Benua Terluas Di Permukaan Bumi Adalah Benua Asia, Ini Rinciannya!

Ada total tujuh benua di dunia. Ketujuh benua itu adalah Asia, Eropa, Australia, Amerika Utara, Antartika, Amerika Selatan, dan Afrika. Faktanya, masih banyak anak sekolah yang salah menjawab pertanyaan berbunyi benua terluas di permukaan bumi adalah benua apa? Agar tidak lagi salah menjawab soal ini, pahami penjelasan berikut ini:

Contoh Soal dan Penjelasan Mengenai Benua Terluas

Pada pelajaran geografi tingkat sekolah menengah pertama, siswa belajar mengenai luas bumi dan wilayahnya. Dalam sub bab itu, luas benua juga masuk ke dalam pembahasannya. Biasanya, setelah mempelajari sebuah materi, guru akan memberikan sebuah latihan soal yang berguna untuk melatih daya ingat siswa mengenai apa yang dipelajari.

Benua terluas di permukaan bumi adalah…

  1. Afrika
  2. Amerika
  3. Asia
  4. Eropa

Di atas adalah salah satu contoh soal yang membahas tentang benua terluas di dunia. Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah Asia, bukan Antartika. Sebagai benua terluas di permukaan bumi, luas Asia mencapai empat puluh empat juta kilometer. Luasnya Asia bahkan mencapai seperempat daratan permukaan bumi sendiri. Luas tersebut mengalahkan jumlah luas benua lain.

Rincian Luas Benua Asia

Benua terluas di dunia ini masih dibagi dalam lima bagian lagi. Kelima wilayah Asia tersebut adalah Asia bagian Selatan, bagian Tenggara,  bagian Timur, bagian Barat, dan Asia Tengah. Wilayah tersebut memiliki luas sendiri sendiri yang memuat sejumlah negara di dalamnya. Berikut informasi lengkap mengenai rincian luas benua Asia:

1. Luas Asia Selatan

Mari buka dengan membahas luas Asia Selatan. Wilayah bagian selatan Asia ini memiliki luas yang cukup fantastis. Luasnya mencapai angka 4.480.000 km². Angka ini sama dengan 10% bagian benua Asia. Daftar negara yang bernaung di bawah Asia Selatan adalah Afganistan, Bangladesh, India, Maldives, Nepal, Pakistan, Bhutan, dan British Indian Ocean Territory.

2. Jumlah Luas Asia Tenggara

Selanjutnya ada Asia Tenggara, wilayah dimana Indonesia berada. Jumlah luas Asia Tenggara adalah 4,5 juta km². Asia Tenggara adalah wilayah yang masuk ke garis tropis bumi. Negara yang ada di Asia Tenggara adalah Brunei Darussalam, Indonesia, Thailand, Malaysia, Laos, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

3. Wilayah Asia Timur

Setelah membahas Asia Tenggara, saatnya kini beralih ke Asia Timur. Wilayah Asia Timur adalah wilayah dimana negara China, Mongolia, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Korea Utara, dan Jepang berada. Luasnya mencapai angka 11.839.074 km². Asia Timur tidak masuk ke dalam wilayah tropis sehingga negara naungannya bisa merasakan empat musim dalam setahun.

4. Luas Asia Barat

Kemudian, masih ada luas Asia Barat yang juga harus dibahas. Asia Barat memiliki luas 6.255.160 km². Apabila dibandingkan dengan wilayah Asia Timur, luas Asia Barat memang lebih kecil. Namun, negara naungannya banyak, yaitu; Arab Saudi, Palestina, Yordania, Iraq, Israel, Kuwait, Lebanon, Mesir, Turki, Qatar, dan lain lain.

5. Rincian Luas Asia Tengah

Terakhir adalah rincian luas Asia Tengah. Langsung saja, luas Asia Tengah 9.000.029 km². Luasnya mencapai 21% dari total keseluruhan Asia. Wilayah Asia Tengah mencakup negara Kazakhstan, Uzbekistan, Kirgistan, Tajikistan, dan Turkmenistan. Asia Tengah hanya memiliki 6 negara dengan luas yang cukup, membuat luas wilayah negara naungannya pun ikut menjadi besar.

Sekali lagi, benua terluas di permukaan bumi adalah benua Asia. Selain menjadi benua yang terluas, benua Asia diuntungkan dengan menjadi jalur perdagangan yang ada di antara benua Australia dan Eropa. Apabila dilihat secara jalur geografi, hal itu menjadi hal yang bernilai untung bagi negara negara yang ada di Asia.