Apa Yang Dimaksud Dengan Reklame? Ini Jawabannya

Ada banyak media promosi yang umum digunakan orang orang ketika ingin mendemokan sesuatu. Media promosi yang biasanya digunakan adalah pamflet, poster, reklame, dan brosur. Secara garis besar, keempatnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan sesuatu. Mari membahas lebih lanjut apa yang dimaksud dengan reklame dan apa saja fungsinya.

Contoh Soal  : Apa yang dimaksud dengan reklame?

Pembahasan

Materi tentang media promosi umumnya didapatkan ketika siswa menduduki bangku sekolah menengah pertama. Pada materi tersebut, siswa belajar mengenal jenis jenis media promosi dan perbedaannya. Dari jenis pembelajaran seperti itu, pada bagian evaluasi guru akan memberikan contoh soal seperti: Apa yang dimaksud dengan reklame?

Menurut pengertian umum, reklame adalah sebuah media promosi yang berfungsi sebagai penyampai berita atau informasi. Berita ini ditujukan pada khalayak ramai, masyarakat umum, atau siapa saja yang bisa melihat reklame tersebut. Reklame juga bisa berfungsi sebagai media untuk mempromosikan, mengenalkan atau menawarkan sesuatu yang dijual.

Banyak yang masih suka keliru membedakan mana reklame dan mana poster. Perbedaan reklame dan poster ada pada letak gambarnya. Mudahnya, poster memiliki gambar yang besar sebagai poin utama dengan tulisan pendukung yang kecil. Sedangkan reklame kebalikannya, reklame memiliki tulisan yang cenderung lebih besar dari gambarnya.

Fungsi Reklame

Kegunaan reklame secara umum memang sudah dibahas sebelumnya, namun kini mari tekankan kembali pembahasan tersebut. Reklame memiliki empat fungsi besar, dimana fungsi tersebut harus menjelaskan arti luas dari barang yang dipromosikan. Masih belum paham dengan konsep tersebut? Kalau begitu, silahkan simak empat fungsi reklame dengan saksama di bawah ini:

1. Memberikan Informasi Mengenai Sebuah Barang atau Jasa

Fungsi yang pertama adalah memberikan sebuah informasi mengenai sesuatu yang dipromosikan. Misalnya, reklame memuat promosi tentang sebuah barang, maka harus ada setidaknya secuil informasi mengenai barang tersebut. Contohnya bisa fungsi barang, identitas barang, atau slogan barang.

2. Menarik Masyarakat Umum Untuk Mendekat

Reklame sebagai media promosi bisa jadi mengambil bentuk yang besar. Melalui ukuran tersebut, sudah pasti masyarakat akan tertarik untuk memandang reklamenya. Apalagi jika reklame menyuguhkan gambar produk yang cakap, kemungkinan konsumen tertarik maka akan semakin besar. Peluang konsumen membeli juga akan semakin tinggi.

3. Memberikan Nilai Kepuasan Pada Konsumen

Penelitian mengatakan, visualisasi bisa memberikan kepuasan tersendiri pada organ visual. Itu benar adanya. Dengan memandangi sebuah reklame yang menarik, rasa kepuasan konsumen bisa muncul dengan sendirinya. Apalagi jika nilai barang yang dipromosikan sangat sesuai dengan kenyataan yang disajikan.

4. Sebagai Media Komunikasi

Sebagai media promosi umum, sebuah reklame haruslah menyampaikan informasi tentang produk. Informasi tersebut secara tidak langsung berperan sebagai media komunikasi yang terjalin antara produsen dengan konsumen. Maka dari itu, memberikan sedikit info tentang produk sangat dianjurkan ditulis dalam reklame.

5. Menciptakan Sebuah Kesan Tertentu

Mengapa reklame dinilai dapat memberikan sebuah kesan tertentu? Penyebabnya ada pada visualisasi yang tadi sudah disebutkan. Melalui visualisasi produk yang tepat, konsumen yang melihat papan reklame akan teringat tentang produk tersebut kapan saja, dimana saja.

Sekali lagi, apabila ada pertanyaan yang berbunyi apa yang dimaksud dengan reklame, maka seharusnya siswa tidak perlu bingung lagi. Penjelasan di atas dinilai cukup untuk membuat siswa mengerti. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ambil saja konsep dari reklame, media promosi yang berfungsi sebagai penyampai berita atau informasi.