Gerakan yang Dominan Dilakukan Dalam Permainan Sepak Bola Adalah?

Permainan olahraga yang masih menjadi primadona adalah sepak bola. Saat diperhatikan, pada saat bermain terdapat berbagai macam gerakan. Tahukah gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah apa? Gerakan tersebut adalah menendang bola. Pemain sepak bola kerap memperlihatkan berbagai macam teknik menendang bola. Berikut ini 5 teknik dalam menendang bola:  

Soal : Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah . . .

a. menendang bola
b. menahan bola
c. menggiring bola
d. menyundul bola

Penjelasan:

Sepakbola merupakan olahraga yang sederhana namun tetap memerlukan penguasaan akan teknik-teknik dasar seperti menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola dan menyundul bola. Teknik ini penting untuk bermain bola dengan baik. Berikut ini penjelasan untuk setiap soal diatas. 

1. Tendangan Kaki Bagian Dalam

Mendengar kata sepak bola tidak jauh dari teknik dan strategi. Pembahasan kali ini akan tertuju pada teknik menendang bola sebagai dasar permainan sepak bola. Jenis olahraga yang berjumlah sebelas pemain ini sungguh menyenangkan.

Bicara teknik menendang berarti meluncurkan bola atas penguasaan pemain untuk diberikan pada kawan. Tujuannya agar dalam bermain bisa mencetak poin dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Teknik yang pertama adalah menggunakan kaki pada bagian dalam.

Biasanya digunakan untuk menerima bola dari kawan setimnya yang tidak jauh jarak antara si pengoper dan penerima bola. Caranya adalah tubuh agak condong belakang, bola berada di samping kiri dengan lutut menekuk. Lalu mengayunkan menuju depan kaki kanan untuk ditendang.

2. Tendangan Kaki Bagian Luar

Pertama tadi menggunakan teknik bagian dalam, selanjutnya juga ada kaki bagian luar saat menendang bola. Penguasaan tendangan juga harus dimiliki pemain dalam berbagai situasi dan kondisi terkhusus saat lawan dan kawan mendekat.

Teknik yang baik saat kawan tim berada dekat dengan penguasa bola adalah menggunakan teknik kaki bagian luar saat menendang. Bisa dikatakan apabila mengoper dan penerima bola dalam jarak yang dekat sehingga fokus pada luar kaki.

Langkahnya adalah pemain bisa memastikan apakah bola ada pada bagian kiri kakinya. Setelah dipastikan ada bagian kaki kiri maka tendangan kaki untuk menendang bola dan dipastikan juga bola menyentuhnya di sisi luar kaki. Hal ini dapat mengelabui lawan dalam membidik bola.

3. Tendangan yang Menuju Arah Gawang

Berbagai macam tendangan dalam mencetak bola ke gawang untuk mendapatkan poin merupakan strategi utama dalam permainan sepak bola. Strategi itu didukung juga berbagai macam teknik dasar seperti menendang, mengoper, dan lain sebagainya.

Teknik menendang bola memang yang paling dominan dilakukan oleh para pemain sebab proses dalam memberikan kepada kawan, saling oper, dan cetak gol adalah menggunakan tendangan. Tendangan kali ini sama menggunakan kaki tetapi berbeda teknik.

Teknik tendangan ketiga adalah tendangan yang bolanya menuju ke arah gawang lawan. Biasanya gerakan menendangnya itu terlalu keras dan cepat. Tujuannya agar si penjaga markas atau gawang kebobolan dengan tidak dapat menerima bola maka mata dan kaki harus sinkron untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Teknik Tendangan Dengan Punggung Kaki

Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Selain menggunakan teknik menendang dengan kaki baik pada bagian dalam maupun luar. Kini juga ada teknik lain yang bisa menjadi opsi dalam bermain sepak bola.

Teknik itu adalah menendang bola dengan menggunakan bagian tubuh punggung kaki. Penggunaan teknik ini biasanya pada saat ingin membidik kawan tim untuk menerima bolanya berada di jarak yang jauh. Sehingga dalam menendang bisa tepat sasaran.

Langkah cara teknik menendang punggung kaki adalah bagian punggung kaki yang akan digunakan menendang ditekuk ke bawah. Sebelum belakang bola disentuh bagian kaki maka kaki yang ditekuk ke bawah tadi ayun menuju arah bola.

5. Teknik Tendangan dengan ujung kaki Jari

Terakhir, selain menggunakan kaki, dan punggungnya ternyata ada teknik menendang bola menggunakan ujung-ujung di jari bagian kaki. Apabila sering mengamati permainan sepak bola entah dalam bertanding maupun bermain sendiri terkadang menggunakan ujung jari kaki untuk menendang.

Teknik tersebut dapat diloloskan apabila kawan tim tidak berada dalam jarak dekat. Sehingga perlu membidik ke arah yang cukup jauh. Meskipun ada berbagai macam teknik tetapi teknik ini bisa menjadi opsi untuk lebih tepat sasaran.

Langkah-langkahnya terlebih dahulu kaki yang akan menjadi tumpuan sedikit ditekuk. Sementara itu kaki yang akan menendang bentuklah menjadi runcing menyudut dan ujung jari tetap di depan lalu tendangkan bola dengan cara tadi.

Lima macam teknik menendang bola telah dipaparkan di atas. gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang, maka sudah sewajarnya untuk tahu banyak macam-macam teknik menendang. Selain itu bisa juga dipraktikkan.