Sketsa Adalah? Simak Penjelasan Ini Untuk Mengetahui Jawabannya!

Sketsa adalah jenis seni rupa yang cukup sederhana karena hanya dibuat dari goresan pensil maupun pena. Gambar ini biasanya digunakan untuk memberikan gambaran awal suatu karya. Seiring berjalannya waktu sketsa terus berkembang bukan hanya sekedar coretan sederhana lagi. Sketsa juga bisa menjadi karya seni yang kompleks dan realistis. Berikut contoh soal dan penjelasannya:

Contoh soal: Pengertian sketsa adalah….

Jawaban dan Pembahasan Pengertian Sketsa

Sketsa merupakan gambaran cepat yang berupa garis-garis besar suatu lukisan. Jenis gambar ini biasanya digunakan sebagai rancangan, bagan, reng-rengan, dan sejenisnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa sketsa bukan karya yang final namun masih permulaan dalam berkarya. Sesuai dengan buku Harrap’s Illustration yang menyebutkan bahwa pengertian sketsa adalah gambar yang tidak dimaksudkan sebagai hasil akhir karya.

Macam-Macam Sketsa

Walaupun terlihat sederhana, sketsa masih bisa digolongkan atau dibagi menjadi beberapa macam. Pembagian jenis sketsa ini didasarkan pada cara pembuatannya dan tujuan pembuatannya. Beberapa jenis sketsa tersebut antara lain adalah:

  • Sketsa Garis Besar. Jenis sketsa ini merupakan sketsa yang gambarin secara garis besar suatu objek dan membentuk rincian gambar yang sederhana. Sederhananya pola ini membuatnya biasa disebut pula sebagai pola awal. Pola ini terdiri dari bentuk-bentuk yang sangat sederhana tanpa rincian bahkan tidak selesai.
  • Sketsa Cepat. Jenis ini berada di tingkatan yang lebih tinggi daripada sketsa garis besar. Gambar yang ditunjukkan pada sketsa cepat lebih detail dan berwujud objek yang digambarkan.
  • Sketsa Studi Citra. Ini adalah sketsa yang telah menggambarkan suatu objek secara global atau menyeluruh. Namun studi citra masih kurang detail dalam hal pencahayaan.

Unsur-Unsur Sketsa

Unsur-unsur sketsa adalah komponen-komponen yang menyusun suatu sketsa. Komponen tersebut terdiri dari yang paling sederhana yaitu titik. Titik berkembang menjadi komponen yang lebih kompleks yaitu garis. Garis-garis yang saling terhubung akan membuat bidang. Bidang ini biasanya berupa bentuk bangun datar, seperti persegi, segitiga, dan lingkaran. Bidang-bidang yang digabungkan akan menjadi bentuk yang menunjukan gambaran suatu objek tertentu.

Fungsi Sketsa

Fungsi utama sketsa adalah sebagai gambaran awal sebelum membuat karya-karya yang lebih kompleks, seperti lukisan, mural, dan lain-lain. Sketsa akan membantu meminimalisir kesalahan pada tahap pembuatan karya selanjutnya. Seniman juga dapat mempertajam pengamatan dan koordinasinya. Sketsa juga berfungsi sebagai media menuangkan ide-ide maupun inspirasi yang didapat oleh para seniman sewaktu-waktu.

Cara Membuat Sketsa

Agar dapat membuat sketsa yang bagus ada beberapa cara atau langkah yang bisa diikuti. Namun cara ini tidak bersifat saklek. Para seniman dapat megembangkannya sesuai dengan gayanya masing-masing. Berikut adalah penjelasan mengenai cara tersebut:

1. Persiapkan Alat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alatnya. Adapun alat yang diperlukan untuk membuat sketsa sangatlah sederhana, yaitu kertas atau media menggambar lainnya dan alat gambar. Alat gambar yang paling sering dipakai adalah pensil, pena, atau spidol. Ada juga beberapa seniman yang membuat sketsa langsung dengan cat pada media gambarnya.

2. Buat Kerangka Gambar

Setelah alat-alat yang akan dipakai siap, maka langkah berikutnya ialah membuat kerangka gambar. Ini adalah langkah awal di mana para seniman memulai sketsanya. Kerangka ini terdiri dari pola-pola sederhana yang terbuat dari garis lengkung vertikal maupun horizontal.

3. Mengembangkan Garis-Garis Sekunder dan Menebali Garis yang Benar

Kerangka gambar yang telah dibuat lalu dikembangkan dengan garis-garis sekunder berupa bidang-bidang sederhana. Tahap ini merupakan tahap untuk menyempurnakan bentuk sketsa menjadi lebih detail. Jika sketsa sudah cukup jelas, maka selanjutnya adalah menebalkan garis-garisnya sesuai keinginan.

Demikianlah penjelasan mengenai sketsa. Pada dasarnya, sketsa adalah salah satu media untuk berekspresi dan menuangkan ide-ide yang dimiliki oleh pada seniman. Bagi para seniman pemula, sketsa akan sangat membantu untuk memantapkan goresan-goresan pada tahap selanjutnya. Perlu dicatat bahwa walaupun sketsa hanya berupa gambar sederhana tapi perlu dilatih juga loh dalam membuatnya.