Proposi Adalah Perbandingan, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Jika diminta menjelaskan apa arti proporsi dalam menggambar, apa jawabannya? Proporsi adalah sebuah perbandingan. Perbandingan antara apa? Yang namanya perbandingan paling sedikit tentu memerlukan dua buah objek yang akan dibandingkan. Di dalam suatu gambar, apa penjelasan dari proporsi? Temukan jawabannya di artikel ini:

Contoh soal dari Brainly mempertanyakan dua hal, yang pertama apa arti komposisi dalam menggambar? serta pertanyaan kedua apa arti gelap terang dalam menggambar?

Pengertian Proporsi dalam Menggambar

Bisa dikatakan proporsi adalah perbandingan antara dua benda x dan y dimana x dan y adalah suatu besaran yang memiliki satuan yang sama. Di dalam kegiatan menggambar proporsi perbandingan bisa diartikan perbandingan bagian dari gambar dengan bagian lainnya ataupun dengan keseluruhan bentuk benda secara ideal dan harmonis.

Perbandingan dalam proporsi melibatkan prinsip keseimbangan yang meliputi komposisi ukuran, proporsi antara gelap dan terang, perspektif dan keseimbangan. Gambar sebuah benda terdiri dari sebuah kesatuan berdasar ukuran bagian yang satu dengan bagian yang lain.

1. Proporsi Ukuran

Membicarakan ukuran proporsi adalah membicarakan komposisi yaitu tatanan penyusunan atau suatu cara mengatur letak gambar hingga jadi harmonis/ serasi/ seimbang/ selaras dengan memperhatikan posisi dan keadaan objek. Objek gambar dalam satu ruang di posisi tertentu, berdampingan dengan benda lain. Contoh pohon terlihat tinggi sebab berada bersama tanaman bunga yang rendah.

Perbandingan imbang serta kesesuaian bentuk dan juga ukuran antara bagian suatu benda yang satu dibanding bagian yang lain itu yang disebut proporsi. Dengan proporsi tepat, benda yang diikus akan kelihatan seperti benda sungguhan. Sebaliknya jika pelukis menggambar gambar yang tidak proporsional maka gambarnya akan terlihat janggal.

2. Proporsi Gelap dan Terang

Gelap bersama Terang ialah komposisi warna yang meliputi cerah yaitu terkena suatu cahaya sehingga ada gambar yang terkena cahaya dan gelap yaitu gambar yang tak terkena cahaya. Pencahayaan dalam menggambar adalah prinsip yang menimbang berkas sinar yang jatuh pada objek gambar. Pencahayaan menimbulkan gelap, terang serta bayangan di sebuah benda.

Bayangan serta gelap dan terang yang ditampilkan pada objek gambar itulah yang akan memberi kesan hidup pada suatu gambar.

3. Perspektif

Perspektif ialah prinsip menggambar yang menitikberatkan dimensi objek yang digambar. Semua objek benda apapun punya ciri tiga dimensi: panjang, lebar serta tinggi. Di dalam perspektif gambar, penggambar memindahkan objek tiga dimensi pada media gambar dua dimensi. Contoh rel kereta api, aslinya sejajar, di gambar makin jauh makin terlihat menyempit.

4. Prinsip Keseimbangan

Dengan prinsip keseimbangan proporsi adalah gambar objek benda yang terlihat tidak berat sebelah. Cakupan keseimbangan terdiri dari keseimbangan suatu objek dalam hubungannya dengan objek lain di sekelilingnya. Ada empat keseimbangan yaitu sentral, simetris, asimetris dan kontras.

  • Keseimbangan sentral persis sama dari suatu titik pusat pada semua arah.
  • Serta Keseimbangan simetris persis sama dari garis sumbu pada sisi yang berhadapan.
  • Selanjutnya Keseimbangan asimetris tak punya kesamaan antar sisi, dinamis dan spontan.
  • Keseimbangan kontras adalah kesatuan halus antara dua hal berbeda baik ukuran, bentuk maupun warna guna menghindari kesan monoton.

Kesatuan Proporsi

Kesatuan proporsi menggambar objek benda yang kesannya tidak terpisah. Ada kesatuan di gambar yang memberi kesan kontras objek yang digambar. Gambar dengan ritme teratur menimbulkan rasa indah dan enak dilihat. Ritme terdiri dari repetisi murni, repetisi alternative, ritme progresi, menyusun objek dari perubahan komposisi, ukuran, dan warna secara bertahap gradasi dan ritme mengalir.

Bisa dikatakan proporsi adalah harmoni atau keselarasan dalam menggambar suatu objek yang memberi kesan padunya objek itu bersama benda-benda lain disekitarnya. Paduan gambar yang selaras memperlihatkan kombinasi yang  di tiap bagian objek ataupun diantara objek itu dan benda lain. Kombinasi dapat berupa bentuk dan juga pilihan warna.