Orang yang Menciptakan Permainan Bola Basket Adalah?

Tidak dapat dimungkiri bahwa olahraga seperti bola basket berhasil menjadi satu dari sekian jenis olahraga yang paling digemari saat ini. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu bahwa orang yang menciptakan permainan bola basket adalah orang yang berasal dari Amerika Serikat. Simak lebih lanjut tentang tokohnya dalam uraian di bawah ini:

Soal : Siapa yang Menciptakan Permainan Bola Basket?

Siapa Penemu Bola Basket?

Sebagian besar anak muda pada masa sekarang termasuk di Indonesia tentu saja tidak asing dengan bola basket bahkan juga mengaguminya. Hanya saja, untuk tokoh siapa yang menciptakan jenis olahraga ini, masih banyak yang tidak tahu dan mencari informasi yang memang benar. Apalagi olahraga ini tidak berasal dari Indonesia maupun wilayah Asia.

Sebenarnya, jenis permainan olahraga seperti bola basket ini diciptakan oleh pria kelahiran Kanada namun hidup besar di wilayah Amerika. Selain itu, pria ini juga merupakan putra dari pasangan imigran yang berasal dari Skotlandia yang menghabiskan hidupnya dalam urusan karir. Nama dari pria yang berperan besar ini adalah James Naismith.

Lebih lanjutnya, Naismith sebenarnya menciptakan bola basket ketika masih bekerja dan berkarir sebagai guru olahraga yang sederhana di sana. Setelah itu, ia menciptakan permainan ini sekitar pada tahun 1891 bahkan juga melengkapinya dengan berbagai aturan dasar yang penting. Sejak awal, juga sudah disediakan dua tim untuk mencoba olahraganya.

Teknik dalam Bola Basket

Setelah mengenali bahwa ternyata orang yang menciptakan permainan bola basket adalah seorang guru olahraga, maka lanjutkan dengan mengenali permainan olahraganya. Kali ini, akan dikenalkan pula mengenai beberapa jenis teknik yang ternyata digunakan sejak awal di bola basket sampai saat ini. Kenali secara lebih lanjut dan detail seperti di bawah ini:

1. Memegang Bola Basket

Mungkin masih banyak yang tidak tahu mengenai jenis teknik dan menganggap bola basket sebagai bola biasa yang mudah dipegang seenaknya. Padahal demi bisa menjaga bola dari rebutan lawan ketika bermain dalam pertandingan, setiap pemain harus memegangnya dengan tangan yang terentang. Selain itu, wajib memegang dengan dua tangan kanan dan kiri.

2. Melempar dan Menangkap

Kemudian ada juga jenis teknik yang tidak kalah menarik dan perlu diperhatikan sejak awal bahkan jika baru pertama kali mencoba. Berbeda dengan beberapa jenis olahraga yang lainnya, bola basket sangat menekankan pada kekuatan dari tangan terutama ketika mengoper bola nantinya. Bahkan pemain lainnya pun harus tanggap ketika menangkap lemparan bola.

3. Menggiring Bola Basket

Selanjutnya, ada jenis teknik yang lainnya yang lebih berkaitan dengan strategi dan kerja sama yang digunakan dalam sebuah tim nantinya. Kali ini, setiap anggota tim akan belajar mengenai cara menggiring bola basket yang benar agar bisa meraih poin yang banyak. Menggiring bola basket ini pun perlu memperhatikan kondisi di sekitar.

4. Pivot dan Shooting

Jenis teknik yang terakhir ini juga jangan sampai dilewatkan begitu saja terutama bagi yang ingin belajar mengenai bola basket lebih detail. Ada sebuah teknik yang dikenal dengan nama pivot yang ternyata melibatkan satu kaki sebagai tumpuan sebelum bola diserahkan ke lainnya. Selain itu, ada juga shooting yang berperan besar dalam poin.

Berdasarkan penjelasan secara detail tersebut, dapat diketahui bahwa orang yang menciptakan permainan bola basket adalah seorang pria bernama James Naismith. Apalagi ternyata pria ini merupakan salah satu tokoh yang penting yang berasal dari Amerika Serikat dengan keturunan darah dari Kanada. Selain itu, pria ini juga merupakan seorang guru olahraga terbaik.