Limbah Domestik Adalah? Limbah Hasil Kegiatan Rumah Tangga

Bila dilihat secara garis besar, limbah diartikan sebagai sebuah sisa dari kegiatan manusia atau sisa dari makhluk hidup. Sementara limbah domestik adalah sisa yang bersumber dari kegiatan atau proses dalam sebuah rumah tangga. Adapun keterangan lebih lanjut mengenai limbah domestik dapat dilihat dalam penjelasan berikut ini.

Contoh soal: Apa yang dimaksud dengan limbah domestik? 

Jawaban dan Penjelasan Apa Itu Limbah Domestik

Kata limbah bila merujuk pada KBBI berarti sebuah bahan buangan yang tidak lagi terpakai di masyarakat. Sebuah limbah bila diolah dengan baik, maka akan membawa berbagai dampak negatif bagi masyarakat sekitar. Limbah ini juga berasal dari berbagai sumber bisa berasal dari industri maupun limbah domestik dari sisa kegiatan rumah tangga.

Limbah domestik adalah buangan dari kegiatan dari aktivitas rumah tangga dapat berupa kotoran manusia. Juga air dari bekas cucian pakaian sampah botol plastik ataupun perabotan rumah tangga yang sudah rusak. Apabila tidak dikelola dengan baik, limbah domestik justru dapat mengancam kesehatan.

Bahaya Limbah B3

Limbah B3 juga diartikan sebagai limbah yang mengandung berbagai bahan berbahaya dan beracun. Dengan adanya kandungan tersebut dikhawatirkan dapat membahayakan lingkungan kesehatan dari makhluk hidup lain. Terlebih limbah B3 ini juga memiliki kandungan beracun yang dapat meledak atau bersifat reaktif.

1. Penyakit Mengkhawatirkan

Contohnya limbah hasil pencucian tumpahan deterjen kadaluarsa atau hasil dari proses industri. Apabila dibiarkan begitu saja, limbah B3 ini dapat menimbulkan sejumlah penyakit yang mengkhawatirkan. Seperti kerusakan pada susunan saraf, masalah pernafasan penyakit kulit, sistem pencernaan hingga kematian.

2. Kendala Menghadapi Limbah B3

Selain itu, jangka panjangnya limbah B3 ini juga dapat menimbulkan mutasi sel tubuh pemicu kanker serta kerusakan pada sistem reproduksi seorang manusia. Salah satu yang kini menjadi kendala besar bagi semua kalangan dalam menghadapi limbah B3 adalah kurangnya tenaga profesional. Terkait kurangnya tenaga profesional dalam upaya pengelolaan, pengendalian serta pencegahan.

3. Berakibat Pada Calon Generasi Mendatang

Kurangnya tenaga profesional dalam pengelolaan limbah B3 juga dapat mempengaruhi generasi mendatang. Misalnya pada kondisi seorang ibu hamil dan bayi, pada janin yang masih berada dalam kandungan sangat mudah terkena racun yang menembus melalui plasenta. Akibatnya besar kemungkinan bayi yang akan lahir tersebut nantinya mengalami sejumlah ke catatan fisik seperti kebutaan gangguan pendengaran hingga kerusakan otak.

Cara Pengelolaan Limbah Domestik Adalah

Saat ini terdapat berbagai cara sekaligus upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengelola limbah. Secara umum terdapat 4 langkah yang digunakan untuk mengelola limbah domestik. Pemerintah menggalakkan program 4R dalam melakukan upaya pengelolaan limbah domestik berikut ini.

  • Reduce 

Cara pengelolaan limbah domestik adalah pertama dengan sistem reduce. Atau juga bisa diartikan sebagai pengurangan jumlah limbah.

  • Reuse 

Cara kedua adalah dengan sistem reuse. Sistem tersebut berarti seorang pengguna dapat menggunakan kembali barang bekas atau limbah yang masih layak pakai.

  • Recycle 

Cara pengelolaan limbah domestik adalah dengan sistem recycle. Recycle merupakan sebuah sistem daur ulang yang dapat mengubah fungsi suatu benda. Misalnya melakukan daur ulang sebuah limbah menjadi sebuah benda yang masih berguna untuk dipakai.

  • Repair 

Cara terakhir pengelolaan limbah domestik adalah dengan memperbaiki barang atau system repair. Dengan cara ini berarti pengguna dapat mengubah serta memperbaiki kerusakan dari sebuah benda atau limbah. Setelah diperbaiki barang sitaan tersebut kemudian masih dapat difungsikan kembali.