Begini Pengertian Apa yang Dimaksud dengan Intonasi

Intonasi sangat diperlukan dalam pembacaan suatu karya sastra agar menghasilkan suara dan nada yang pas. Banyak yang tidak mengerti tentang apa yang dimaksud dengan intonasi, oleh karena itu berikut akan diberikan penjelasan berikut ini. Adapun contoh soal dan penjelasan lebih lengkap tentang apa yang dimaksud dengan intonasi sebagai berikut.

Contoh Soal : Apa yang dimaksud intonasi?

Jawaban dan Uraian Mengenai Pengertian Intonasi

Jadi apa itu intonasi, pengertian intonasi sangat penting untuk diketahui oleh semua orang. Intonasi adalah penekanan kata yang disesuaikan tinggi rendahnya nada untuk kalimat yang disampaikan. Intonasi memegang peranan penting dalam suatu karya sastra.

Karya sastra yang ditujukan di sini adalah pembacaan puisi, menyanyikan lagu atau pembacaan musikalisasi. Semuanya itu membutuhkan intonasi yang pas dan pelafalan yang jelas, sehingga penting untuk mengetahui arti dari intonasi.

Melatih penekanan ucapan penting dikerjakan oleh seseorang agar pendengar dapat mengerti lirik yang diucapkan. Penguasaan trik penekanan kata atau intonasi tidak hanya dibutuhkan dalam karya sastra, melainkan juga public speaking, pembawa berita dan host.

Ada beberapa trik yang bisa digunakan dan diterapkan dalam penguasaan intonasi atau penekanan kata. Trik-trik tersebut di antaranya akan dijelaskan di dalam penjelasan berikut ini, simak uraian di bawah ini.

Trik-Trik Melatih Intonasi

Penguasaan intonasi atau penekanan kata perlu dikuasai oleh orang agar jelas dalam pelafalan kata dan bisa didengar setiap ucapan yang dikatakan. Untuk hal itu maka diperlukan trik-trik khusus untuk melatih intonasi, yaitu sebagai berikut.

1.  Percaya Diri

Untuk melatih intonasi maka diperlukan kepercayaan diri yang besar untuk berbicara di depan publik. Jika tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka hasil intonasi suara yang dikeluarkan akan menjadi tidak jelas didengar.

Merasa nervous adalah hal yang lumrah terjadi apalagi jika harus berada di depan publik, oleh karena itu perlu untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri. Jika percaya diri tinggi dan terlatih dengan baik, maka intonasi pun akan bagus.

2.  Latihan Pernapasan

Saat latihan intonasi, maka juga perlu memperhatikan pernapasan. Sebab pernapasan yang baik akan menghasilkan intonasi yang pas dan terdengar jelas di telinga. Melatih olah napas juga bisa membuat penekanan kata jadi lebih baik.

Pernapasan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, sebab tanpa olah napas maka setiap pelafalan kata yang diucapkan jadi tak jelas. Teknik latihan pernapasan yang umum dilakukan adalah pernapasan perut. Ini adalah trik yang paling mudah dilakukan siapa saja.

3.  Latihan Teknik Artikulasi

Latihan teknik artikulasi merupakan latihan kejelasan dalam pengucapan kata yang dibicarakan. Penekanan kata dan artikulasi adalah kesatuan dan keutuhan yang tak bisa dipisahkan. Dalam intonasi, artikulasi sangat dibutuhkan untuk memperjelas pelafalan.

Artikulasi akan mempengaruhi jelas atau tidaknya kata yang dilafalkan. Latihan artikulasi dapat dilakukan dengan gunakan metode lafal vokal ‘a,i,u,e,o’ dan dilakukan setidaknya selama 10 menit di setiap hari. Ini akan membantu artikulasi jelas dan gamblang.

4.  Atur Kecepatan Bicara

Mengatur dan melatih kecepatan bicara dapat mempengaruhi kebagusan intonasi atau penekanan kata. Hal ini dikarenakan dengan latihan kecepatan bicara maka ketika mengucapkan kalimat tak terlalu cepat dan tak terlalu lambat.

Intonasi yang jelas membutuhkan pengaturan kecepatan saat berbicara karena kata yang akan diucapkan perlu diberi penekanan khusus sehingga tak boleh terlalu cepat. Inilah salah satu hal yang mempengaruhi kelancaran intonasi.

Itulah sejumlah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan intonasi beserta dengan trik melatih intonasi. Trik yang diberikan merupakan cara-cara yang biasa dilakukan dan bisa dipergunakan untuk menambah penekanan kata jadi lebih bagus.