Servis Dengan Pukulan Melambung Tinggi Ke Belakang Disebut Apa?

Bagi pemula mungkin belum paham servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut sebagai pukulan apa. Dalam bulutangkis servis itu disebut lob yang mana adalah salah satu pukulan yang bisa digunakan untuk mengecoh lawan. Pasalnya pukulan lob akan memberikan arah bola yang sulit untuk dikejar. Untuk mengetahui pukulan lob lebih lanjut simak penjelasannya berikut ini:

Contoh soal: Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut?

Penjelasan

Ketika bermain bulu tangkis servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut di permainan badminton dengan istilah lob. Dalam permainan bulu tangkis terdapat beberapa macam pukulan salah satunya adalah pukulan lob ini. Lob merupakan teknik pukulan awal yang harus dikuasai saat bermain bulu tangkis.

Pasalnya lob adalah pukulan dasar yang sebelum memahami pukulan yang lain. Pukulan lob dilakukan dengan menerbangkan bola dengan tinggi dan mengarahkannya ke bagian lawan. Jika dilakukan di awal, servis lob bisa menjadi peluang untuk menyerang titik lemah lawan sehingga bisa menghasilkan poin.

Langkah Melakukan lob

Saat belajar bermain bulutangkis memahami berbagai teknik dasar sangatlah penting. Salah satunya adalah memahami pukulan lob. Menguasai teknik pukulan lob sangat penting ketika melakukan permainan. Sebab dengan pukulan ini pemain dapat mengecoh lawan dan juga memperlambat tempo permainan. Untuk mempelajari teknik ini sebenarnya tidaklah sulit.

Untuk melakukan pukulan lob terdapat beberapa teknik yang dapat diikuti. Dengan mengikuti teknik tersebut maka diharapkan para pemain bisa melakukannya dengan baik. oleh sebab itu untuk lebih lengkapnya simak Langkah melakukannya sebagai berikut:

  • Saat memulai pukulan pastikan tubuh dalam keadaan rileks.
  • Buka kedua kaki membentuk segitiga dengan salah satu kaki berada di belakang.
  • Pada saat memegang raket posisi tubuh agar menyamping, pukulan lob ini fleksibel dapat dilakukan overhead atau underhand. Hal yang membedakan keduanya hanya pada posisi tangan saat akan memukul shuttlecock.
  • Overhead dilakukan apabila shuttlecock berada di atas kepala. Biasanya pukulan ini dilakukan saat shuttlecock yang diarahkan oleh lawan melambung ke atas kepala pemain. Cara melakukan pukulan lob ini hanya perlu memukul shuttlecock tersebut dari atas kepala menuju ke arah garis lapangan lawan.
  • Sedangkan underhand posisi shuttlecock berada di bawah tangan.
  • Berikutnya posisikan shuttlecock di depan dada dan lakukan pukulan dengan cara melecutkan pergelangan tangan.

Jenis-Jenis Pukulan Lob

Dalam permainan bulutangkis servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut di permainan badminton dengan istilah lob. Saat permainan bulu tangkis berlangsung ada dua macam lop yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah kedua jenis pukulan lob tersebut:

1. Attacking Lob

Pukulan lob ini berfungsi untuk melakukan servis dengan melakukan serangan ke arah belakang lawan. Tujuannya adalah untuk mematikan pergerakan dari lawan/ pada gerakan attacking lob fokus utamanya adalah memukul shuttlecock tidak terlalu tinggi namun cepat.

2. Defensing Lob

Pukulan lob yang satu ini merupakan bentuk pertahanan. Cara melakukannya adalah dengan melambungkan shuttlecock dengan tinggi ke arah belakang lawan. Tujuan dari pukulan lob ini adalah untuk memperlambat tempo dalam permainan dan juga mengecoh lawan.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai pukulan lob. Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut di permainan badminton dengan istilah lob. Gerakan untuk melakukan pukulan lob ini fleksibel, pemain bisa melakukannya secara forehand maupun backhand. Hal tersebut tergantung pada posisi shuttlecock dan tangan saat akan memukul shuttlecock.