Bentuk Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas Adalah?

Gaya bebas menjadi andalan dalam renang pasalnya gaya tersebut memiliki kecepatan yang lebih dibanding gaya lain. Kelebihan tersebut didukung oleh gerakan kaki yang dipakai saat berenang. Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah mengayun secara bergantian. Untuk mengetahui selengkapnya tentang renang gaya bebas, simak contoh soal dan penjelasannya berikut ini:

Contoh soal: Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah?

Penjelasan

Gaya bebas dalam renang adalah gaya renang yang mana posisi badan tengkurap dan sejajar dengan air. Renang gaya bebas ini cocok dilakukan untuk mendapatkan kecepatan maksimal saat berenang. Namun gaya yang satu ini tidak disarankan dilakukan untuk melakukan renang jarak jauh. Pasalnya untuk mendapatkan kecepatan tersebut membutuhkan tenaga yang besar.

Teknik Melakukan Gaya Bebas Saat Renang

Untuk melakukan gaya bebas saat renang ada beberapa teknik yang harus diperhatikan. Teknik tersebut meliputi posisi tubuh saat meluncur, gerak kaki hingga koordinasi gerak. Hal yang menjadi ciri khas bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah pergerakan kakinya yang sederhana. Untuk mengetahui teknik gaya bebas lebih lanjut simak penjelasan berikut:

1. Meluncur

Teknik yang pertama adalah posisi meluncur saat memulai gaya bebas. Untuk teknik meluncur posisi tubuh sejajar dengan permukaan air. Kemudian kedua tangan lurus merapat dan sejajar dengan kepala. Sedangkan kaki juga dibuat merpat dan lurus, pada saat meluncur ini posisi badan harus dalam keadaan rileks.

2. Gerakan Tangan

Berikutnya adalah gerakan tangan yang dilakukan. Pada saat melakukan renang gaya bebas, gerakan yang harus dilakukan adalah menggerakkan tangan dan kaki. Gerakan tangan dilakukan dengan mengayunkan tangan ke depan. Hal tersebut dilakukan secara bergantian. Ketika tangan mengayun ke depan posisi tubuh miring sesuai dengan gerakan tangan tersebut.

3. Gerakan Kaki

Selain tangan gerakan kaki pada gaya bebas juga penting untuk bisa menghasilkan kecepatan saat melakukan olahraga renang. Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah merapat dengan tungkai yang mengayun secara bergantian. Pada saat berenang dengan gaya ini posisi kaki saat mengayun naik turun tersebut tetap berada di dalam air.

4. Teknik Bernafas

Berikutnya yang tidak kalah penting dalam melakukan renang gaya bebas adalah mengatur pernafasan. Dalam renang yang menggunakan gaya bebas biasanya dilakukan untuk renang jarak pendek maupun menengah. Pada saat renang tersebut teknik pernapasannya dilakukan satu arah yaitu saat tubuh miring. Bisa dilakukan saat miring ke kiri ataupun ke kanan.

Tetepai jika renang gaya bebas dilakukan dengan jarak yang lebih jauh maka teknik pernafasan dilakukan dua kali yaitu ketika ke kiri dan juga ke kanan secara bergantian. Tujuannya agar perenang bisa mengatur nafas dengan stabil. Untuk bisa melakukannya dengan sempurna ketika di dalam air maka latihan yang intens perlu dilakukan.

5. Koordinasi Gerak

Dari semua teknik di atas maka diperlukan koordinasi yang tepat. Koordinasi gerak yang dilakukan saat renang gaya bebas adalah dengan menggabungkan semua rangkaian teknik di atas secara bersamaan saat di dalam air. Dengan demikian maka akan dihasilkan gerakan renang gaya bebas yang tepat.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai renang gaya bebas. Ciri khas dari gaya bebas terletak pada gerak tangan dan juga kaki. Gerak tangan saat renang adalah mengayun ke depan secara bergantian. Sedangkan bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah merapat dengan tungkai yang mengayun secara bergantian.