Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Pembuahan Pada Wanita

Pada sistem reproduksi wanita terdapat organ penting yang bernama ovarium. Ovarium adalah tempat terjadinya pembentukan sel telur. Organ ini sangat berperan penting pada proses reproduksi manusia. Pasalnya sel telur itulah yang nantinya akan dibuahi oleh sperma dan menjadi zigot. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ovarium simak contoh soal dan penjelasan berikut ini:

Contoh soal: Ovarium adalah tempat terjadinya?

Penjelasan Mengenai Ovarium

Pada Organ reproduksi wanita terdapat dua bagian yaitu bagian eksternal dan internal. Pada organ eksternal berfungsi sebagai tempat masuknya sel sperma saat melakukan proses pembuahan. Sedangkan organ reproduksi internal berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan.

Salah satu organ reproduksi wanita pada bagian internal adalah ovarium. Ovarium adalah tempat terjadinya oogenesis. Oogenesis sendiri merupakan proses pembentukan sel telur pada wanita yang terjadi pada ovarium tersebut, Umumnya seorang wanita memiliki sepasang ovarium yang mana terletak di sisi kanan dan kiri Rahim.

Organ reproduksi yang satu ini sangat penting dalam sistem reproduksi manusia. Ovarium akan menghasilkan sel telur yang matang melalui serangkaian proses hingga akhirnya siap untuk dibuahi. Pada saat sel telur sudah matang maka akan terjadi ovulasi yaitu pelepasan sel telur tersebut menuju tuba falopi dan siap dibuahi oleh sel sperma.

Fungsi Ovarium

Ovarium adalah organ reproduksi yang penting pada wanita. Secara umum ovarium dikenal sebagai tempat pembentukan sel telur. Namun nyatanya fungsi dari organ ini tidak hanya itu saja. Untuk mengetahui fungsi lain dari ovarium, simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Tempat Pembentukan Sel Telur

Fungsi yang pertama sebagaimana sudah diketahui sebelumnya bahwa ovarium adalah tempat terjadinya pembentukan sel telur. Pada bagian ini terjadi proses oogenesis dan ovulasi. Proses oogenesis atau pembentukan sel telur ini dimulai dari adanya mitosis dan juga meiosis.

Di dalam ovarium sel induk telur atau oogonium akan melakukan pembelahan secara mitosis dan menjadi oosit primer.  Setelah itu terjadi lagi pembelahan secara meiosis pada oosit primer dan menghasilkan dua sel dengan ukuran yang berbeda. Ukuran yang besar bernama oosit sekunder sedangkan yang kecil bernama badan polar I.

Pada bagian yang besar atau bernama Oosit sekunder terjadi pembelahan meiosis II dan menjadi 2 sel dengan ukuran yang tidak sama besar. Pada sel yang ukurannya besar mengandung banyak sitoplasma disebut sebagai ootid. Sedangkan sel yang satunya disebut dengan badan polar II. Setelah itu ootid akan mengalami proses hingga menjad sel telur matang.

2. Menghasilkan Hormon Reproduksi

Fungsi selanjutnya dari ovarium adalah sebagai kelenjar endokrin yang berfungsi untuk menghasilkan hormon progesterone dan estrogen. Fungsi dari hormone progesterone adalah untuk mempersiapkan tubuh wanita saat mengalami kehamilan. Beberapa hal yang dilakukan oleh hormone ini adalah mempertebal dinding rahim, meningkatkan kekebalan tubuh, mempersiapkan payudara agar bisa menghasilkan ASI dan sebagainya.

Sedangkan hormon estrogen berfungsi untuk merangsang perkembangan organ reproduksi sekunder. Fungsi Utama dari hormon ini adalah berkaitan dengan siklus menstruasi dan perkembangan embrio. Fungsi lainnya dari hormon estrogen adalah mengatur pertumbuhan bulu pada kemaluan, ketiak dan merangsang pembentukan payudara. Selain itu hormone ini juga penting dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai ovarium. Ovarium adalah tempat terjadinya pembentukan sel telur pada wanita. Oleh sebab itu penting juga untuk menjaga kesehatan ovarium. Hal tersebut untuk menghindari adanya masalah pada ovarium sehingga menyebabkan penyakit tertentu.