Malaikat Di Ciptakan Dari Cahaya, Ini Penjelasannya!

Malaikat adalah makhluk Allah yang istimewa, malaikat diciptakan dari cahaya. Malaikat tidak memiliki hasrat seperti makhluk lainnya, malaikat tunduk dan menuruti pada setiap ketentuan Allah SWT. Setiap malaikat Allah berikan perintah untuk mengawasi setiap gerak gerik manusia di muka bumi.

Adapun contoh soal dan penjelasan mengenai malaikat, akan dijelaskan dalam uraian sebagai berikut :

Contoh Soal : Malaikat Diciptakan Dari ?  

Penjelasan Malaikat, Nama, Dan Tugasnya

Dalam bahasa arab malaikat adalah makhluk yang diciptakan dari cahaya, yang kemudian diberikan tugas-tugas tertentu oleh Allah SWT. Perihal ini ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim yang menerangkan bahwa malaikat diciptakan daripada cahaya. Sementara wujud malaikat digambarkan sebagai makhluk yang memiliki sayap, seperti dalam Al-Quran surat Al Fathir ayat satu yang menerangkan bahwa Allah SWT menciptakan malaikat sebagai utusan, setiap malaikat memiliki sayap berjumlah dua, tiga, atau empat.  

Allah SWT menciptakan ribuan malaikat, namun ada sepuluh malaikat sajan yang wajib kita imani. Sepuluh malaikat itu adalah :

  • Jibril yang diutus Allah SWT untuk mengatur segala urusan manusia, menyampaikan wahyu untuk para nabi dan rasul, dan meniupkan ruh kepada bayi dalam kandungan.
  • Mikail memiliki tugas untuk menyampaikan rezeki kepada semua makhluk Allah di bumi.
  • Israfil mempunyai tugas meniup terompet sangkakala di akhir zaman.
  • Izrail menjadi malaikat yang akan mencabut nyawa manusia saat ajalnya tiba.
  • Munkar malaikat penjaga kubur diperintahkan Allah SWT untuk menanyakan amal keburukan manusia di dalam kubur.
  • Nakir Malaikat penjaga kubur yang menanyakan amal kebaikan.
  • Raqib diperintahkan Allah SWT mencatat perbuatan baik.
  • Atid menjadi malaikat yang diperintahkan Allah SWT untuk mencatat perbuatan buruk.
  • Malik diperintahkan Allah SWT menjaga gerbang neraka.
  • Ridwan diperintahkan Allah SWT menjaga pintu surga.

Sifat-Sifat Malaikat

Meskipun malaikat diciptakan dari cahaya, namun malaikat juga memiliki sifat-sifat tersendiri. Sifat malaikat berbeda dengan sifat makhluk Allah yang lain, berikut sifat malaikat yang perlu diketahui :

1. Selalu Bertasbih

Sebagai makhluk Allah SWT malaikat pun selalu bertasbih memuji kebesaran Allah SWT, para malaikat memanjatkan puji-pujian kepada Allah SWT siang dan malam tanpa henti.  

2. Memiliki Kecepatan Dan Kekuatan

Malaikat diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu mengawasi perbuatan manusia, karena itulah malaikat diberikan anugerah berupa kekuatan dan kecepatan yang sangat luar biasa. Sehingga malaikat bisa melaksanakan semua perintah yang Allah berikan.

3. Tidak Memiliki Rasa Lelah

Bertugas siang dan malam untuk menjalankan perintah dan tugas dari Allah SWT, para malaikat tidak pernah merasakan lelah. Malaikat selalu melaksanakan perintah Allah tanpa merasakan lelah atau capek.

4. Tidak Pernah Berbuat Maksiat

Malaikat juga diberikan hati yang bersih oleh Allah SWT, malaikat juga selalu taat akan perintah Allah SWT sehingga para malaikat tidak pernah sekalipun berbuat maksiat.

5. Dapat Melihat, Mendengar, Dan Berbicara

Malaikat juga dianugerahi pendengaran, penglihatan dan dapat berbicara. Malaikat bisa berdialog dengan manusia, contohnya malaikat jibril yang menyampaikan wahyu secara langsung kepada Rasulullah SAW.

Demikianlah penjelasan tentang malaikat, malaikat diciptakan dari nur. Malaikat juga memiliki dan menjalankan perintah dari Allah SWT, memiliki sifat-sifat yang patut diteladani juga oleh manusia.