Apa Yang Di Maksud Dengan Gaya ? Jenis Dan Sifat-Sifatnya

Gaya merupakan bagian dalam Ilmu Fisika Dasar, gaya menjadi satu bagian yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Apa yang dimaksud dengan gaya ? secara teori gaya adalah sebuah daya gerak untuk menarik atau mendorong sebuah benda yang dapat membuat benda tersebut diam atau bergerak dan bisa berubah bentuk.  

Adapun contoh soal dan penjelasan lebih lengkap mengenai gaya, akan dijelaskan dalam uraian sebagai berikut :  

Contoh Soal :  apa yang dimaksud dengan gaya ?

Penjelasan Tentang Gaya Dan Jenis-jenis Gaya

Dalam ilmu fisika dasar gaya merupakan besaran yang memiliki ukuran dan arah tertentu, lalu apa yang dimaksud dengan gaya ? Gaya adalah sebuah daya gerak untuk menarik atau mendorong sebuah benda yang dapat membuat benda tersebut diam , bergerak atau bahkan bisa berubah bentuk.

Gaya dapat menggerakkan benda yang tidak terikat, jika melakukan interaksi dengan benda maka akan menimbulkan suatu perubahan pada benda tersebut.  Dilambangkan dengan Force (F) dan memiliki satuan Newton (N) atau Joule (J). Gaya memiliki dua jenis, yaitu :

  • Gaya Sentuh, yaitu gaya yang dapat terjadi jika sumber bersentuh. Contoh pada gaya otot saat mendorong sebuah benda, atau gaya pegas saat memanah dimana saat busur melepaskan anak panah.
  • Gaya Tak Sentuh, yaitu gaya yang bisa diterapkan tanpa adanya sentuhan pada objek benda. Contohnya pada gaya magnet saat menempelkan hiasan pada dinding kulkas atau pada gaya gravitasi saat melemparkan sebuah benda kemudian benda tersebut akan jatuh ke bawah.

Sifat-Sifat Gaya Dan Contohnya Pada Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya gaya bisa membuat benda menjadi bergerak, diam dan bisa berubah bentuk. Ini bisa terjadi karena gaya memiliki sifat-sifat yang bisa mempengaruhi benda, simak penjelasannya dibawah ini :

1. Gaya Mengubah Bentuk Benda

Sifat gaya yang pertama adalah gaya dapat merubah bentuk benda. Contoh sifat gaya ini dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat seseorang memotong sebuah wortel, wortel yang berbentuk panjang akan berubah menjadi potongan yang lebih kecil.

2. Gaya Merubah Arah Benda

Gaya dapat mengubah arah dari suatu benda. Contoh sifat gaya ini dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat seseorang memotong sebuah wortel, wortel yang berbentuk panjang akan berubah menjadi potongan yang lebih kecil.

3. Gaya Dapat Mengubah Benda Yang Diam Menjadi Bergerak

Melalui sifat gaya yang ketiga benda yang dalam posisi diam bisa diubah menjadi benda bergerak, contoh sifat gaya dapat mengubah benda yang dalam kondisi diam menjadi benda yang bergerak dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah kursi yang didorong maka kursor akan bergerak sesuai arah dorongnya.  

4. Gaya Mengubah Benda Bergerak Menjadi Benda Diam

Sebaliknya dari sifat gaya yang ketiga, sifat gaya yang keempat yaitu gaya dapat mengubah benda yang sedang bergerak menjadi benda tidak bergerak. Contohnya adalah pada permainan sepak bola saat kiper menangkap bola, bola yang tadi bergerak setelah ditangkap bola menjadi tidak bergerak.

5. Gaya Mengubah Kecepatan Gerak Benda

Sifat gaya yang terakhir ini bisa mengubah kecepatan benda yang bergerak, dengan gaya ini, benda yang bergerak dapat dikendalikan dengan kecepatan yang lebih lambat atau bahkan lebih cepat. Contoh adalah pada saat mengendarai kendaraan, dengan gaya kemudi kendaraan bisa diatur kecepatannya.

Demikianlah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan gaya ? lengkap dengan jenis-jenis gaya dan sifat-sifat gaya. Semoga bermanfaat.