Pengertian Artikulasi Adalah, Simak Jawaban Lengkapnya!

Berkomunikasi dengan orang lain tentu tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi pengaruh kejelasan dalam berkomunikasi, salah satunya adalah artikulasi. Artikulasi adalah sebuah cara pengucapan. Sebenarnya, dalam berkomunikasi tidak hanya memerlukan kejelasan dalam artikulasi, dan intonasi dan juga jeda juga penting.

Soal : Artikulasi adalah

Pembahasan 

Artikulasi adalah artikulasi adalah teknik memproduksi suara yang baik dan mengucapkannya dengan jelas, nyaring, serta merdu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikulasi adalah lafal atau pengucapan kata, perubahan rongga dan ruang yang terjadi dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa.

Artikulasi

Secara Bahasa, arti dari artikulasi adalah pengucapan atau lebih rincinya yaitu perubahan suara yang dihasilkan dalam rongga sebagai keluarnya Bahasa. Kejelasan dari artikulasi sangat mempengaruhi pemahaman orang lain ketika mendengarkan suara tersebut. Maka kesimpulannya bahwa dalam berkomunikasi ataupun monolog, artikulasi bukanlah hal yang sepele melainkan hal dasar yang penting karena merupakan faktor kejelasan dalam berkomunikasi.

Intonasi

Selain artikulasi, yang perlu dipahami lainnya adalah intonasi. Ketepatan bunyi sering disebut sebagai intonasi. Tidak jauh berbeda dengan artikulasi, intonasi merupakan ketepatan dalam pengucapan sebuah bunyi. Ketika membacakan puisi, monolog serta menyanyi pasti tidak akan jauh dari kata intonasi ini karena merupakan hal dasar. Intonasi yang tidak tepat dapat mempengaruhi arti, tidak hanya arti namun pemahaman si lawan bicara.

Resonansi

Selanjutnya pengertian resonansi ini mirip sekali dengan gema. Intinya, bunyi yang telah dikembalikan lagi dari dinding akan membentuk sebuah getaran yang disebut resonansi ini. Suara manusia tanpa resonansi hanyalah biasa saja. Maka resonansi berperan penting dalam teknik pengucapan ketika bernyanyi dan juga membaca puisi. Ada juga latihan khusus untuk memanfaatkan resonansi bunyi.

Cara Berlatih Intonasi dan Artikulasi

Untuk menghasilkan artikulasi yang baik dan enak didengar oleh orang lain, sebenarnya ada latihan khususnya. Cara cara ini biasanya dilakukan oleh penyanyi profesional yang menginginkan artikulasi indah dalam bernyanyi. Namun tidak hanya penyanyi, berikut langkah atau latihan yang dapat dilakukan untuk memperjelas artikulasi, yaitu:

1. Ucapkan Kata Kata Sulit

Mengucapkan beberapa kosakata sukar yang mirip mirip akan melatih rongga mulut dalam memproses artikulasi yang betul. Sebagai contoh, ketika terbiasa mengucapkan kata kata yang sama seperti bali, dalu, dalu, kalau, hulu secara cepat akan melatih pengucapan. Rongga mulut yang tidak terbiasa dilatih akan menjadi malas dan sulit dalam berkata kata. Maka dari itu cobalah ucapkan kata sukar.

2. Latihan Sikap Tubuh

Tidak hanya olahraga saja yang perlu latihan sikap tubuh namun dalam mempelajari dan berlatih artikulasi juga memerlukan cara ini. Tujuan dari latihan ini yaitu agar posisi tubuh dalam keadaan tegap serta bugar selalu. Tubuh yang membungkuk dapat mengurangi kejelasan dari artikulasi yang diucapkan. Karena pada dasarnya artikulasi adalah sebuah pengucapan, maka dalam berucap sebaiknya posisi badan tegap.

3. Latihan Huruf Konsonan

Poin terakhir yang sebaiknya harus selalu dilatih adalah mengucapkan huruf konsonan. Jika huruf vokal sudah terbiasa dan merasa cukup jelas, maka selanjutnya berlatihlah mengucapkan dan mengkombinasikan huruf konsonan. Beberapa huruf konsonan yang disusun menjadi sebuah kata terkadang memiliki penempatan yang cukup rumit, maka dengan berlatih konsonan tadi akan membantu rongga mulut membiasakan pengucapan konsonan.

Dari segala pengertian di atas mengenai kosa kata yang berkaitan dengan teknik vokal akan menambah wawasan mengenai bunyi. Serta disini dapat disimpulkan bahwa artikulasi adalah sebuah cara pengucapan, intonasi merupakan suatu ketepatan bunyi dan resonansi adalah bunyi yang telah dikembalikan oleh dinding. Tidak hanya dalam menyanyi, berkomunikasi dalam kehidupan sehari hari juga perlu artikulasi jelas.