Sidang Pertama BPUPKI Membahas Tentang Apa? Simak Ulasannya!

Mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia tidak akan dilepaskan dari pengetahuan mengenai sebuah badan bernama BPUPKI yang memiliki peran besar saat itu. Namun sayangnya, dikarenakan ada beberapa persidangan yang dilaksanakan, masih banyak yang tidak tahu sidang pertama BPUPKI membahas tentang apa sebenarnya. Jika ingin tahu jawaban detailnya, maka simak di bawah ini:

Soal : Sidang Pertama BPUPKI Membahas Tentang Apa?

Tentang Sidang Pertama BPUPKI

Sebagian besar anak muda Indonesia pada masa sekarang tentunya sudah pernah mengenal mengenai badan BPUPKI melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Apalagi jenis badan ini sejak awal memang didirikan untuk kepentingan penjajah Jepang namun kemudian menjadi badan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, badan ini juga memiliki peran yang besar lainnya.

Seperti halnya telah disinggung sebelumnya, badan ini awalnya didirikan oleh Jepang demi menghalau tekanan yang berasal dari sekutu seperti Belanda. Walaupun begitu, sejak awal didirikan, badan ini sudah terdiri dari setidaknya sekitar 60 orang Indonesia dengan peran yang sesuai kedudukannya. Bapak proklamator Indonesia seperti Ir. Soekarno juga bergabung di sini.

Sebenarnya badan ini dirangkum telah melakukan setidaknya dua kali sidang dengan topik pembahasan yang berbeda sesuai dengan urgensi yang ada. Sementara itu, untuk sidang yang pertama kali diselenggarakan di Jakarta, pada 29 Mei 1945. 

Pada sidang tersebut, dibahas secara khusus mengenai dasar negara yang mewakili dan beberapa sila yang dianggap tepat. Bahkan untuk memudahkan dalam mendapatkan dasar negara yang dianggap sesuai, masih ada sidang lanjutan yang menghasilkan sebuah dokumen bernama Piagam Jakarta.

Hasil Sidang Pertama BPUPKI

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan mengenai  sidang pertama BPUPKI membahas tentang apa sebenarnya, maka tidak lengkap jika tidak mengetahui hal ini. Setiap orang tentu saja juga wajib mengenali beberapa hasil dari persidangan yang pertama yang digelar resmi oleh BPUPKI pada saat itu. Berikut ini rangkuman dari beberapa hasil sidang yang dimaksud tersebut:

1. Rumusan dari Muhammad Yamin

Tentu saja sudah banyak yang mengenal nama Muhammad Yamin yang memang berperan besar dalam persiapan kemerdekaan sampai penyusunan dasar negara. Secara sederhana, pada sidang BPUPKI yang memang membahas mengenai dasar negara, Muhammad Yamin mengusulkan beberapa sila untuk digunakan sesuai pemikirannya. Silakan kenali beberapa rumusannya secara lengkap seperti di bawah ini:

  • Peri Kebangsaan 
  • Peri Kemanusiaan 
  • Peri Ketuhanan 
  • Peri Kerakyatan 
  • Kesejahteraan Rakyat

2. Usulan Dr. Soepomo

Selain usulan yang diberikan oleh Muhammad Yamin, ada juga usulan yang lainnya yang wajib diketahui termasuk oleh generasi masa sekarang. Salah satu tokoh pengusul dasar negara, yaitu Dr. Soepomo  juga menyampaikan beberapa sila yang dianggap tepat. Simak beberapa silanya berikut ini yang diusulkan oleh tokoh ini:

  • Persatuan 
  • Kekeluargaan 
  • Keseimbangan Lahir dan Batin 
  • Musyawarah 
  • Keadilan Rakyat

3. Dasar Negara dari Ir. Soekarno

Selanjutnya, masih dalam agenda sidang pertama yang diselenggarakan, Ir. Soekarno juga mencoba untuk menyampaikan usulannya. Bahkan sampai saat ini, banyak yang menilai bahwa usulannya ini yang kemudian dikemas secara lanjut menjadi dasar negara saat ini. Langsung saja, mari kenali beberapa sila yang diusulkan:

  • Kebangsaan Indonesia 
  • Internasionalisme atau perikemanusiaan 
  • Mufakat atau demokrasi 
  • Kesejahteraan Sosial 
  • Ketuhanan Yang Maha Esa

Mengenali sejarah kemerdekaan Indonesia secara tepat termasuk mengenai  sidang pertama BPUPKI membahas tentang apa, bisa menambah pengetahuan dan menghindari kesalahpahaman. Apalagi ternyata secara sederhana, sidang yang pertama kali dilakukan oleh badan penting ini membahas khusus beberapa rumusan dasar negara Indonesia. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai dokumen Piagam Jakarta.