi adalah tarian yang mencoba untuk menunjukkan gerakan baru dari gerakan yang lama. Tidak heran jika tahapan paling pertama yang harus dilakukan adalah mencoba proses eksplorasi dengan memperhatikan beberapa benda yang di sekitarnya. Setelah itu, benda tersebut kemudian dicoba disampaikan dalam bentuk gerakan.

2. Mencoba Beberapa Improvisasi

Kemudian tahap yang tidak kalah penting untuk dipraktekkan ketika mencoba untuk membuat tari kreasi adalah dengan menampilkannya di sebuah panggung. Panggung yang dimaksud ini tentu saja bukan panggung yang sama seperti ketika ditampilkan di publik, melainkan lebih kepada sebuah latihan. Nantinya akan disesuaikan dengan ruang dan waktu agar gerakannya proporsional.

3. Memulai Proses Evaluasi

Selanjutnya, setiap orang yang mencoba untuk membuat sebuah tari kreasi perlu berlatih secara rutin dahulu kemudian mempertimbangkan setiap gerakannya tersebut. Ketika menampilkan gerakan yang sudah disusun secara kasar sebelumnya, pastikan sudah ada beberapa penonton yang bisa membantu dalam memberikan penilaian. Nantinya akan ada gerakan yang dipertahankan dan ada yang dieliminasi.

4. Memeriksa Komposisi Final

Tahapan yang terakhir ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai tahapan yang paling penting sebelum tari dinyatakan resmi untuk ditampilkan langsung. Pada tahapan ini, setiap pembuat tari kreasi harus memberikan perhatian yang lebih pada komposisi yang ada dan apakah sudah seimbang. Setelah itu, diperlukan beberapa penyesuaian dengan tarian yang sebelumnya ada.

Berdasarkan penjelasan secara detail dan lengkap di atas, memang dapat dilihat bahwa  jenis tari kreasi ini makin banyak ditemukan saat ini. Apalagi ternyata tari kreasi adalah salah satu kebudayaan yang berhasil menunjukkan adanya keberagaman di Indonesia dengan karakteristik yang tetap khas. Proses pembuatan tari ini juga bisa memerlukan waktu yang lama.