Bentuk Lapangan Kasti Adalah Persegi Panjang, Simak Ulasannya!

Permainan yang bisa disebut sebagai kategori olahraga ada banyak jenisnya. Sepak bola, lempar lembing dan juga kasti. Khususnya dalam permainan kasti yang sering dilakukan pada saat sekolah dasar, permainan ini memiliki ketentuan khusus ketika dimainkan. Salah satunya mengenai bentuk lapangan kasti adalah sebuah persegi panjang.

Soal: Bentuk lapangan kasti adalah

Pembahasan

Olahraga kasti merupakan sebuah cabang olahraga bola kecil. Dalam bermain, ada aturan khusus mengenai bentuk lapangannya. Bentuk lapangan kasti adalah ukurannya persegi panjang yaitu dengan lebar 30 meter serta mempunyai panjang 70 meter. Namun, tidak jarang dalam beberapa permainan, lapangan kasti memiliki ukuran 60 meter. Jadi dapat disimpulkan bahwa panjangnya dapat mencapai 60 maupun 70 meter.

Memainkan olahraga kasti haruslah dilakukan dalam beregu karena tidak memungkinkan apabila dilakukan secara individu. Permainan kasti juga mengharuskan para pemain untuk gesti dalam berpindah karena dalam permainan ini dapat melatih kelincahan dan kecepatan. Aturan dalam permainan kasti ini nantinya akan dibagi menjadi dua yaitu tim pemukul dan tim jaga. Ada dua belas orang untuk setiap tim nya.

Teknik Permainan Kasti

Dalam bermain, segala jenis permainan membutuhkan teknik khusus. Tidak bisa sembarang begitu saja untuk mencapai hasil kemenangan. Tak terkecuali dalam permainan kasti, lebih dari lima teknik khusus harus dimengerti agar sukses dalam bermain kasti. Karena kasti membutuhkan bola kecil, maka teknik yang digunakan berbeda dengan bola besar maupun bola pingpong. Berikut penjabarannya:

1. Teknik Melempar Bola

Namanya juga sebuah permainan yang menggunakan bola maka tidak jauh dari lempar melempar bola. Jangan salah karena dalam melakukan lemparan ini haruslah dengan cara yang tepat. Cara memegang bola harus dengan menggunakan ruas ruas jari tangan. Posisi dalam berdiri pun juga haruslah sedikit membungkuk untuk mengencangkan gaya pegas yang akan dilakukan dalam pelemparan.

2. Teknik Menangkap Bola

Jika ada melempar pasti ada menangkap, menangkap bola dalam permainan ini harus fokus pada  arah bola dan gerak tangan lawan. Karena bola kasti itu kecil ukurannya, maka dalam menangkap diperlukan kehati hatian. Ada jenis cara menangkap bola mendatar ataupun menyusur tanah. Biasanya dengan cara menyusur tanah ini, bola kasti akan lebih efekif tertangkap.

Trik yang seharusnya dilakukan adalah pandangan mata tidak boleh ke kanan dan ke kiri. Telapak tangan juga perlu diperhatikan, bukalah telapak tangan agar lebih leluasa dalam menangkap bola. Tidak hanya itu, tangan haruslah gesit setelah bola tertangkap. Ayunkan tangan yang sudah menerima bola agar bola tidak jatuh. Memang hal ini membutuhkan keterampilan, maka belajarlah untuk melakukan trik tangan tadi.

3. Teknik Melambungkan Bola

Karena telah diketahui bahwa bentuk lapangan kasti adalah sebuah persegi panjang, maka dalam melambungkan bola juga perlu memperhatikan posisi di atas lapangan. Jika bola dilambungkan terlalu jauh justru akan melewati tujuan dan akan keluar lapangan. Maka dalam melemparkannya, perlu ditarik ke belakang dengan cara diayunkan lalu lempar sesuai pandangan mata disesuaikan saja. Gunakan teknik melempar ini dengan bijaksana dan teliti.

Permainan adalah suatu hal maupun cara untuk melepas kesedihan. Dengan bermain maka akan lebih bahagia. Namun apabila tidak mencapai kemenangan dalam memainkannya, putus asa bukanlah jalan terbaik. Untuk mencegah kekalahan, mengetahui aturan dan bentuk lapangan juga penting. Maka dapat disimpulkan bahwa bentuk lapangan kasti adalah persegi panjang dan dalam bermain harus menyesuaikan bentuk lapangan juga.