Kadal Berkembang Biak Dengan Cara? Berikut Penjelasannya

Kadal merupakan salah satu hewan reptil yang bisa dibilang cukup unik dikarenakan cara berkembang biaknya. Bukan tanpa alasan kadal juga memiliki musim sendiri untuk melakukan perkembang biakan yang dipengaruhi oleh suhu, curah hujan dan fotoperiode. Bukan hanya itu saja namun kadal berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda tergantung dengan jenis dan juga lingkungannya.

Contoh soal:  Kadal berkembang biak dengan cara…

Jawaban Dan Pembahasan Mengenai Jenis Perkembang Biakan Kadal

Perkembang biakan dari reptil kadal tidak hanya dapat dilakukan oleh satu cara saja. Hal tersebut dikarenakan adanya habitat serta jenis spesies yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, perkembang biakan dari reptil yang satu ini juga dipengaruhi suhu dan juga cuaca dari lingkungannya.

Secara garis besar, sebagian dari reptil kadal ini berkembang biak dengan cara ovovivipar. Namun ternyata ada beragam jenis kadal yang berkembang biak dengan cara yang berbeda pula. Adapun beberapa cara perkembang biakan tersebut yaitu:

1. Ovipar

Ovipar merupakan salah satu cara perkembangbiakan yang dilakukan oleh kadal dengan cara mengeluarkan telur dari dalam tubuhnya. Kadal penghasil telur ini diawali dengan proses perkawinan antara kadal betina dengan jantan. Yang kemudian kadal betina akan bertelur dan menetas menjadi anak kadal.

Adapun kadal disebut sebagai hewan ovipar karena memiliki beberapa ciri yang menandai bahwa kadal adalah hewan ovipar. Berikut ini beberapa ciri diantaranya yaitu:

  • Kadal tidak memiliki daun telinga dan kelenjar susu
  • Kadal tidak menyusui anaknya

2. Vivipar

Selanjutnya terdapat kadal yang berkembang biak dengan cara vivipar yaitu melahirkan anaknya secara langsung. Sesuai dengan yang dijelaskan bahwa terdapat jenis spesies kadal yang berbeda dan cara perkembang biaknya  juga berbeda. Salah satu jenis spesiesnya yaitu bernama skink atau biasa disebut dengan kadal tanan dan kadal kebun.

Beberapa ciri kadal yang berkembang biak dengan cara vivipar yaitu sebagai berikut ini:

  • Kadal memiliki masa atau jangka waktu dalam kehamilan yaitu 3 bulan
  • Janin anak kadal tumbuh didalam tubuh induk betinanya

3. Ovovivipar

Kadal berkembang biak dengan cara bertelur serta juga melahirkan disebut dengan istilah ovovivipar. Cara yang satu ini dimulai dari kadal betina yang bertelur di dalam tubuhnya. Selanjutnya telur tersebut akan dibuahi oleh sel sperma dari kadal jantan yang akan menghasilkan zigot. Zigot lama kelamaan akan tumbuh menjadi embrio didalam telur kadal betina.

Setelah embrio dalam telur tersebut semakin tumbuh karena mendapat makanan dari cadangan makanan yang sudah tersimpan dalam telur sebelumnya. Maka akan terjadi penetasan didalam tubuh induk betina tersebut yang selanjutnya akan mengeluarkan anak yang sudah menetas tersebut seperti melahirkan dan bukan telur yang keluar.

4. Partenogenesis

Partenogenesis merupakan salah satu perkembang biakan yang dilakukan tanpa adanya pasangan. Jenis kadal yang satu ini sedikit untuk jumlah spesiesnya dan semua kadal tersebut berjenis kelamin betina. Karena dalam proses perkembang biakan ini sel telur kadal bisa berkembang tanpa harus melakukan proses pembuahan seperti ovovivipar.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa terdapat jenis spesies kadal yang bisa berkembang biak dengan cara partenogenesis. Jenis kadal tersebut ada dua macam yaitu Lacerta spp dan Cnemidophorus spp. Dan reptil kadal yang sejenis itu adalah reptil yang cukup langka dan susah untuk didapatkan.

Demikian penjelasan kadal berkembang biak dengan cara yang unik dan berbeda yang belum banyak diketahui banyak orang. Sehingga dalam artikel ini dapat memberikan wawasan baru mengenai berbagai cara perkembang biakan berbagai jenis kadal.