Pengertian Individu Adalah? Yuk Kenali Ciri, Aspek dan Karakteristiknya

Apa yang dimaksud dengan individu? Dalam ilmu biologi individu adalah organisme tunggal. Sedangkan dalam ilmu sosiologi yang dimaksud sebagai individu dalam masyarakat adalah manusia. Manusia adalah individu yang merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Individu memiliki ciri-ciri dan karakteristik tersendiri, selengkapnya simak contoh soal dan penjelasan berikut:

Contoh soal: Apa arti dari kata individu?

Pengertian Individu

Secara umum yang dimaksud dengan individu adalah makhluk hidup tunggal yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan organic dengan sesamanya. Di dalam masyarakat yang dimaksud individu yaitu manusia yang mana merupakan unit terkecil yang sudah tidak dapat dipecah lagi. Pengertian tersebut merujuk manusia sebagai perseorangan bukanlah manusia secara keseluruhan.

Menurut ahli terdapat 3 aspek yang ada dalam diri individu yang mana ketiganya saling berhubungan satu sama lain. Aspek yang dimaksud adalah jasmaniah, rohaniah dan juga sosial. Dalam kehidupan sosial, individu akan mengalami berbagai bentuk sosialisasi yang akan mengembangkan ketiga aspek tersebut.

Ciri-Ciri Individu

Pada dasarnya masing-masing individu mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Setiap individu itu unik dan tidak memiliki kesamaan dengan yang lainnya. Namun secara umum, individu memiliki ciri sebagai berikut:

  • Setiap individu memiliki bentuk fisik atau jasmaniah yang berbeda. Hal ini menjadi ciri umum yang membedakan setiap individu.
  • Setiap individu memiliki perasaan, pikiran dan juga kehendak sehingga sebagai individu dapat menetapkan aksi yang ingin dilakukan.
  • Setiap individu memiliki bakat dan juga kemampuan yang berbeda-beda.
  • Tingkah laku setiap individu adalah khas dan tidak memiliki kesamaan yang identik satu sama lain.
  • Individu sebagai makhluk tunggal juga memiliki naluri untuk bertahan hidup. Selain itu individu juga memiliki naluri untuk memiliki keturunan dan juga mencari kepuasan.
  • individu dalam satu kelompok akan memiliki karakter yang hampir sama dengan anggota kelompok.

Karakteristik

Karakter yang melekat pada individu itu unik dan khas. Menurut beberapa ahli setidaknya terdapat 5 karakteristik dari individu. Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Openness to Experience

Karakter yang pertama dari manusia sebagai individu ini adalah selalu terbuka dengan berbagai pengalaman baru. Pengalaman yang dimaksud dapat berupa ide maupun imajinasi. Biasanya individu yang memiliki karakter demikian akan sangat menyukai berpikir secara mendalam, orangnya cerdas, inovatif, kreatif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi.

2. Conscientiousness

Karakter berikutnya yang dapat dimiliki oleh individu adalah berhati-hati. Individu dengan karakter ini akan sangat penuh pertimbangan saat hendak melakukan sesuatu. Biasanya individu yang memiliki karakter berjati-hati ini adalah orang yang rajin, bertanggung jawab dan juga disiplin.

3. Extraversion

Beberapa individu juga memiliki karakter yang terbuka kepada orang lain. Biasanya individu dengan karakter ini senang sekali jika berinteraksi dengan orang lain dan aktif dalam berbicara seta selalu penuh energi. Individu tersebut sangat mudah bersosialisasi. Senang bergaul, ramah dan antusias.

4. Agreeableness

Karakter individu berikutnya adalah kooperatif dan selalu menghindari konflik dengan individu lain. Biasanya individu yang memiliki karakter ini adalah orang yang dapat dipercaya dan tidak egois. Sebab individu tersebut penuh perhatian, suka menolong dan juga tidak menyukai adanya perselisihan antar individu.

5. Neocritism

Karakter yang terakhir adalah neorotism. Karakter yang satu ini sangat terbuka terhadap tekanan. Oleh sebab itu orang dengan karakter ini memiliki emosi yang tidak stabil sehingga mudah merasa sedih, gelisah dan murung.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai individu. Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa yang dimaksud individu adalah manusia itu sendiri sebagai perseorangan. Manusia sebagai seorang individu memiliki ciri-ciri dan juga karakteristik khusus.